10 manfaat kesehatan dari minum teh.


Teh tampaknya bisa menyelesaikan masalah apa saja. Hari yang penuh tekanan di tempat kerja? Meringkuk dengan cangkir hangat. Merasa lesu? Bertambah dengan matcha latte. Di bawah cuaca? Atasi sakit tenggorokan dengan teh dan madu. Cara membuat teh dengan mesin teh celup

Manfaat obat dari teh, apa pun jenisnya, telah dikenal selama ribuan tahun. Dan sekarang, ilmu pengetahuan modern mendukung banyak manfaat itu. Berikut adalah 10 alasan yang didukung sains untuk minum lebih banyak teh:

  1. Memperbaiki metabolisme Anda.
    Polifenol hitam, oolong, dan teh hijau semuanya telah terbukti meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh. Menariknya, teh sebenarnya mempromosikan satu jenis lemak: lemak coklat. Jenis lemak ini lebih aktif secara metabolik dan mengandung lebih banyak mitokondria daripada lemak putih, yang berarti lemak coklat sebenarnya dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Dalam sebuah tinjauan terhadap 15 studi, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua hingga enam cangkir teh hijau sehari selama lebih dari 12 minggu memiliki lemak tubuh dan berat badan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Belum penggemar teh diseduh? Ekstrak teh hijau, bentuk terkonsentrasi dari teh hijau yang tersedia dalam bentuk bubuk dan pil, juga menunjukkan manfaat penambah berat badan yang meningkatkan metabolisme.

  1. Ini anti-inflamasi.
    Peradangan telah dikaitkan dengan segala hal mulai dari diabetes hingga penurunan kognitif. Bahkan, itu telah terlibat sebagai akar dari hampir semua penyakit kronis. Polifenol antioksidan dalam teh adalah pejuang peradangan yang kuat. Faktanya, EGCG dalam teh hijau sebanyak 100 kali lebih kuat daripada kekuatan antioksidan vitamin C.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit radang usus serta penyakit-penyakit yang digerakkan oleh peradangan.

  1. Ini mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis tertentu.
    Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 40.000 orang dewasa, ditemukan bahwa konsumsi teh secara teratur mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Bahkan, peserta yang minum lima atau lebih cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian kardiovaskular 16% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari. Para peneliti menilai efek teh hijau pada hipertensi dan obesitas bersama dengan polifenol kuat untuk efek perlindungannya.
BACA JUGA  Apakah Sudah Subsidi Solar Berpihak pada Nelayan Kecil dan Tradisional?

Penyakit kronis adalah salah satu penyebab utama kematian di AS, membuat teh semakin penting untuk diminum setiap hari. Lebih banyak manfaat terlihat pada mereka yang minum tiga hingga empat cangkir sehari versus satu cangkir atau tidak ada cangkir, jadi minumlah!

  1. Dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
    Teh hijau dapat membantu mengurangi komplikasi akibat diabetes. Diabetes adalah masalah kesehatan di seluruh dunia, dengan risiko komplikasi yang signifikan, kematian dini, dan kualitas hidup yang lebih buruk. Penelitian menunjukkan teh dapat meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan lebih lanjut, dan mengurangi peradangan, semua menguntungkan mereka yang berisiko atau sudah didiagnosis dengan diabetes.
  2. Ini bagus untuk otak Anda.
    Konsumsi teh secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya. Sementara penyebab pasti dari Alzheimer masih belum jelas dan tidak ada obatnya, penelitian mengkonfirmasi bahwa minum teh hijau dan hitam meningkatkan skor kognitif di antara mereka yang menderita demensia dan penyakit Alzheimer.

Selain itu, dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan rentang perhatian untuk mencegah penurunan kognitif. Kombinasi kafein dan L-theanine dalam teh telah terbukti meningkatkan waktu reaksi, pemrosesan visual, memori, dan konsentrasi. Bahkan mengubah cara otak Anda diatur untuk pemrosesan informasi yang lebih efisien.

  1. Ini dapat membantu mencegah kanker.
    Catechin EGCG teh hijau adalah antioksidan kuat yang memiliki potensi besar melawan kanker. Penelitian laboratorium dan hewan telah menemukan bahwa EGCG dapat mengurangi metastasis dan meningkatkan hasil untuk kanker payudara, paru-paru, usus besar, kulit, dan lainnya.
BACA JUGA  Destinasi Wisata Malam Favorit di Semarang

Sementara dibutuhkan lebih banyak studi klinis pada manusia, beberapa penelitian observasional jangka panjang telah menemukan manfaat yang sama untuk melawan kanker. Sebagai contoh, wanita Jepang yang minum 10 atau lebih cangkir teh hijau sehari (masing-masing 120 ml atau 4 ons) mengalami keterlambatan tujuh tahun dalam timbulnya kanker. Jumlah teh ini dilaporkan setara dengan 2,5 gram ekstrak teh hijau.

  1. Ini bagus untuk mulut Anda.
    Tidak semua minuman baik untuk mulut Anda (memandangi Anda, soda dan jus manis!). Tetapi teh justru dapat meningkatkan kesehatan mulut. Teh mengandung fluoride dan dapat meningkatkan populasi bakteri di mulut. Ini mengurangi risiko penyakit periodontal, gigi berlubang, dan bahkan mungkin kanker mulut. Jadi, bahkan jika Anda berhemat pada flossing di sana-sini, Anda masih bisa merasa baik tentang kesehatan mulut Anda jika Anda menyesap teh.
  2. Ini dapat meningkatkan kesuburan.
    Apakah ada teh yang tidak bisa dilakukan? Tinjauan 2018 melaporkan infertilitas sangat dipengaruhi oleh tingkat stres oksidatif dalam jaringan reproduksi. Masukkan: teh. Polifenol dalam teh telah mengkonfirmasi efek antioksidan anti-inflamasi dan kuat. Oleh karena itu, penulis menyarankan, teh dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Dibutuhkan lebih banyak penelitian, tetapi tentu terlihat menjanjikan.