Cara Buat Keripik Singkong Balado

Cara Buat Keripik Singkong Balado :

Keripik singkong merupakan salah satu ragam jajanan enak yang sangat digemari oleh semua orang. Namun untuk membuat keripik singkong kamu harus tahu resep dan cara mengolahnya juga lho. Pasalnya, sangat dikhawatirkan jika salah dalam membuat keripik tersebut. Keripiknya tidak garing alias loyo.

Cara Buat Keripik Singkong Balado

Nah, di bawah ini adalah resep membuat keripik singkong balado pedas biar berasa renyah dan gurih. Yuk simak cara membuat keripik singkong balado pedas berikut ini!

1. Siapkan bahan adonan terlebih dahulu

allnigerianrecipes.com

Bahan untuk keripik singkong:

• 1 kg singkong

• 3 sendok makan gula pasir untuk bumbu

• 5 sendok makan garam untuk merendam

• 4 siung bawang putih, haluskan untuk bumbu

• 1 sendok makan kapur sirih

• 300 ml air matang

• Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan untuk bumbu halus adonan:

• 8 butir bawang merah

• 150 gram cabai merah keriting

• Garam secukupnya

2. Langkah pertama adalah mengupas dan mengiris tipis singkong

Autoimuncare.com

• Ambil singkong dan taruh dalam wadah untuk mengupas singkong dari kulitnya, lalu cuci singkong sampai bersih. Dibudidayakan saat mengambil singkong. Pilih singkong yang masih segar, berukuran besar dan berwarna putih bukan ungu.

• Iris semua singkong yang sudah dicuci menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik atau bisa juga menggunakan pisau. Namun, usahakan untuk memastikan ukuran irisannya sama atau tidak sama ketebalannya.

3. Rendam adonan singkong yang sudah diiris

Kuepraktis.yaho-mart.com

• Masukkan singkong yang sudah diiris tipis ke dalam wadah, lalu taburi air dengan campuran air kapur sirih, tambahkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk rata. Biarkan rendaman selama sekitar 25 menit.

• Angkat lalu keringkan singkong yang telah direndam hingga benar-benar kering dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

BACA JUGA  Tempat Wisata Romantis di Semarang untuk Habiskan Waktu Bersama Pasangan

4. Menggoreng singkong dalam wajan

scoopwhoop.com

Sediakan wajan, panaskan minyak, goreng singkong hingga matang dan kering. Angkat lalu tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak berminyak.

5. Langkah terakhir

Ksmtour.com

• Sediakan wajan, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, aduk rata. Tambahkan gula pasir ke dalam tumisan hingga merata.

• Setelah bumbu mengering, kecilkan api hingga kecil, kemudian anda masukkan keripik singkong goreng, tumis di tumis hingga merata dan matang.

• Jika sudah matang, angkat, tiriskan dan biarkan dingin.

• Keripik singkong balado pedas siap disajikan sebagai camilan santai saat sendiri atau bersama keluarga.

Nah, itulah resep membuat keripik singkong balado pedas. Seberapa Mudah Membuat Keripik Singkong Balado Pedas? Ayo bikin sendiri di rumah, gampang juga bikinnya!

Keripik singkong balado / keripik sanjai

Bahan

1. bahan utama

2,3 kg keripik singkong olahan

3. Atau bisa juga ubi kayu yang belum diolah

4,1 L minyak sayur (masih tersisa 1/4 L)

5. Bumbu cabai balado

6. 200 gram gula merah (warna kuning bukan hitam)

7. 120 gram gula pasir

8. 7 siung bawang putih

9. 50 gram asam jawa larut dalam 50ml air panas & saring

10. Mengganti asam jawa dengan cuka juga bagus. (Dijamin tidak lengket)

11. 50 ml air bersih

12.400 gr cabai merah

13. 8 buah cabai rawit ukuran besar

14. 2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu halus (menggoreng keripik minyak)

15. 1 sendok teh garam

Langkah

1. Goreng setengah keripik coklat dengan api sedang

2. Siapkan bumbu yang diperlukan. Dan potong cabai menjadi 2 kantong agar tidak terlalu lama saat di blender. Dan panaskan air hingga merebus cabai

3. Rebus cabai saat air mendidih. Dan bila tekstur cabai sudah empuk, angkat dan tiriskan agar air cabai turun

BACA JUGA  Resep Sate Ayam Maranggi

4. Haluskan cabai rebus dalam blender. Teksturnya sesuai selera mungkin agak kasar. Saya bikin halus jadi mirip kripik padang balado asli

5. Panaskan 2 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih giling, tumis hingga diperlukan lalu tambahkan cabai tumbuk dan tambahkan 1 sendok teh garam.

6. Tambahkan 50ml air, 50ml air asam jawa yang sudah disaring lalu tambahkan gula pasir, gula merah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kecilkan api untuk memasak hingga air berkurang (biasanya ditandai dengan lebih sedikit gelembung di permukaan). Pada tahap ini, sering-seringlah mengaduk agar bumbu masak tidak merata dan gosong.

7. Bila bumbu sudah mengental, penyuka daun jeruk bisa menambahkan daun jeruk goreng. Aduk rata dan matikan kompor. Masukkan kripik goreng, aduk rata. Proses pengadukan harus cepat dan hati-hati. Karena chip akan cepat pecah jika ditekan terlalu banyak. Dan pencampuran bumbu dengan keripik harus dalam kondisi bumbu masih panas agar tidak menggumpal.

8. Dinginkan keripik, masukkan ke dalam toples. Tutup rapat. Jangan langsung menyimpan keripik dan tutup tutup toples saat keripik masih pnas. Karena akan menyebabkan keripik berkeringat dan menempel pada mereka.

9. Catatan 1: Jika Anda ingin mencoba resep dengan sedikit bahan, Anda bisa memperkirakan bumbunya. Kurangi saja dari porsi yang Anda inginkan.

10. Catatan 2: rasanya panas dan manis, jika sudah tidak tahan bisa mengurangi cabai, terutama cabai rawit.

11. Catatan 3: beri tag dan bagikan video di komentar di bawah jika Anda mengulanginya.

Demikianlah artikel tentang Cara Buat Keripik Singkong Balado yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat.