4 Suplemen Wajib Para Atlet Untuk Menjaga Kesehatan Saat Latihan, Fitness dan Sebagai Penambah Berat Badan

Olahraga adalah sebuah kegiatan fisik yang lazim dilakukan untuk menyehatkan badan. Namun ada beberapa orang yang berolahraga untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya atlet yang ingin memenangkan pertandingan.

Dalam usaha mencapai tujuannya, orang yang berolahraga sering mengkonsumsi berbagai suplemen kesehatan. Pada dasarnya, latihan secara teratur dan diet seimbang sudah cukup untuk membantu pencapaian target dari olahraga. Namun beberapa kondisi seperti ketatnya persaingan dan persiapan waktu lomba yang sempit menyulitkan para atlet mencapai target tanpa mengkonsumsi suplemen.

Dalam mengkonsumsi suplemen, akan jauh lebih baik jika memilih produk yang sudah dilengkapi perijinan dan sertifikasi kesehatan yang sesuai agar keamanan konsumen selalu terjaga. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

Di bawah ini adalah 4 suplemen yang layak dikonsumsi dan akan membantu para olahragawan mencapai targetnya secara maksimal.

  1. L-Glutamine

Glutamine adalah jenis asam amino yang paling umum terdapat di dalam tubuh manusia. Glutamine berfungsi untuk menyuplai asupan nitrogen ke dalam otot. Glutamin juga berperan dalam proses metabolisme, sistem kekebalan tubuh dan restorasi energi.

Dalam latihan olahraga yang berat, kadar Glutamine dalam tubuh dapat cepat terkikis. Perlu waktu seminggu untuk mengembalikan secara penuh kadar glutamin yang telah habis.

Suplemen Glutamine sangat dianjurkan dikonsumsi untuk para olahragawan yang sedang mengejar target dan berlatih sangat keras.

  • Whey Protein

dilansir dari situs berita nasional harian dot id, Whey protein berfungsi untuk meningkatkan asupan protein dalam tubuh. Whey protein sendiri bentuknya macam-macam, namun yang banyak beredar dipasaran berbentuk shake yang sering dikonsumsi para pegiat fitnes untuk membesarkan otot secara cepat.

Bagi para penggemar fitnes, asupan protein sangat penting perannya. Asupan protein alami akan sangat memerlukan banyak porsi makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan pembesaran otot. Namun dengan mengkonsumsi whey protein, satu takaran saji memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

  • Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang paling banyak dikonsumsi dalam bentuk suplemen tambahan. Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan dan sangat dianjurkan untuk meredakan demam.

Dalam aktivitas olahraga yang berat apalagi bila dilakukan diluar ruangan dengan cuaca tak menentu, tentu daya tahan tubuh perlu dijaga. Disini peran suplemen tambahan Vitamin C diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh untuk menghindari sakit seperti demam dan flu yang akan mengganggu proses latihan pada hari-hari kedepan.

  • Beta Alanine

Beta Alanine adalah salah satu bentuk asam amino non esensial yang menyuplai karnosine di dalam otot kita. Dengan jumlah karnosine yang lebih banyak dalam otot, akan meningkatkan performa atlet. Karnosine berfungsi untuk menunda kelelahan otot.

Suplemen Beta Alanine sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para atlet yang memerlukan ketahanan tubuh yang kuat seperti atlet tinju, kickboxing, hoki, rugby dan atletik.

Sumber berita dari www.harian.id

BACA JUGA  Langkah dalam Mendirikan Perusahaan (PT)