Cara Membuat Nugget Ikan Dori Yang Lezat Dan Crispy

Hallo teman teman sebelumnya kita sudah membahas artikel cara membuat pentol kanji. Selanjutnya kita akan membahas cara membuat nugget ikan dori.

Ikan Dori

Ikan Dori juga merupakan ikan patin yang menjadi perbincangan di media sosial. Banyak yang mengira bahwa ikan dori yang beredar saat ini adalah asli jenis ikan Jhon Dory yang hidup didalam laut. Tapi ternyata ikan dori juga beredar luas di pasaran dengan jenis ikan patin yang hidup di air tawar.

Biasanya ikan dori juga merupakan bagian dari produk olahan ikan patin,bukan ikan John Dori yang hidup di dalam laut. Tapi umumnya kalau namanya dori itu produk olaha dai luar.Yang produk Indonesia lebih sering menyebutnya dengan patin.

Kandungan Gizi Ikan Dori

Ikan Dori juga merupakan jenis ikan yang sangat banyak dihidangkan sebagai lauk makanan maupun kudapan.Tidak hanya lezat,ikan iji ternyata juga menyimpan banyak gizi yang melimpah yang sangat penting untuk didapatkan oleh tubuh.

Ada pula kandungan yang lainnya yang tidak kalah bergunanya dari ikan dori adalah DHA,EPA,flourida dan juga selenium. Bagi yang belum tahu omeba-3 juga terkandung banyak ikan laut termasuk ikan dori dan salmon.Khasiatnya yang sangat berlimpah bagi manusia membuat kandungan omega-3 banyak dicari.

Manfaat Ikan Dori Bagi Kesehatan Tubuh

1.Mampu Mendorong Pertumbuhan Sel Pada Otak

Sudah menjadi rahasia umunya juga omega-3 dan zat besi juga merupakan nutrisi ikan yang sangat penting untuk otak. Pasalnya kedua nutrisi tersebut juga mampu untuk mendorong pertumbuhan sel pada otak agar kinerjanya senantiasa maksimal.

Terlebihnya juga pada anak-anak,hendaknya juga sangat memperbanyak mengonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan omega-3 dan zat besinya. Dengan begitu perkembangan pada otaknya juga menjadi maksimal dan menjadi individu yang sangat cerdas dan mampu untuk bersaing.

BACA JUGA  Resep Masakan Daging Giling

2.Kuliner Idaman Bagi Penderita Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Duan kandungan yang penting bagi lainnya dimiliki oleh ikan dori adalah DHA dan EPA.bagi yang belum tahu kedua kandungan tersebut juga merupakan singkatan dari docosahexaenoic dan eicosapentaenoicacid.Keduanya juga sudah banyak dipahami memiliki banyak manfaat.

Namun khasiat DHA dan juga EPA tidak hanya juga untuk bayi dalam masa perkembangan saja. Bagi penderita hipertensi,kandungan tersebut juga dapat untuk menurunkan tekanan darah yang meninggi.Jadi mengonsumsi ikan dori dapat menjadi alternatif untuk mengatasi penyakit tersebut.

3.Menghindari Diri Dari Resiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit pada jantung atau kardiovaskular juga banyak dikenal sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Bahkan setiap tahunnya korban jiwa akibat penyakitnya jantung ini bisa mencapai ratusan ribu orang. Hal ini yang membuat penyakit kardiovaskular menjadi penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat.

Sebenarnya penyebab yang paling utama dari penyakit jantung adalah dari gaya hidup yang tidak sehat serta tidak menjaga asupan makanan dalam tubuh. Hasilnya pada tubuh akan menyimpan terlalu banyak lemak jahat dan juga kolestrol.

Untuk mencegah hal tersebut,anda dapat memanfaatkan ikan dori,pasalnya daging ikan tersebut juga banyak mengandung beragam vitamin,protein dan mineral yang lainnya juga berguna untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Oleh karena itu bagi yang mendambakan hidup untuk sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung.

4.Sistem Pencernaan Menjadi Lebih Sehat

Khasiat pada ikan dori lagi berasal dari kandungan omega-3 yaitu bisa untuk mencegah tubuh memproduksi partikel inflamasi.Inflamasi atau peradangan juga memiliki potensi yang sangat cukup tinggi untuk merusak kulit atau bagian pada tubuh yang lainnya.

BACA JUGA  Peluang Usaha Pelet Ikan dan Analisa Usahanya

Jadi saat produksinya dikurangi maka tubuh akan menjadi jarang terkena penyakit peradangan.Peradangan dalam tubuh biasanya juga menyebabkan badan lebih kurang sehat dan terasa nyeri.Jika saat ini masih merasakan gejala tersebut,maka ada proses inflamasi dalam tubuh dan sebaiknya segera ditangani.

Cara Membuat Nugget Ikan Dori

1.Resep Nugget Ikan Dori Udang Saos Tiram

Bahan-Bahan:

  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 3 sendok makan perasan lemon
  • 1 sendok makan minyak atau butter
  • krim atau susu secukupnya
  • gula secukupnya
  • daun ketumbar secukupnya (cincang halus)
  • tepung maizena yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • 200 gram kentang baby potato (bisa diganti kentang besar yang dipotong 4 bagian)
  • 2 siung bawang putih (cincang kasar)
  • 1/2 sendok teh oregano
  • 1 sendok makan olive oil atau butter
  • garam secukupnya
  • Lada Kobe secukupnya

Cara Membuat Nugget Ikan Dori Udang Saos Tiram:

  1. Buatlah terlebih dahulu adonan basah dengan perbandingan,1 sendok makan kobe tepung kentucky super crispy ditambahkan 6 sendok makan air,aduk-aduklah hingga merata.
  2. Tuangkanlah sisa kobe ke dalam tepung kentucky supercrispy yang masih kering ke dalam wadah.
  3. Masukkanlah potongan fillet ikan dori ke dalam adonan basah,lalu balurkan hingga benar-benar merata.
  4. Kemudian masukkanlah ikan dori yang sudah dilapisi dengan adonan yang basah ke dalam wadah tepung kering,lalu balurkan ikan dengan tepung kering.Bolak-baliklah hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Gorenglah hingga ikan dori krispi berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkatlah dori krispi dan tiriskanlah dori krispi.

Dengan demikianlah artikel yang sebelumnya membahas tentang cara membuat nugget ikan tenggiri.Jika ada kata kurang lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.