Fotosintesis: definisi, fungsi, reaksi terhadap cahaya, reaksi dalam gelap

Fotosintesis: definisi, fungsi, reaksi terhadap cahaya, reaksi dalam gelap

Fotosintesis – Tidak banyak dari kita yang tahu apa itu fotosintesis. Sebelum memasukkan ekosistems.co.id dalam diskusi dasar, kami menjelaskan bahwa materi yang dibahas adalah untuk memahami fotosintesis, fotosensitifitas fotosintesis, dan reaksi fotosintesis gelap. jangan menggunakannya untuk waktu yang lama, ayolah:

Baca juga artikel sumber : https://ekosistem.co.id

A. Definisi fotosintesis

fotosintesis adalah proses menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk sinar matahari dan bahan pendukung seperti CO2, air dan nutrisi yang berguna untuk kelangsungan hidup tanaman. Perhatikan bahwa proses fotosintesis ini hanya dapat dilakukan oleh tanaman yang mengandung klorofil, tanpa kehadiran klorofil tanaman tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri

B. Fungsi fotosintesis

Tujuan dan kegiatan tanaman yang melakukan proses fotosintesis meliputi:

  1. Menghasilkan glukosa

Persiapan makanan dalam bentuk glukosa, dimana glukosa kemudian digunakan sebagai bahan bakar dasar untuk diproses menjadi makanan lain seperti protein nabati dan lemak. Zat-zat yang diubah ini juga menghasilkan manfaat untuk konsumsi manusia atau hewan.

  1. Menghasilkan O2 dan mengurangi karbon dioksida
BACA JUGA  Materi Yang Keluar Pada IELTS Test

Ini dapat membantu mengurangi kadar karbon dioksida di lingkungan sekitarnya. Dan seperti yang sudah kita ketahui, hasil fotosintesis adalah oksigen. Oksigen adalah kebutuhan manusia yang besar, tanpa oksigen atau udara bersih orang tidak akan bertahan hidup.

  1. Produksi batubara

Ini dapat mengubah sisa-sisa tanaman yang terkubur di tanah selama bertahun-tahun dalam batubara. Ini sangat penting dalam kehidupan saat ini, karena batubara memiliki banyak fungsi dan manfaat. Karena itu, kita harus berusaha melestarikan tanaman yang ada di lingkungan sekitar kita.

C. Jenis reaksi fotosintesis

Sebagian besar proses fotosintesis dalam kloroplas membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan glukosa. Tetapi ada proses fotosintesis lain yang tidak menggunakan cahaya.

Jadi reaksi fotosintesis yang sama dibagi menjadi reaksi yang jelas dan gelap. Untuk informasi lebih lanjut tentang reaksi ringan dan reaksi gelap, lihat gambar di atas, yang merupakan gambaran dari proses reaksi ringan diikuti oleh reaksi gelap.

  1. Reaksi terhadap cahaya
BACA JUGA  Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Contoh Kalimat Kompleks

Reaksi cahaya adalah reaksi fotosintesis yang membutuhkan bantuan sinar matahari, biasanya reaksi ini terjadi di ruang terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Reaksi yang jelas terjadi pada membran tilakoid yang ditemukan dalam keadaan kloroplas. Dalam reaksi ini, klorofil bertindak sebagai penyerap sinar matahari yang digunakan untuk mengubah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen dalam bentuk ATP. Reaksi ringan ini bisa disebut photol. Dalam reaksi ini, cahaya matahari.

  1. Reaksi gelap

Dalam kegelapan ini, reaksi tidak tergantung pada sinar matahari, tetapi reaksi tidak jelas ini tidak terjadi kecuali tanaman pertama kali melakukan reaksi yang jelas. Jika reaksi ringan terjadi di membran tylosoid, reaksi gelap terjadi di stroma kloropastik. Proses reaksi dalam gelap sangat kompleks, seperti reaksi ringan, dan tujuan utama reaksi ini dalam gelap adalah mengubah karbon dioksida yang akan dihasilkan menjadi glukosa.