Inilah Dia Cara Membuat Rendang Padang Asli Empuk dan Enak

Bingung mau nyajiin menu andalan apa untuk keluarga saat Lebaran? kalian bisa mencoba resep cara membuat rendang padang asli empuk dan enak, lho. Ya, rendang menjadi salah satu menu yang kerap ada saat Idul Fitri tiba. Hidangan khas Minang ini juga bisa disimpan cukup lama, sehingga bisa dijadikan menu bekal keesokan harinya.

Cara Membuat Rendang Padang Asli Empuk dan Enak

Disajikan dengan nasi hangat dan ketupat, rendang daging sapi sudah sangat enak. dijamin bisa buat betah keluarga dirumah. Maka dari itu yuk ikuti resepnya. Eitss tapi sebelum itu saya ada mau promosi alat panggang sosis yang bisa buat masakaan apapun yang dipanggang menjadi lebih enak dan juga lebih mudah.

Bahan Utama :

  • 1.5 kg daging
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa tua

Bumbu dan rempah untuk cara membuat rendang padang :

  • 2 batang daun sereh, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm asam kandis/gelugur
  • 2 lembar daun kunyit, simpulkan

Bumbu halus :

  • 5 butir kemiri
  • 6 siung bawang putih
  • 100 gram cabe merah besar
  • 12 butir bawang merah
  • 100 gram cabe merah keriting
  • 2 cm jahe, bakar
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt pala
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Rendang Padang Asli Empuk dan Enak :

  1. Saat mengolah daging yang sudah di siapkan sebelumnya, memotong daging rendang menjadi kubus atau ukuran yang diinginkan, jangan pernah memotong daging terlalu kecil untuk diolah menjadi rendang agar daging tidak hancur saat dimasak.
  2. Tuang santan ke dalam wajan besar, tambahkan serai, irisan bawang merah, asam jawa dan kunyit. Aduk hingga santan mendidih, pastikan santan yang anda masak tidak pecah. Untuk melakukan ini, Anda perlu terus mengaduk santan hingga mendidih secara merata.
  3. Setelah santan mendidih, perlahan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk sesekali selama kurang lebih 20 sampai 30 menit.
  4. Setelah santan terlihat berminyak, saatnya Anda menambahkan rendang yang sudah dibersihkan dan dimasak dengan api kecil / sedang hingga santan mengental dan mengering serta bumbu meresap ke dalam pori-pori daging.
  5. Lanjutkan memasak hingga daging empuk dan matang merata. Jangan diaduk sembarangan agar bagian dasarnya tidak gosong dan daging tidak rusak.
  6. Sulitkah memasak rendang minang padang asli? Hanya butuh ketekunan, kesabaran dan mengikuti resep rendang padang minang asli diatas sudah bisa sajikan rendang padang minang legendaris yang sangat enak untuk keluarga anda.
BACA JUGA  Cara Membuat Bakso Ayam Dengan Tepung Terigu

Tips Hindari Kesalahan Umum Pada Saat Memasak Rendang

Bumbu rendang daging sapi yang terbuat dari berbagai macam bumbu dengan daging yang empuk memang sangat digemari. Rendang bahkan memiliki banyak variasi di Indonesia dengan bahan utama selain daging sapi, seperti bebek dan ayam.

Rendang juga menjadi sajian bikinan sendiri yang sering di siapkan untuk menu sehari-hari keluarga Indonesia. Meski sudah biasa disajikan di Indonesia, tidak jarang rendang diolah secara tidak tepat sehingga kurang enak.

Maka dari itu, yuk kenali kesalahan dan cegah itu semua agar rendang yang anda buat menjadi nikmat.

1. Dagingnya kurang empuk

Daging rendang yang keras tentunya merusak kenikmatan bumbu rendang sapi yang kental. Kesalahan ini bisa terjadi karena penggunaan potongan daging sapi yang salah. Daging yang paling cocok untuk diolah menjadi rendang adalah paha sapi.

Selain itu, bagian paha sapi harus dipotong agak tebal agar tidak mudah hancur saat dimasak. Hal ini dikarenakan rendangnya dimasak lama sehingga dagingnya benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan baik.

2. Rendang tidak terlalu berminyak

Satu hal yang membedakan rendang dengan kalio adalah waktu memasaknya yang lebih lama hingga bumbunya mengering dan minyaknya keluar. Namun, rendang yang dimasak mungkin sudah mengering tetapi tidak berminyak. Nyatanya, minyak ini membuat rasa rendang semakin enak dan tahan lebih lama disimpan.

BACA JUGA  Cara Menambah Followers IG dengan Cepat

Kekurangan minyak pada rendang bisa terjadi karena santan yang digunakan berasal dari buah kelapa yang kurang tua. Hal ini juga bisa disebabkan karena mengganti santan dengan bahan lain seperti santan. Gunakan santan kental yang terbuat dari kelapa tua untuk membuat bumbu rendang dengan minyak yang nikmat.

3. Rendangnya pahit

Jika terasa pahit, berarti rendangnya agak gosong. Untuk mencegah hal ini terjadi, masak rendang dengan api kecil dan aduk secara teratur selama proses tersebut. Jika bumbu rendang daging sapi menjadi renyah dan lengket di wajan, rendangnya bisa menjadi gosong dan pahit.

4. Kurang rasa dan kurang enak

Kunci dari rendang yang enak terletak pada bumbunya. Jika rendangnya tidak terlalu banyak dan rasanya tidak enak, mungkin karena santannya tidak terukur dengan benar dan penggunaan bumbu yang kurang segar. Idealnya, setiap 1 kg daging dimasak dengan santan berbahan 3-4 butir kelapa. Gunakan juga bumbu segar untuk rasa yang maksimal

Kita telah sampai di bagian akhir pembahasan. Selama penjelasan, saya telah membahas cara membuat rendang padang asli empuk dan enak serta kesalahan umum saat memasak rendang .Jadi, ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicoba dirumah. Hanya butuh 6 langkah untuk mendapatkan masakan rendang yang nikmat.

Apabila kalian suka dengan resep tersebut kalian juga dapat mencoba resep lainnya pada link dibawah ini,

Klik disini, setelah makan rendang bagusnya kalian juga harus mengimbanginya dengan berolahraga seperti pada artikel disamping ini Mari Olahraga Ini Agar Perut Buncit Hilang.