Cara Membuat Keripik Gembus Renyah Tidak Kalah Sama Yang Bermerek

Pada artikel kali ini saya akan menjeleaskan tentang cara membuat keripik gembus renyah. Keripik ala rumahan ini tidak kalah yang dijual dipasaran, selain itu renyah dan bisa ditambahkan bumbu tabur sesuai selera. Keripik ini temannya keripik tempe yang sama sama enaknya terbuat dari kedelai juga.

Definisi Keripik Tempe Gembus

Resep keripik tempe gembus yang lembut adalah dengan memotongnya menjadi irisan-irisan tipis dan anda bisa mendapatkan keripik tempe gembus yang berkualitas baik. Ini tandanya gembus sudah tidak ada kulitnya. Maka tempo harus lama atau benar. Atau bisa juga karena adonannya terlalu kental. Saya tidak melakukannya sendiri, saya memesannya, tetapi super biasanya sangat mahal.

Saya di Jogja, ibu saya juga tidak punya banyak keripik gembus super, hanya sedikit. Yang biasa sebenarnya bisa menjadi keripik. Namun saat dimasak, keripik menjadi hitam, rasanya tidak berasa. Sarana pembuatan tempe gembus biasanya adalah sisa tahu yang sudah dimasak dan didinginkan, meski ada juga yang menggunakan bahan yang berbeda. Bentuk yang digunakan dalam fermentasi terutama jamur atau ragi tempe.

Sisa tahu kering yang dicampur jamur tempe kemudian difermentasi. Tempe gembus diproduksi kira-kira 20 jam setelah inokulasi dan paling baik dikonsumsi sebelum umur 28 jam. Setelah 44-48 jam sejak tempe mulai tercium bau amonia, bau anyir yang merupakan tanda telah terjadi pemecahan protein.

BACA JUGA  Ketep Pass, Tempat Terbaik Menyaksikan Kemegahan Gunung di Pulau Jawa

Tempe gembus adalah sejenis tempe yang terbuat dari sisa tahu. Biasanya sisa tahu digunakan sebagai pakan ternak, namun karena keadaan ekonomi yang memburuk, maka sisa tahu tersebut dipelihara dan dijual kembali. Banyak spekulasi yang beredar mengenai laju gambus ini yang menyatakan bahwa bunga ini tidak memiliki nilai gizi seperti kacang kedelai. Selain keripik gembus, keripik bawang asin juga enak.

Namun tahukah anda bahwa tempe gembus mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh anda. Meski berasal dari sisa makanan, tempe gembus masih memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Namun jika dibandingkan dengan tempe kedelai, tempe gembus memiliki kadar protein dan lemak yang lebih rendah, yang nilai energinya hanya sekitar setengahnya, tetapi dengan kadar serat pangan yang lebih tinggi.

Baca juga : Cara Bikin Keripik Tempe Yang Renyah Dan Gurih Murah Meriah

Cara Membuat Keripik Gembus Renyah

Bahan – bahan :

  • 5 biji tempe atau premium (iris tipis)
  • 1 kg tepung beras
  • 1/2 kg tepung tapioka
  • 100 gr tepung trigou
  • 3 butir telur utuh
  • 2 bungkus daging sapi Roiko
  • Daun jeruk secukupnya (diiris tipis)
  • Garam secukupnya
  • Cukup air
  • Minyak goreng
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 3 ruas kencur
  • 5 biji kemiri
BACA JUGA  Cara Creative Agency Jakarta Menarik Perhatian Konsumen

Cara Membuat Keripik Gembus Renyah :

  1. Panaskan minyak dengan api kecil. atau, lebih sederhana, Anda bisa menggunakan deep fryer.
  2. Campur semua bahan dan bumbu hingga halus, tidak terlalu encer atau terlalu kental.
  3. Kemudian masukkan tempe atau gemmbus yang sudah diiris tipis ke dalam minyak panas hingga wajannya penuh.
  4. Aduk hingga kuning keemasan kering. Hapus untuk mengeringkan.
  5. Sanggulnya enak dan renyah.

Manfaat Tempe Gembus

1. Baik Untuk Otak

Kandungan karbohidrat yang ada tempe gembus yang baik untuk otak. Karena tubuh membutuhkan karbohidrat agar mempunyai energi dan tenaga. Hal ini menyebabkan gangguan emosi dan pikiran.

2. Sumber Phytronutrilene.

Fitronutrilene adalah bahan kimia yang dapat digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan alami. Senyawa phytronutrilene menghambat dan mencegah berbagai jenis radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker.

3. Baik Untuk Pencernaan.

Selain karbohidrat, tempe gembus merupakan makanan berserat tinggi yang larut dalam air. Serat inilah yang kini dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pencernaan di usus.

Demikianlah artikel yang saya jelaskan semoga dapat menambah wawasan anda mengenai cara membuat keripik gembus. silahkan dicoba dirumah masing – masing, terima kasih.