Cara Membuat Foam Susu yang Bagus

Cara Membuat Foam Susu

Cara Membuat Foam Susu yang Bagus

Halo, kamu sudah tahu cara membuat foam susu yang bagus? Buih susu adalah salah satu alat dapur murah yang akan membuat kopi pagi Anda jauh lebih menarik. Alat ini memungkinkan Anda membuat buih susu dengan cepat, mirip dengan yang Anda dapatkan saat membeli latte atau cappuccino.

Berbeda dengan mesin cappucino, milk frother lebih mudah dibersihkan dan berkat ukurannya yang kecil dapat disimpan dimana saja. Mudah digunakan dan memberikan kafe rumah Anda tampilan mewah dalam hitungan detik.

Sebelum menyimak tutorial cara membuat milk froth, jangan lupa untuk mendalami cara membuat keripik kentang potato. Perpaduan kopi dengan busa dan keripik potato yang nikmat menjadi camilan.

Bagaimana Cara Membuat Foam Susu yang Bagus?

Cara Membuat Foam Susu yang Bagus

Berikut beberapa cara menggunakan buih susu untuk membuat buih:

  1. Tuang susu ke dalam wadah tahan microwave dan panaskan selama sekitar 45 detik, atau panaskan dalam panci di atas kompor sampai sesaat sebelum mendidih.
  2. Tuang susu ke dalam cangkir kopi Anda. Cangkir / mug harus cukup besar untuk hanya mengisi sepertiga hingga setengah dari susu.
  3. Celupkan ujung busa ke dalam susu. Ujungnya harus tepat di bawah permukaan susu.
  4. Nyalakan buih susu dan gerakkan pengocok di atas permukaan susu, membentuk busa tebal di atasnya.
  5. Matikan busa setelah jumlah busa yang diinginkan telah dibuat. Biasanya sekitar satu inci tebal di atas susu.
  6. Bilas busa dengan air hangat untuk memastikan sisa atau residu susu hilang. Keringkan dengan handuk teh dan simpan untuk digunakan di masa mendatang.
  7. Tuang kopi panas ke dalam cangkir. Tambahkan gula jika diinginkan dan nikmati.
BACA JUGA  3 Cara Mudah Download Lagu di Smartphone

Tips dan Peringatan

  • Buih susu biasanya akan meluap ke dalam cangkir dengan mudah selama proses pembuatan bir. Jika demikian, gunakan lebih sedikit susu. Milk Fother juga bisa digunakan untuk membuat krim cokelat panas.
  • Jangan lupa untuk membilas dan mengeringkan sisa buih susu secara menyeluruh setelah digunakan untuk menghindari pembentukan jamur dan bakteri pada alat.

Cara Membuat Buih Susu Kopi Sederhana

  1. Caranya adalah dengan mengisi kaleng dengan susu. Jangan terlalu penuh dan sisakan ruang di dalam toples agar busa keluar nanti.
  2. Kemudian tutup dan kocok toples berisi susu selama beberapa saat, sampai susu berbusa.
  3. Buka tutupnya dan masukkan ke dalam microwave selama setengah menit. Busa akan naik ke permukaan dan panas dari microwave akan menstabilkannya.
  4. Tuang susu ke dalam kopi menggunakan sendok.

Praktis dan mudah bukan? Masih bingung? panas, tidak ada salahnya untuk mengocoknya terlebih dahulu. Tetapi jika Anda memiliki mesin pembuat kopi, lebih baik lagi, karena buih susu Anda akan lebih sempurna.

Orang Italia selalu berbusa dengan susu murni dan pasti akan mengerutkan kening jika kita meminta susu skim untuk kopi kita.

Pembuih susu dengan cara ini tentu tidak bisa dilakukan di rumah. Anda juga bisa membuat buih susu saat berada di kantor.

Sangat praktis bukan? Sebagai penutup, perlu diingat bahwa semakin tinggi kandungan lemak pada susu maka akan semakin bagus buihnya, untuk membuih susu dengan cara ini juga harus memperhatikan suhu susu yang akan digunakan.

BACA JUGA  Inilah Dia Cara Membuat Rendang Padang Asli Empuk dan Enak

Tips Cara Steam Susu Secara Manual Dengan French Press

Untuk membuat latte dengan buih yang baik untuk latte art, tentunya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Adapun beberapa tips cara mengukus susu secara manual dengan French press adalah sebagai berikut.

  1. Tuang susu UHT secukupnya ke dalam panci.
  2. Selanjutnya, panaskan susu UHT di atas kompor hingga suhu sekitar 60 derajat Celcius menggunakan termometer.
  3. Jika Anda tidak memiliki termometer, Anda dapat menggunakan metode UHT untuk mengamati bahwa susu dipanaskan sampai muncul asap di permukaan susu.
  4. Pindahkan susu UHT yang sudah dipanaskan ke dalam French press.
  5. Tandai badan mesin French press di atas volume susu yang ditambahkan sebelumnya pada 1,5 cm. Bisa juga dengan jari kelingking Anda.
  6. Kocok (French plunger press dengan cara diangkat dan ditekan) secukupnya di zona susu, tidak disarankan sampai zona susu keluar.
  7. Lalu kocok hingga susu berbusa hingga takik seperti yang ditunjukkan di atas (dalam langkah 5).
  8. Angkat plunger untuk menghilangkan buih susu yang besar.
  9. Perlahan pindahkan susu kukus ke dalam teko susu, agar tidak membentuk busa besar.
    Selesai, steamed milk siap digunakan untuk membuat kreasi seni latte favorit Anda.

Demikian ulasan tentang cara membuat foam susu yang bagus. Sangat praktis dan simple bukan. Anda juga dapat menggunakan berbagai pembuat kopi dari Rumah Mesin. Sangat efektif!