Cara Membuat Kerupuk Bawang Balado Yang Pedas

Cara membuat kerupuk bawang balado yang pedas memang sangat mudah dibuat sendiri dirumah, kalian bisa membuatnya untuk dijadikan cemilan.

Manfaat Kerupuk Bawang

Cara Membuat Kerupuk Bawang Balado

1. Meningkatkan Imunitas

Efektivitas keripik bawang pertama dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan Anda. Senyawa dalam makanan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Menghasilkan Energi

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata keripik bawang merah memiliki berbagai manfaat lain. Salah satunya menghasilkan listrik. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi.

3. Anti Kanker

Kerupuk bawang ini memang pantas disebut kanker herbal atau kanker. Hal tersebut terjadi karena kandungan dalam makanan tersebut mengandung senyawa allyl sulfide yang menimbulkan sifat anti kanker.

4. Menjadi Antioksidan Yang Sangat Kuat

Kandungan kerupuk bawang merah memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya dan secara alami dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan ini juga dikenal sebagai antibakteri dan virus yang dapat membantu mencegah berkembangnya jamur, bakteri, dan cacing di dalam tubuh.

5. Ampuh Dalam Menurunkan Kolesterol Jahat

Kerupuk bawang merupakan makanan yang dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat. Secara signifikan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kolesterol hingga 11-16 persen.

6. Mengurangi Berat Badan

Senyawa dalam kerupuk bawang merah mengandung zat inflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang dibuat dalam tubuh Anda. Penurunan berat badan terjadi ketika lemak terus menumpuk. Pada tahap ini, preadiposit diubah menjadi sel lemak melalui proses yang Anda sebut sistem inflamasi.

7. Mengatasi Sembelit

Bagi Anda yang sedang mengalami gejala sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi kerupuk bawang merah. Ini dilakukan karena makanan ini dapat membantu proses menghilangkan racun dalam tubuh.

8. Jantung Yang Sehat

Kerupuk bawang merah mengandung kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika banyak mengonsumsi makanan tersebut maka kadar kolesterol tubuh akan menjadi normal dan aliran darah tidak akan terganggu sehingga kesehatan jantung dapat ditingkatkan.

9. Mengontrol Diabetes

Diabetes yaitu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Sedangkan kandungan dalam keripik bawang merah memiliki manfaat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

10. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan. Dengan mengkonsumsi kerupuk bawang merah ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Hal ini dilakukan karena makanan tersebut mengandung senyawa kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Bawang Putih

Cara Membuat Kerupuk Bawang Balado

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal tersebut dipublikasikan Journal of Nutritional Biochemistry yang telah membuktikan dengan penelitian.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penderita diabetes dari kardiomiopati bisa terlindungi oleh manfaat bawang putih (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah timbulnya influenza.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Manfaat bawang putih lainnya adalah pencegahan osteoartritis. Di King’s College London dan Universitas East Anglia telah melakukan sebuah studi tentang subjek tersebut.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru-paru

Makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih adalah mengurangi berbagai risiko penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada bawang putih. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasi berasal dari kandungan sulfur dalam bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian pernah menggunakan ekstrak bawang putih kering pada wanita yang mengalami menopause. Hasil penelitian menunjukkan penurunan defisiensi estrogen yang dapat memicu terjadinya osteoporosis pada seseorang.

9. Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti minum alkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini bisa dicegah jika Anda mengawetkan khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih memiliki efek antimikroba untuk membantu mencegah infeksi atau mengurangi risiko kelahiran prematur.

Manfaat Tepung Terigu

1. Buat Benda Terang Dari Logam

Memiliki barang logam jika tidak diseka dengan hati-hati terlihat membosankan. Tapi jangan takut, Anda hanya bisa mengembalikan kilau produk Anda dengan tepung terigu, cuka dan garam. Campur ketiga bahan dengan perbandingan 1: 1: 1 sampai terbentuk pasta.

2. Sebagai Peeling Untuk Membuat Kulit Menjadi Cerah

Tepung terigu tidak hanya mencerahkan benda logam, tapi juga bisa mencerahkan kulit Anda. Campur dua sendok makan tepung, satu sendok makan yogurt dan sedikit bubuk kunyit. Campuran ini bisa anda gunakan sebagai scrub untuk tubuh Anda atau sebagai masker wajah. Oleskan selama 25 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

3. Mencegah Gorengan Menempel Pada Mangkuk

Menggoreng ikan terkadang bisa sangat membuat frustrasi. Cipratan minyak goreng di tangan dan ikan goreng terkadang menempel di wajan. Mulai sekarang Anda tidak perlu takut lagi. Sebelum menambahkan ikan, tambahkan satu sendok makan tepung ke minyak panas dan aduk. Kemudian masukkan ikan ke dalam minyak. Minyak tidak terciprat kemana-mana.

Resep Cara Membuat Kerupuk Bawang Balado

Bahan – bahan:

  • 1.5 ons Tepung Terigu
  • 3 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Garam
  • 2 sdt Margarin
  • secukupnya Bubuk Balado
  • sedikit Air

Cara Membuat Kerupuk Bawang Balado:

  1. Haluskan bawang putih dan garam. Lalu tambahkan air.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dimemarkan ke dalam wadah lalu campur dengan margarin dan tepung terigu.
  3. Campur semua bahan hingga terbentuk adonan yang tidak lengket.
  4. Ambil sedikit adonan, tekan rata dan potong memanjang atau sesuai selera.
  5. Ulangi langkah 4 sampai adonan kosong.
  6. Panaskan wajan dan tambahkan adonan, potong satu per satu.
  7. Angkat pai bawang saat sudah menguning.
  8. Setelah pai bawang sudah dingin masukkan ke dalam dan tambahkan sedikit bumbu balado. Lalu kocok hingga bumbu balado merata di seluruh permukaan kue.
  9. Masukkan pai bawang balado ke dalam gelas dan tutup rapat agar tetap renyah.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Bawang putihnya juga bisa kalian olah menjadi baceman bawang putih untuk di jadikan bumbu masakan apa saja.

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

BACA JUGA  Tips Membuat Keripik Pisang Manis, Renyah dan Enak