Beginilah Sejarah Singkat Aplikasi Tik Tok Yang Mendunia

Siapa yang tidak paham Tik Tok? Hampir semua orang paham aplikasi ini dan bisa saja dulu menjadi keliru satu penggunanya. Tetapi tahukah Anda bagaimana peristiwa aplikasi Tik Tok yang mendunia? Sebenarnya siapa pencipta aplikasi ini dan bagaimana aplikasi ini bisa begitu mendunia? Berikut ulasan lengkapnya!

Aplikasi Tik Tok Berasal berasal dari China

Apakah Anda paham aplikasi Tik Tok berasal dari negara mana? Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Tik Tok adalah aplikasi yang berasal berasal dari China dengan induk perusahaan bernama ByteDance. Tik Tok sendiri merupakan aplikasi sosial tempat yang membagikan spesifik video pendek yang kreatif.

Tetapi, video di di dalam Tik Tok bukan cuma hanyalah video. Tik Tok juga miliki beberapa pilihan musik dan filter manfaat meningkatkan nilai kreatif sebuah video. Sehingga tidak heran, meskipun cuma berdurasi 15 detik, video Tik Tok bisa mempunyai kandungan banyak perihal menarik.

Lantas, siapa pencipta Tik Tok? Tidak lain dan tidak bukan adalah Zhang Yiming. Yiming sendiri merupakan lulusan Universitas Nankai dengan jurusan Software Engineer. Awalnya, Yiming cuma mendirikan perusahaan tekno yang bernama Byte Dance.

Nama Awal Adalah Douyin

Dulunya, aplikasi ini bukanlah bernama tiktok agency jakarta. Aplikasi ini juga tidak berada di negara lain jika China. Dulu nama aplikasi ini adalah Douyin di mana penggunanya bisa membagikan video pendek dengan durasi 15 detik ke terhadap semua pengguna.

Tetapi ternyata, di sinilah peristiwa Tik Tok di dunia dimulai. Douyin meraup keuntungan yang memadai besar di China dengan jumlah pengguna mencapai 100 juta orang cuma di dalam sementara setahun. Oleh gara-gara itu, perusahaan ByteDance miliki ide yang memadai besar, yaitu memperkenalkan aplikasi ini kepada Dunia.

BACA JUGA  Buket Lavender yang Penuh Kejutan

Oleh gara-gara Douyin tidak cukup familiar di telinga penduduk di luar China, maka berasal dari itu namanya diganti menjadi Tik Tok. Agar lebih ringan diingat dan menarik perhatian negara lain. Inilah asal mula peristiwa aplikasi Tik Tok yang mendunia.

Banyak Ditentang

Meskipun sudah merasa diperkenalkan sejak tahun 2016, popularitas Tik Tok baru merasa meledak di tahun 2019. Terlihat jumlah unduhan di Google Playstore sudah mencapai 500 juta pengguna aktif di semua dunia.

Sayang sekali, aplikasi ini banyak ditentang di beragam negara. Di India misalnya. Pemerintahan di sana memblokir aplikasi ini gara-gara memanasnya interaksi diplomasi di kedua negara. Akibatnya, perusahaan yang mengeluarkan aplikasi ini merugi dengan angka 84 triliun miliar.

Dan bukan cuma di India. Sejarah aplikasi Tik Tok yang mendunia mencatat bahwa aplikasi ini juga diblokir di Amerika Serikat. Kabar terbaru menyebutkan bahwa mereka akan terhubung blokiran aplikasi ini cuma jika Tik Tok rela diakuisisi oleh Microsoft.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang tidak menyetujui keberadaan aplikasi Tik Tok. Penyebabnya sesungguhnya sederhana. Dulu pengguna Tik Tok mayoritas adalah video menari yang dianggap tidak cukup edukatif oleh penduduk (Sampai sekarang juga masih banyak yang layaknya ini).

Jadi meskipun sekarang sudah banyak orang yang membawa dampak video tutorial, video keilmuan, dan beragam macam video kreatif lain, penduduk sulit untuk menerimanya. Sebab stigma Tik Tok di Indonesia adalah aplikasi untuk anak alay masih melekat.

BACA JUGA  Cara Mudah Membuat Kelapa Parut Kering

Tik Tok Berhasil Mengakuisisi Musical.ly

Tik Tok aplikasi buatan China ini sesungguhnya sudah mendulang keberhasilan besar. Bahkan sudah banyak endorsement yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan produknya. Oleh itu, tidak heran jika Tik Tok merasa terhubung program bernama Tik Tok Ads.

Tetapi peristiwa aplikasi Tik Tok yang Mendunia bukan cuma hingga di sini. Perusahaan yang menaungi Tik Tok sekarang lebih-lebih sukses mengakuisisi Musical.ly terhadap akhir 2017. Ini membawa dampak di Tik Tok ada banyak lagu dan musik yang bisa dimaksimalkan oleh penggunanya.

Tik Tok yang Mendunia

Berawal berasal dari aplikasi Douyin yang dibuat untuk mengonsumsi penduduk China, kini Tik Tok sudah sukses menginvasi dunia. Di Indonesia sendiri, popularitas Tik Tok sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak video lucu kreatif yang tersebar di Tik Tok dan juga merambah ke Instagram.

Syukurnya meskipun sempat diblokir di Indonesia gara-gara dianggap tidak mendidik, kini Tik Tok ulang aktif. Kreator Tik Tok berasal dari Indonesia juga sudah menyajikan beberapa fakta menarik dan ilmu berguna melalui aplikasi tersebut. Itulah peristiwa aplikasi Tik Tok yang Mendunia. Semoga bermanfaat, ya.