Kawasan Wisata yang Terkenal yang ada di Jogja

Yogyakarta saat ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Terdapat banyak objek wisata yang ada di kawasan ini yang wajib untuk dikunjungi. Di Jogja terdapat beberapa kawasan objek wisata yang mana beberapa objek wisata lokasinya berdekatan. Hal tersebut tentu mempermudah wisatawan saat berwisata di suatu kawasan di Jogja. Wisatawan tidak perlu repot pergi jauh-jauh dari satu objek wisata ke objek wisata yang lain yang tentunya membuang banyak waktu dan juga biaya. Apa sahja kawasan objek wisata yang ada di Jogja? Berikut penjelasan singkatnya dari kami:

1. Kawasan Wisata Prambanan

Lokasi objek wisata yang pertama adalah Kawasan Prambanan yang merupakan kawasan yang kaya akan objek wisata. Di kawasan ini terdapat objek-objek wisata yang terkenal dan populer seperti Komplek Candi Prambanan. Di komplek ini terdapat beberapa buah candi seperti Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Bubrah, dan candi-candi lainnya. Tidak jauh dari Candi Prambanan, sekitar 3 kilometer arah timur, terdapat pula sebuah istana kuno yaitu Istana Ratu Boko yang merupakan objek wisata yang populer selain Prambanan. Tidak hanya itu terdapat pula objek wsisata alam seperti Tebing Breksi yang digemari oleh masyarakat dan juga wisatawan.

2. Kawasan Wisata Mangunan

Tempat ini selanjutnya adalah di daerah Mangunan, Bantul. Kawasan ini terkenal dengan objek-objek wisata alamnya yang indah dan mempesona. Semenjak dibuka sebagai kawasan wisata, daerah ini memiliki berbagai macam pilihan objek wisata seperti Puncak Mangunan yang merupakan pioner dari objek wisata di kawasan ini. Kemudian hadir objek-objek wisata lainnya yaitu Hutan Pinus Mangunan yang menwarkan susana hutan pinus yang dingin dan tenang. Ada pula objek wisata yang terkenal sebagai tempat selfie terbaik yaitu Jurang Tembelan yang terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Kawasan Wisata Cangkringan

Selanjutnya ada kawasan wisata Cangkringan yang terkenal dengan wisata alam dan petualangan. Objek wisata yang terkenal adalah Lava Tour Merapi yang mana wisatawan akan diajak naik jeep yang kemudian akan menyusuri tempat-teempat yang dulunya merupakan desa-desa yang telah terkubur oleh material erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Objek wisata yang biasa dikunjungi adalah Museum Sisa Hartaku yang memperlihatkan sisa barang yang hancur karena erupsi, Batu Alien tempat batu unik yang menyerupai wajah manusia dan Bunker Kaliadem tempat perlindungan yang telah hancur.  

Demikian penjelasan mengenai kawasan wisata yang terdapat di Jogja. Masih ada lagi kawasan-kawasan wisata lainnya yang kami bahas di artikel selanjutnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menambah informasi mengenai objek paket tour Jogja.

BACA JUGA  3 Pantai di Saptosari, Gunung Kidul yang Mempesona