Fakta menarik seputar australia

Australia, yang memiliki nama resmi Persemakmuran Australia, adalah sebuah negara berdaulat yang terdiri dari benua Australia, Pulau Tasmania, dan sejumlah pulau-pulau kecil lainnya.

Negara ini memiliki luas wilayah 7.741.220 kilometer persegi dengan Canberra adalah ibu kota dan kota terbesar.

Bahasa nasional Australia adalah bahasa Inggris, dengan Dollar Australia (AUD) adalah mata uang resmi.

Menariknya, Australia adalah negara sekali benua. Negara ini tidak berbatasan langsung dengan negara lain. Dilansir dari https://innat17.com , berikut 15 fakta negara australia :

Fakta tentang Australia

1. Nama Australia berasal dari bahasa Latin, ‘Terra Australia Incognito’, yang berarti Tanah Selatan yang Tidak Diketahui.

2. Negara ini menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional parlementer federal.

3. Daerah daratan Australia 32 kali lebih besar dari Inggris, hampir dua kali lipat Eropa, dan hampir sama dengan Amerika Serikat.

4. Australia memiliki kepadatan populasi terendah di dunia, hanya sekitar dua orang per kilometer persegi.

5. Australia adalah satu-satunya negara benua di dunia. Australia adalah benua terkecil yang dihuni dan benua terkering di dunia.

6. Hari Australia adalah hari nasional yang diperingati setiap tanggal 26 Januari untuk merayakan keragaman dan toleransi di Australia.

7. ‘God Save The King/Queen’ adalah lagu kebangsaan Australia hingga tahun 1984. Lagu kebangsaan saat ini adalah ‘Advance Australia Fare.’

8. Australia terdiri dari enam negara bagian dan dua wilayah. Australia memiliki tiga zona waktu yang berbeda: Australian Eastern Standard, Australian Central Standard, dan Australian Western Standard.

9. Tinggal di pantai adalah yang paling diinginkan orang Australia. Sekitar 75% orang Australia tinggal di dekat pantai.

10. Polisi pertama di Australia semua terdiri dari mantan penjahat. Mereka adalah delapan terpidana yang berperilaku baik, dibentuk pada tahun 1789 oleh Gubernur Arthur Philip.

11. Kanguru adalah hewan nasional Australia dan hanya ditemukan di negara ini. Terdapat 34.303.677 kanguru di Australia pada tahun 2011. Populasi kanguru di negara ini lebih banyak daripada jumlah manusia.

12. Panjang bayi kanguru pada saat lahir adalah antara 1 hingga 2 sentimeter.

13. Pagar terpanjang di dunia terdapat di Australia dengan panjang 5.530 kilometer dan disebut ‘pagar dingo’. Pagar awalnya digunakan untuk menjaga agar dingo tidak masuk area peternakan.

14. Australia adalah satu-satunya negara di dunia di mana terdapat lebih banyak spesies ular berbisa daripada ular tidak berbisa. Inland Taipan adalah ular paling berbisa, dan dengan satu gigitannya bisa membunuh setidaknya 100 pria dewasa.

15. Platipus dan echidna adalah satu-satunya mamalia di dunia yang bertelur. Keduanya hanya ditemukan di Australia.

BACA JUGA  Review Lenovo S5; Smartphone Gaming dengan Harga Murah !!!