Apa Itu Clean Up Jakarta Day dan Apa Tujuannya

Clean up Jakarta Day merupakan acara tahunan dengan menyatukan komunitas, individu, sekolah, dan bisnis sebagai relawan lewat sistem gotong royong untuk membuat Jakarta lebih bersih. Acara ini diadakan pertama kali oleh Indonesia Expat sejak tahun 2013, dan telah menjadi rutinitas warga Jakarta setiap tahunnya. 

baca juga cleaning service di jakarta

Apa Tujuan Dari Acara Clean Up Jakarta?

Tujuan dari Clean Up Jakarta Day adalah untuk menambah kesadaran terhadap persoalan sampah yang ada di Jakarta, sekaligus sebagai kebutuhan mendaur ulang sampah dimulai dari individu, di lingkungan rumah hingga di kantor. Jadi, intinya menyebarkan pesan baik kepada komunitas maupun masyarakat bahwa setiap orang berkewajiban merawat lingkungan hidupnya. 

Lewat “gotong royong” yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, acara ini mengedukasi dan menggandeng para relawan untuk menyelesaikan permasalahan sampah. Adapun tujuan akhirnya ialah demi menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk ikut serta merawat dan menjaga lingkungan sekitar. Selain itu, para relawan akan di didik agar mereka lebih mengenal jenis-jenis sampah, baik itu sampah non organic, sampah daur ulang, dan sebagainya. 

BACA JUGA  Jasa Bersih Tungau Jakarta Dengan Kualitas Terbaik

Sebagai bentuk pemeliharaan dan penjaga lingkungan, peserta pun dihimbau agar membawa perbekalan mereka sendiri, seperti kantong plastic, bekal makanan dan botol minum. Ada pula gerakan tidak memakai sedotan plastik, sebagai solusinya memakai sedotan ramah lingkungan, seperti sedotan dari stainless steel maupun sedotan berbahan dasar lainnya.

baca juga bersih rumah jakata

Bahkan di tahun lalu, acara ini sukses meraih sampai 1 juta relawan di sebanyak 107 lokasi yang ada di seluruh kota Jakarta. Bersama Dinas LIngkungan Hidup DKI Jakarta, panitia acara ini juga turut berpartisipasi membersihkan dan memungut semua sampah yang tersebar di beberapa tempat di kota Jakarta.

Dengan memanfaatkan event CFD (Car Free Day) di tiap akhir pekan, relawan akan memenuhi jalanan di daerah yang biasanya dilalui kendaraan bermotor. Hal ini berbeda dari CFD sebelumnya, masyarakat kali ini lebih aktif mencari serta membersihkan berbagai jenis sampah berserakan yang ada di trotoar, jalan, taman, hingga di titik-titik lainnya. Acara ini juga sekaligus untuk memperingati World Cleanup Day Jakarta yang diadakan setiap tanggal 21 September.

BACA JUGA  Hiii! Gagang Pintu Toilet Pria 6 Kali Lebih Banyak Kuman dibanding Toilet Wanita