Bahan Dan Cara Membuat Nastar Nanas Yang Renyah Dan Praktis

Nastar sering kita jumpai pada saat lebaran. Jika kamu ingin buat kue ini sendiri dirumah tapi bingung simak dibawah ini bahan dan cara membuat nastar nanas.

Nastar

Nastar merupakan kue asal Belanda yang akhirnya masuk ke Indonesia dan menjadi makanan favorit seluruh lapisan masyarakat nusantara. Kue nastar ialah kue kering yang identik saat Lebaran di Indonesia. Nastar pertama muncul di negara kincir angin, Belanda.

Nama nastar bahkan juga berasal dari serapan bahasa Belanda. yakni ananas atau nanas dan taartjes atau tart. Nastar, merupakan perpaduan dari dua kata tersebut. Bahan resep nastar sendiri terinspirasi dari olahan kue pie ala Belanda yang dibuat dalam loyang-loyang besar dengan isian berupa selai blueberry, apel dan juga stroberi.

Saat Belanda datang ke nusantara dan hendak membuat pie dengan sari buah-buahan ranum tersebut, mereka kesulitan dalam mencari blueberry, stroberi dan juga apel yang tekstur kematangannya layaknya buah yang ada di tanah Belanda. Lalu muncul ide kreatif, untuk mengganti buah-buahan tersebut dengan buah nanas yang banyak ditemukan di Indonesia.

Bahan Dan Cara Membuat Nastar Nanas

Bahan-Bahan :

  • Margarin 150 gr
  • Mentega 50 gr
  • Gula halus 40 gr
  • 1 butir Telur
  • 25 gr susu bubuk Frisian Flag Full Cream
  • Tepung Terigu 300 gr yang telah ditepung dengan mesin penepung
  • Selai nanas – sebagai bahan isian
  • Kuning telur – sebagai olesan

Cara Membuat Nastar Nanas :

  1. Step pertama masukkan margarin 150 gr ke dalam mangkok, mentega 50 gr, dan juga gula halus 40 gr kemudian aduk hingga halus
  2. Selanjutnya tambahkan telur 1 butir dan aduk lagi, tambahkan susu bubuk Frisian Flag Full Cream 25 gr, tepung terigu 300 gr lalu aduk hingga merata
  3. Setelah itu tambahkan selai nanas secukupnya ke dalam adonan yang telah dibuat, lalu bentuk bulat-bulat, oleskan kuning telur dibagian atasnya,
  4. Step terakhir masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 150 derajat selama kurang lebih 30-35 menit
  5. Nastar siap untuk disajikan.
BACA JUGA  Cara Membuat Puding Jagung Kukus Yang Enak Dan Sederhana

Baca Juga: Cara Masak Kerang Ijo Saus Tiram

Tips Membuat Kue Nastar Agar Lembut

1. Jangan Mengocok Margarin Dan Mentega Terlalu Lama

Apabila anda membuat nastar sebaiknya tak perlu mengocok margarin dan mentega terlalu lama.
Gunakanlah mixer dengan kecepatan yang rendah juga cukup, asalkan adonan tercampur hingga merata.
Sebab kue nastar tidak termasuk jenis kue yang harus mengembang secara berlebihan, apabila mengocok terlalu lama malah menjadikan kue kering terasa keras.

2. Mengocok Adonan dengan Benar dan Menggunakan Spatula

Mungkin saja terlihat cukup sederhana, tapi hal ini masih sering disepelekan oleh banyak orang. Sebab terlalu buru-buru, sering kali kita mengocok dengan cepat alhasil membuat adonan tak merata. Tujuan mengocok adonan dengan benar supaya bahan tercampur dengan merata dan sempurna.

Apabila hanya mengincar cepat jadi dan buru-buru, maka nastar tersebut bisa menjadi alot. Perhatikan juga bagaimana cara mengocok adonannya. Pastikan anda menggunakan spatula anti lengket, ya. Adonan kue nastar sebaiknya dikocok menggunakan spatula tidak dengan tangan. Jika mengocok dengan tangan, maka dapat menyebabkan margarin mencair sehingga adonan menjadi mudah retak.

BACA JUGA  Dua Cara Mudah Mendapatkan G Game Rays Wheels Yang Bisa Anda Coba

3. Tepung Maizena

Tepung Maizena dikenali sebagai tepung untuk bahan membuat kue yang berguna sebagai pengental. Oleh sebab itu, penggunaan tepung maizena pada kue nastar juga sangat penting, lo. Maizena berguna untuk membuat tekstur nastar menjadi lembut, namun tak mudah hancur. Tak kalah penting pastikan takaran tepung maizenanya, ya.

4. Jangan Sering Menyentuh Adonan

Jika anda terlalu sering menyentuh adonan itu tidak baik. Apabila sering menyentuh adonan saat proses mencetak dapat membuat kue menjadi keras.

5. Gula Halus Bukan Gula Pasir

Gula halus lebih cepat ketika larut daripada gula pasir. Jika menggunakan gula pasir, ditakutkan masih ada sisa gula di dasar mangkuk yang tidak tercampur ketika mengaduk dengan mixer. Sebab itu, sebaiknya gunakan gula halus supaya bisa cepat tercampur rata. Jika tak ada, bisa juga haluskan gula pasir dengan diblender terlebih dahulu.

Itu saja artikel yang bisa saya sampaikan tentang bahan dan cara membuat nastar nanas. Semoga Bermanfaat bagi anda yang membaca. Jika kamu bingung bagaimembuat isian nastar nanas simak cara membuat isian nastar nanas