Dari Kacau Ke Mewah, 6 Cara Merapikan Rumah Simple Dan Efektif

Ngerubah rumah kacau jadi mewah itu gak sulit kok, kamu cuma butuh yang namanya waktu dan ketelitian.Kenapa butuh waktu dan ketelitian? Karena banyak orang yang jarang memiliki waktu untuk membersihkan rumah, entah itu disebabkan karena rasa malas atau karena lelah setelah beraktivitas.

Jikapun ada waktu, pasti hanya weekend dan biasanya pembersihannya tidak optimal dan masih terdapat berbagai macam hal yang masih belum rapi.Hal itu dikarenakan banyak orang yang saat weekend lebih memanfaatkan waktu untuk bersantai tanpa memikirkan beban, bahkan beban seperti membersihkan rumah.

Tapi, mari saya beritahu cara merapikan rumah yang simple dan efektif untuk Anda.Luangkan sekali-kali waktu untuk pengoptimalan rumah kamu.

6 Cara Merapikan Rumah Simple Dan Efektif

  • Teliti Barang Apa Yang Tidak Berguna
rapikan barang

Pemicu rumah kacau pasti karena keberadaan benda-benda yang kurang berguna tercampur aduk bersama barang yang masih digunakan.Jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meneliti keseluruh ruangan yang ada di rumah kamu dan memilah-milah mana barang yang sudah tidak terlalu digunkan.

Setelah berhasil dipilah kamu bisa membuang barang itu atau mendonasikannya.Jangan menyesal dengan apa yang kamu lakukan karena itu juga demi kebaikan rumah kamu juga.

Dengan meminimalisir barang kamu tidak perlu kerja ekstra lagi untuk membersihkan rumah.

  • Jangan Buat Rumah Terlalu Sempit
mengatur barang

Langkah kedua adalah dengan mengatur penepatan benda-benda yang ada dalam ruangan kamu.Kamu pasti memiliki berbagai macam benda-benda dalam satu ruangan, contohnya meja, sofa, almari, dan lain-lain.

BACA JUGA  Desain Rumah Minimalis Untuk Keluarga Baru

Penempatan benda yang tidak benar akan membuat rumah kamu menjadi terlihat sempit dan itu akan sangat tidak nyaman saat mau melakukan pembersihan.

Atur ulang kembali ya penempatan benda-benda mu, ruangan yang terasa luas akan memberikan kesan mewah lho.

  • Manfaatkan Setiap Celah Pada Ruangan
rak buku

Pengaturan posisi benda sudah, sekarang pasti kamu sudah memiliki banyak space yang kosong.Agar tidak terlalu kosong manfaatkan celah itu untuk menempatkan barang-barangmu nanti.

Contohnya, memanfaatkan dinding dengan memberikan rak yang unik agar bisa kamu gunakan untuk menaruh berbagai macam properti kecil yang kamu miliki, misalnya buku atau hiasan kecil.

Untuk penempatan buku, pastikan dalam posisi vertikal ya karena buku yang bertumpuk justru akan menambah kesan terlalu penuh dan bisa membuat buku cepat rusak.

  • Sediakan Gantungan Dan Furniture
gantungan

Jika kamu punya benda-benda yang bisa digantung maka gantung saja di dinding, tapi jangan semuanya digantung.Gantung saja benda-benda yang simple seperti tas slempang atau topi, karena terlalu banyak benda yang digantung bisa membuat dinding tidak terlihat indah.

BACA JUGA  10 Tips Sebelum Membuat Proposal Skripsi, Mahasiswa Wajib Masuk!

Untuk penempatan benda lainnya kamu bisa memilih furniture yang memiliki space besar untuk menampung benda-benda kamu, contohnya kamu bisa memilih furniture berlaci.

Furniture seperti itu tidak akan mengganggu keindahan ruangan kamu.Jika kamu ingin ada kesan mewah yang terpampang di furniture kamu maka kamu bisa memilih deluxe furniture yang sesuai dengan desain ruangan kamu.

Yang terpenting manfaatnya ya.

  • Atur Setiap Penempatan Barang Sesuai Kategori
kategori

Pakaian, buku, atau benda lainya pasti memiliki kategori.Jika kamu sudah mempunyai tempat-tempat untuk menyimpan barang-barang kamu, sekarang saatnya menempatkannya sesuai dengan kategorinya.

Penempatan yang sesuai kategori akan membantu kamu untuk mencari barang itu nanti.Dengan seperti ini kamu akan terhindar dari kegiatan mengobrak-abrik lemari hanya ingin mencari sebuah barang.

  • Jadikan Berbenah Sebagai Rutinitas
jadikan rutinitas

Langkah terakhir yang akan membuat kerapian rumah kamu tetap terpelihara adalah dengan melakukan berbenah sebagai rutinitas.

Misalnya saja saat kamu pulang kerja maka baju kotor kamu bisa langsung ditaruh di keranjang kotor jangan main asal letak saja.Dan juga apabila setelah makan kamu bisa langsung mencuci peralatan yang kamu pakai untuk lebih bisa meminimalkan cucian kotor di dapur.

Intinya jangan malas untuk menerapkan kebersihan dalam rumah, karena efeknya juga kamu yang akan mendapatkannya.

Baiklah semoga bermanfaat.