Cara Membuat Bakso Ikan Tuna yang Mudah dan Simpel

cara membuat bakso ikan tuna – Bakso sekarang bahkan lebih menarik, jika dulu sebagian besar bakso yang kami nikmati adalah bakso sapi atau bakso ayam. Sekarang ada banyak pedagang bakso yang menjual bakso dari daging ikan olahan. Isi dan bentuk bakso itu sendiri kini semakin beragam.

Seperti bakso diisi dengan telur ayam, bakso berurat diisi dengan tendon atau bakso bakso berbentuk datar, dan bakso ikan disiapkan dari daging berbagai jenis ikan. Dan sekarang setiap daerah memiliki menu khusus bakso andalannya, seperti bakso khusus Malang, di mana bakso yang sudah sangat populer disajikan dengan mie kuning, tahu, pangsit dan kue pangsit goreng.

Berbicara tentang bakso, sebagai pecinta makanan bakso ini tidak lengkap jika Anda belum menikmati bakso ikan. Ada banyak jenis ikan yang bisa digunakan untuk membuat bakso, salah satunya adalah Tuna. Ikan mahal ini cocok untuk membuat bola ikan yang enak dan kenyal. Beberapa tertarik membuat bola ikan tuna sendiri di rumah, jika ya Anda bisa mempelajari resep bakso tuna berikut.

Sebelum membuat bakso tuna, kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu tips dan cara untuk memilih ikan tuna yang baik dan cara mengolahnya dengan baik.

Cara Membuat Bakso Ikan Tuna

Bahan utama:

• ½ kg daging tuna

• 50 gram tepung

• 1 batang bawang bombai

• 200 gram tapioka atau sagu

Bumbu:

• 6 butir bawang putih, kupas

• 2 bawang, kupas

• ½ sendok teh lada

• Garam secukupnya

• 1 kaldu bubuk sachet

• 1 butir telur

• ½ gelas air es

Cara Membuat Bakso Ikan Tuna:

  1. Dalam resep bakso tuna, pertama-tama siapkan tuna segar, bersihkan kulit dan pisahkan duri dari daging. Jenis tuna ini cukup mudah memisahkan daging dengan duri. Karena tuna ini memiliki duri jauh lebih sedikit dan daging lebih tebal.
  2. Untuk menyederhanakan proses penggilingan daging tuna, gunakan blender dan letakkan bersama bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan kaldu bubuk dan sedikit air es. Blender sampai halus.
  3. Tetapi jika tidak ada blender, gunakan pisau untuk memotong daging ikan. Potong daging tuna sampai halus, lalu tambahkan bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan kaldu bubuk. Cincang lagi sampai semuanya benar-benar mulus.
  4. Pindahkan adonan yang sudah dihaluskan, tambahkan tepung dan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Beri sedikit air es lalu uleni adonan hingga rata.
  5. Rebus air dalam wajan sampai panas, lalu tambahkan 1 sendok minyak. Matikan api
  6. Basahi tangan Anda dengan air es. Bentuk adonan dengan tangan Anda dalam bentuk bulat atau sesuai selera Anda. untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan mesin bakso. Masukkan ke dalam wajan berisi air panas. Lanjutkan sampai adonan habis.
  7. Resep terakhir bakso ikan tuna ini adalah menyalakan kompor lagi, tunggu air mendidih. Bakso akan mengapung saat dimasak.
  8. Angkat bakso dan tiriskan.
  9. Simpan bakso di lemari es, bakso bisa digunakan kapan saja.
  10. Bakso Ikan tuna siap dihidangkan, bisa disajikan dengan sambal atau dimakan bersama kuahnya.

Tips Memilih Daging Tuna

Ikan yang kita gunakan menentukan hasil bola ikan yang kita hasilkan atau tidak. Pilih tuna segar dan tekstur kenyal. Ciri-ciri tuna yang masih segar biasanya beberapa bagian kulit tampak kemerahan dan bila ditekan teksturnya kenyal. Selain itu warna daging tuna segar tidak pucat. Hindari membeli ikan dalam bentuk potongan-potongan, pedagang nakal mungkin memberikan bahan kimia agar terlihat segar dan menggoda.

itulah cara membuat bakso ikan tuna yang bisa kamu praktekkan sendiri dirumah. Supaya hasil pembuatan bakso menjadi lebih mudah, kamu bisa memakai mesin pembuat bakso.

BACA JUGA  Cara Menggoreng Tahu Bulat Agar Tidak Kempes Enak