5 Metode Membuat Rak Sepatu dari Kayu, Murah Meriah!

Rak sepatu bisa jadi merupakan salah satu furnitur di rumah yang harus dipunyai sebab dapat membuat rumah lebih tertata apik.

Gimana tidak, sepatu serta sandal yang berantakan di depan pintu ataupun di mana juga, sanggup membuat rumah jadi nampak berhamburan serta tidak nikmat ditatap.

Terlebih bila hunian Kamu merupakan tipe rumah minimalis dengan dimensi yang terbatas sehingga kerapian merupakan kunci supaya rumah tidak nampak kian kecil.

Kamu dapat melihat ide lain juga >> 18+ BEST OUTDOOR BIRD AVIARY IDEAS

Apalagi masing- masing rumah minimalis diajarkan mempunyai storage spesial buat menaruh perkakas serta barang kecil yang lain supaya tidak berhamburan.

Serta tidak terkecuali buat alas kaki, baik sepatu ataupun sandal. Supaya dapat nampak apik, hingga telah tentu Kamu wajib mempunyai rak spesial.

Sebab berarti buat tiap hunian memilikinya, hingga pasti wajib terdapat budget spesial buat membelinya, terlebih bila mau yang bermutu ataupun yang modelnya menarik.

Tetapi tenang saja, Kamu tidak wajib membeli, sebab rak sepatu dapat terbuat sendiri.

Metode membuat rak sepatu dari kayu merupakan salah satu opsi yang dapat Kamu coba bila mau mempunyai furnitur dengan budget yang murah serta proses pengerjaan yang cenderung gampang.

Lagipula dengan membuat sendiri, Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan serta selera, baik model ataupun rupanya.

Berikut sebagian perihal yang dapat Kamu jalani bila mau berupaya metode membuat rak sepatu dari kayu:

  1. Buatlah desain rak sepatu

Di mari Kamu dapat leluasa berkreasi cocok selera. Rak sepatu dapat saja wujudnya bermacam- macam, tidak cuma kotak ataupun persegi panjang.

Tidak hanya cocok selera, upayakan pula buat buatnya selaras dengan tema ruangan di rumah, tidak cuma corak serta desain tetapi pula dimensi.

Sehingga rak sepatu tidak cuma berperan bagaikan tempat menyimpan alas kaki, tetapi pula dapat bagaikan elemen dekoratif.

2. Siapkan perlengkapan serta bahan

Sebab kita mangulas metode membuat rak sepatu dari kayu, pastinya bahan utama yang wajib dipersiapkan merupakan kayu itu sendiri, ataupun dapat pula dengan triplek ataupun multiplek bila Kamu mau bahan yang lebih lentur.

BACA JUGA  Memiliki Rumah Sendiri

Kemudian perlengkapan yang lain yang butuh disiapkan merupakan perlengkapan pemotong berbentuk gergaji, serta yang yang lain semacam palu serta paku dapat pula gunakan paku tembak beserta alatnya, lem kayu serta cat dan kuas buat finishing. Ditambah perlengkapan ukur berbentuk meteran ataupun penggaris serta pensil.

3. Potong serta amplas kayu

Tadinya, ukurlah kayu cocok dengan desain yang Kamu mau. Memotong kayu dapat gunakan gergaji manual, ataupun dapat pula dengan gergaji listrik buat proses yang lebih gampang serta kilat, dan hasilnya pula cenderung lebih apik.

Misalnya Kamu dapat potong buat alas rak dengan dimensi 75 centimeter x lebar 16 centimeter. Kemudian buat bagian kaki dapat pakai potongan dengan dimensi 45 centimeter x 16 centimeter, serta wajib betul- betul ditentukan potongan kaki buat bagian kanan serta kiri berdimensi sama ya!

Jangan kurang ingat pula potong bahan buat membuat alas rak yang jumlah membiasakan tingkatan rak sepatu. Umumnya alas rak dapat terdiri dari 3- 4 susun.

Setelah itu selanjutnya merupakan proses pengamplasan.

Banyak yang ketahui kalau proses satu ini merupakan buat memperhalus permukaan kayu saja. Sementara itu, pengamplasan pula dapat buat meratakan permukaan kayu lho.

Serta jika telah halus serta rata, nantinya pula hendak mempermudah Kamu dikala mewarnai sehingga hasilnya jadi lebih sempurna.

4. Rakit kayu

Metode membuat rak sepatu dari kayu selanjutnya merupakan proses perakitan, dimana Kamu tinggal susun potongan kayu bersumber pada desain yang telah Kamu buat tadinya.

Dalam proses ini diperlukan ketelitian serta pula kreativitas.

Tidak hanya memakai paku, tambahkan pula lem kayu yang memanglah dirancang spesial buat menyambungkan kayu.

Jadi jangan cuma memaku tetapi beri pula lem yang hendak membuat sambungan lebih kokoh serta tidak gampang patah.

Hendaknya sehabis perekatan, jemur dahulu rakitan kayu di dasar cahaya matahari sepanjang seharian, supaya kayu dapat menempel sempurna.

Oya, jika Kamu memiliki paku tembak, ini lebih baik lagi sebab proses perakitan dapat jadi lebih kilat.

BACA JUGA  Menikmati Sentuhan Futuristik Kerajinan Tembaga Boyolali, Jawa Tengah

Lagi pula bila memakai perlengkapan paku tembak, paku dapat menancap lebih dalam serta penggunaannya juga gampang.

Jalani pula perakitan pada bagian lain semacam alas rak yang jumlahnya pasti tergantung pada jumlah tingkatan rak sepatu kayu yang Kamu mau.

Berikutnya, pasang tingkatan rak dengan melubangi sisi- sisi kayu serta yakinkan seluruhnya terpasang secara sempurna.

5. Finishing

Finishing disini berbentuk proses pengecatan dimana Kamu tinggal seleksi corak yang disukai serta cocok dengan tema ruangan.

Dapat pakai corak semacam cokelat buat menonjolkan kesan natural dari corak kayu. Ataupun pakai plitur, ialah perona kayu transparan sehingga tidak menutupi serat kayu. Bila Kamu memakai plitur, corak kayu hendak nampak lebih tajam serta mengkilap.

selain itu kamu juga bisa lihat ide >> 12+ BEST OUTDOOR BIRD AVIARY FOR SALE

Tetapi jika mau tampilan yang berbeda, pakai saja corak cat yang terang.

Tetapi sekali lagi, sesuaikan dengan riasan ruangan sehingga nampak selaras, serta kedatangan rak sepatu sekalian dapat membuat cantik ruangan.

Proses pewarnaan tidak senantiasa wajib memakai kuas. Sebab Kamu dapat coba spray gun buat memudahkan serta memesatkan proses ini.

Yang jelas, memilih tipe cat yang bermutu supaya tidak gampang mengelupas serta lebih tahan lama.

Bagaikan bonus panduan, jalani pengecatan di dasar cahaya matahari langsung ya, supaya hasilnya lebih sempurna.

Serta sehabis berakhir dicat seluruhnya, diamkan saja rak sepatu sampai betul- betul kering. Baru sehabis itu Kamu tempatkan di posisi yang telah diseleksi.

Nah, saat ini Kamu telah memiliki rak sepatu dari kayu buatan sendiri. Tidak hanya dapat hemat, Kamu pula dapat mengisi waktu kosong dengan berkreasi membuat cantik rumah.

Jadi, telah siap berupaya metode membuat rak sepatu dari kayu? Mudah- mudahan berguna!