Cara Membuat Nugget Ikan Patin Yang Bergizi Dan Sehat

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas tentang resep bakwan udang. Selanjutnya kita akan membahas cara membuat nugget ikan patin.

Ikan Patin

Ikan Patin juga merupakan sekelompok ikan berkumis yang termasuk di dalam genus pangasius famili pangasiidae. Nama patin juga sudah disematkan pada salah satu anggotanya. Kelompok hewan ini juga banyak yang bernilai ekonomi,seperti patin dan patin siam,beberapa pustaka menyebutnya jambal siam.

Biasanya ikan patin juga memiliki tubuh yang memanjang,berwarna putih perak dengan punggung yang berwarna kebiruan. Ikan patin juga tidak ada sisik,kepala ikan patin juga relatif dengan mulut yang terletak kepala agak ke bawah.

Hal ini juga merupakan ciri utama golongan catfish. Panjang tubuhnya juga dapat mencapai 120cm. Sudut mulutnya juga terdapat 2 pasang kumis pendek yang sangat berguna sebagai peraba. Sirip punggungnya juga memiliki sebuah jari-jari yang keras yang bisa berubah menjadi patil yang besar serta bergerigi dibelakangnya.

Habitat Dan Kebiasaan Hidup Ikan Patin

Habitat ikan patin adalah di tepi sungai-sungai besar dan di muara-muara sungai dan danau. Jika dilihat dari bentuk mulutnya ikan patin yang terletaknya sedikit ke bawah,maka ikan patin termasuk ikan yang hidup di dasar perairan.Ikan patin juga begitu terkenal dan digemari oleh masyarakat karena dagingnya yang sangat gurih dan lezat.

Untuk dikonsumsi patin lebih sangat dikenal sebagai hewan yang bersifat nokturnal,yaitu melakukan aktivitas atau yang aktif pada malam hari. Ikan ini suka bersembunyi di liang-liang tepi sungai.Benih patin yang di alam biasanya bergerombol dan sesekali muncul dipermukaan air untuk menghirup oksigen langsung dari udara pada menjelang fajar.

Biasanya untuk budidaya ikan patin media atau lingkungan yang dibutuhkan tidaklah rumit,karena patin juga termasuk golongan ikan yang sangat mampu bertahan pada lingkungan perairan uang jelek. Walaupun patin lebih dikenal ikan yang sangat mampu hidup dengan lingkungan perairan yang jelek namun ikan patin juga lebih menyukai perairan dengan kondisi perairan.

BACA JUGA  Mutasi Rekening Bank Agar Aktivitas Perbankan Dapat Terkontrol

Kelangsungan hidup ikan juga sangat dipengaruhi oleh kualitas air,karena air sebagai media tumbuh sehingga harus memenuhi syarat dan harus memperhatikan kualitas airnya terlebih dahulu,seperti suhu,kandungan oksigen terlarut(DO) dan keasaman(pH).Air yang digunakan juga dapat membuat ikan melangsungan hidupnya yang digunakan untuk pemeliharaan ikan patih yang harus memenuhi kebutuhan optimal ikan.

Ada beberapa faktor ikan yang dijadikan parameter dalam menilai kualitas suatu perairan,sebagai berikut:

  • Oksigen(O2)terlarut antara 3-7 ppm,optimal 5-6 ppm.
  • Suhu 25-33 0C.
  • pH air 6,5-9,0 optimal 7-8,5.
  • Karbondioksida(C02)tidak lebih dari 10 ppm
  • Amonia(NH3)dan asam belerang(H2S) tidak lebih dari 0,1 ppm
  • Kesadahan 3-8 dGH(degress of German total Hardness

1.Pembesaran Pada Ikan Patin

Pemeliharaan sistem intensif dengn pemberikan makanan yang sangat cukup dapat memau pertumbuhan ikan patin. Hal ini juga berbeda dengan pemeliharaan sistem ekstensif atau tradisional yabg hanya mengharapkan pakan dari kolam.

Padat penebaran benih ikan juga sangat mempengaruhi pada pertumbuhan.Ikan tersebut juga akan lebih cepat tumbuhnya bila dipelihara pada padat penebaran yang sangat rendah dibandingkan dengan padat penebaran yang tinggi.

2.Pertumbuhan Ikan

Perumbuhan juga merupakan pertambahan ukuran yang panjang,berat maupun volume dalam waktu yang tertentu.Pertumbuhan ikan biasanya juga diikuti dengan perkembangan,yaitu dengan perubahan dalam kenampakan dan kemampuannya yang mengarah pada kedewasaan.

Pada pertumbuhan yang normal juga terjadi dalam rangkaian perubahan pematangan yaitu pertumbuhan yang mengikuti sertakan penambahan protein serta peningkatan yang panjang dan ukuran(Ganong 1990).Pertumbuhan yang dipengaruhi oleh faktor internal dam eksternal.

Faktor internal meliputi faktor genetik,hormon,umur,kemampuan dalam memanfaatkan makanan atau efisiensi penggunaan ransum dan ketahanan terhadap suatu penyakit. Sedangkan faktor eksternal meliputi pada lingkungan sekitar seperti ruang gerak,kepadatan penebaran,kuanitas dan kualitas makanan.

BACA JUGA  Usaha Yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

3.Kebutuhan Pakan

Peran pakan juga sangat penting untuk meningkatkan produksi.Bila pakan yang diberikan hanya seadanya maka produksi yang akan dihasilkan tentu saja sedikit. Kandungan gizi pakan juga harus diperhatikan sehingga hasil ikan yang diperoleh akan maksimal.

Pertumbuhan juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang sangat kompleks. Pertumbuhan dan kemampuan mempertahankan hidup ikan juga dipengaruhi oleh perubahan pada kemelimpahan organisme yang menjadi makanannya.

Fungsi utama makanan adalah untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan. Makanan yang dimakan ikan juga digunakan untuk kelangsungan hidup dan apabila ada kelebihan makanan maka dimanfaatkan untuk pertumbuhan.

Cara Membuat Nugget Ikan Patin

1.Resep Nugget Ikan Patin Laut

Bahan-Bahan:

  1. 5 potong of ikan patin.
  2. 1 buah of wortel.
  3. 6 batang of buncis.
  4. 1 butir of telur.
  5. Secukupnya of lada bubuk.
  6. 4 siung of bawang putih.
  7. Secukupnya of garam.
  8. 5 sdm terigu yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  9. Tepung roti 5 sdm

Cara Membuat Nugget Ikan Patin Laut:

  1. Kukuslah terlebih dahulu ikan patin agar lebih mudah untuk melepaskan tulang dan kulitnya lalu ambillah dagingnya.
  2. Haluskanlah atau blender ikan terlebih dahulu,bawang putih yang sudah dihaluskan dan telur.
  3. Parutlah wortel dan iris-irislah buncis.
  4. Campurkanlah semua bahan dan aduk-aduklah hingga merata.
  5. Tatalah di dalam wadah dan kukuslah kurleb selama 15-20 menit.
  6. Angkatlah dan biarkanlah dingin,lalu potongh-potonglah sesuai selera.
  7. Larutkanlah terigu lalu celupkanlah potongan nugget dan balur dengan panir.

Dengan demikianlah artikel yang sebelumnya sudah membahas cara membuat nugget ikan laut.Jika ada kata kurang lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.