Cara Tepat Memilih Laptop Untuk Content Creator

Saat ini bidang konten creator digital, seperti Youtuber, Blogger, dan beberapa profesi kreatif lainnya tengah naik daun di beragam segmen. Tidak hanya anak muda, namun juga dilengkapi orang paruh dewasa, bahkan juga anak-anak. Hal tersebut juga diaminkan oleh produsen Laptop yang mengalami peningkatan permintaan untuk laptop dengan spesifikasi yang mendukung aktivitas tersebut.

Konten creator tidak melulu soal video, namun juga bisa saja tentang bidang kreasi audio, efek animasi, desain grafis, dan beberapa lainnya. Nah, lantas untuk bisa mendukung aktivitas tersebut dengan lancar, laptop dengan spesifikasi seperti apa sih yang dibutuhkan para content creator?

Sebelum kamu membeli laptop, ada baiknya untuk memastikan beberapa hal di bawah ini agar tidak ada penyesalan kedepannya.

1. Kenali Diri Kamu

Poin pertama ini merupakan tahapan yang paling penting dalam mendapatkan spesifikasi yang kamu butuhkan, juga menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Maksud dari mengenali diri sendiri, yaitu kamu harus tau apakah kamu tipe content creator yang senang bekerja mobile atau berpindah-pindah tempat, atau cukup berdiam diri di satu tempat saja.

Jika kamu merupakan tipe yang bekerja hanya disatu tempat dan tidak memiliki pekerjaan mobile, ada baiknya kamu memikirkan untuk membeli PC Desktop dibandingkan dengan membeli laptop. Hal ini dikarenakan kamu akan mendapatkan spesifikasi yang berbeda jika membeli PC Desktop atau Laptop.

Umumnya dengan budget yang sama, kamu akan mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi jika membeli PC Desktop. Akan tetapi, jika kamu merupakan tipe pekerja mobile, tentu saja Laptop akan jauh lebih mudah dalam mendukung aktivitas kamu. Jadi, coba pastikan dulu ya tentang kebutuhan pekerjaan kamu seperti apa.

2. Teknologi Processor dan RAM

Dua komponen paling krusial pada pemilihan Laptop, yaitu kamu harus mencari tahu terkait teknologi processor dan RAM yang digunakan pada laptop. Dua komponen dasar ini merupakan otak dan tangan yang akan bekerja menjalankan seluruh aplikasi yang kamu butuhkan, sehingga harus benar-benar diperhatikan agar kedepannya tidak menghambat pekerjaan kamu.

Saat ini, dua produsen otak komputer, yaitu Intel dan AMD telah berlomba-lomba dalam berinovasi menciptakan teknologi CPU yang semakin apik. Kamu bisa memilih laptop dengan CPU dan RAM yang didukung teknologi baru tentunya akan semakin baik.

Selain itu, kamu juga dapat melihat kemampuan dari CPU pada jumlah Core yang dimilikinya, juga thread yang didukung. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan RAM yang digunakan agar dapat lebih optimal. Terakhir untuk poin ini, jangan pernah menilai CPU hanya berdasarkan label seperti Core i3, Core, i5, atau sejenisnya. Karena yang lebih penting adalah untuk melihat jenis teknologi yang digunakan. Bisa saja processornya bergelar i7, namun ternyata merupakan generasi ke-3 yang sudah tertinggal jauh.

3. Media Penyimpanan

Sebagai content creator, tentu saja akan berkaitan dengan produksi file-file berukuran besar, seperti menghasilkan video dengan aplikasi edit video pc, info grafis, dan beberapa lainnya akan membutuhkan penyimpanan yang besar, juga butuh pemrosesan dan yang lebih cepat.

Nah, untuk itu penting agar kamu memilih laptop dengan penyimpanan berjenis Solid Drive atau SSD. Dengan menggunakan SSD, kamu akan mendapatkan proses booting, juga startup aplikasi yang jauh lebih cepat. Namun, kekurangan dari SSD adalah harganya yang masih relative mahal, sehingga kamu perlu merogoh kocek lebih.

SSD nantinya akan digunakan untuk pemrosesan data saja, sementara pada umumnya kamu akan tetap menggunakan hardisk jenis konvensional untuk media penyimpanannya. Sebaiknya kamu menyiapkan spare penyimpanan yang lebih besar, agar file hasil kerja kamu, seperti video yang umumnya memiliki ukuran besar, tidak membutuhkan cara kompres video agar ukuran menjadi lebih kecil, juga menurunkan kualitas video.

Di atas merupakan tiga poin penting sebelum kamu membeli sebuah laptop. Jadi, sebelum membeli pastikan kamu telah yakin dengan tiga poin di atas, ya! Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media kamu. Cheers!

BACA JUGA  Cara Unik untuk Memasarkan Dengan SEO