Cara Membuat Kertas Vintage Menggunakan Teh Celup

Pernahkah kalian membuat kertas vintage menggunakan teh celup ? Mungkin, beberapa orang menyukai hal-hal yang berbau vintage. Beberapa orang menyukai warna kertas bekas yang terlihat usang dan lama. Biasanya orang sering menyebut kertas vintage.

Jenis kertas vintage ini memang terlihat istimewa karena bisa memberikan kesan jadul namun tetap elegan untuk segala hal, bahkan bisa dijadikan properti foto.

Biasanya kertas vintage ini digunakan untuk menulis surat sahabat pena, untuk hiasan, atau sekedar menulis kartu ucapan untuk kado.

Penasaran bukan cara membuat kertas vintage yang mudah dan sederhana? Yuk simak berikut ini caranya !

Tips & Cara Membuat Kertas Vintage Dengan Teh Celup

kertas vintage

Bahan dan Alat yang digunakan untuk membuat kertas vintage adalah sebagai berikut :

  • Kertas Bekas
  • Teh celup (bisa diganti dengan kopi, tapi ampasnya terpisah)
  • Air
  • Baki
  • Pengering/sinar matahari

Baca Juga : Cara Membuat Bubur Kertas Menjadi Kertas Baru

Berikut ini langkah-langkah membuat kertas vintage :

1. Siapkan Kertas

Pertama, siapkan kertas yang ingin dibuat bergaya vintage. Disini saya menggunakan kertas bekas, baik kertas SMA maupun kertas bekas kuliah, dan kertas baru dari buku bekas.

Daripada dibuang begitu saja, alangkah baiknya kita menggunakan kertas bekas untuk membuatnya. Selain itu kita sekaligus dapat membantu menghemat penggunaan sampah kertas.

BACA JUGA  Tips Agar Terhindar dari Utang

2. Seduh Teh Celup

Sebelum membuatnya, seduh teh celup menggunakan air yang mendidih. Tidak harus air panas ,yang penting kita bisa mendapatkan warna tehnya.

Nah, warna ini tergantung selera. Semakin merah warnanya, semakin coklat kertasnya. Saran saya, tehnya jangan terlalu banyak memudar, nanti tidak akan memberi warna sama sekali.

3. Letakkan Kertas di Baki

Kertas-kertas yang akan di proses menjadi kertas vintage diletakkan di atas nampan. Kalau kertasnya terlalu besar bisa sobek dan dibelah menjadi 2 bagian atau sesuai selera.

4. Basahi Kertas dengan Teh

Sebenarnya bisa direndam, tapi butuh banyak air, lalu ditiriskan. Namun, disini kita akan membasahi setiap kertas, satu per satu, dengan mencoba mengecap kertas dengan teh celup dan air teh. Proses ini dapat dilakukan per kertas.

Tidak ditumpuk dan dibasahi secara bersamaan. Letakkan kertas terlebih dahulu, lalu basahi. Kemudian letakkan kertas kedua, dibasahi, dan seterusnya.

5. Proses Pengeringan

Taruh kertas dimana saja, ditempat yang terkena angin atau udara. Mungkin lebih cepat kering di bawah sinar matahari. Namun, jika dibawah sinar matahari, sesekali untuk dicek karena untuk menghindari hujan.

BACA JUGA  Alis mu Tipis ? Tebalkan Dengan Bahan ini

Tips!

  • Jika menggunakan teh, warnanya tidak boleh terlalu pudar. Maka hasilnya tidak ada warna sama sekali.
  • Teh celup Bisa diganti dengan kopi, tapi ampasnya dipisahkan agar saat kering kertasnya tidak kotor.
  • Dapat dikeringkan dalam oven atau hair dryer (pengering rambut).
  • Jika ingin custom, Anda juga dapat mencetak teks yang diinginkan pada kertas baru, seperti not musik atau fragmen paragraf bahasa asing/Indonesia.
  • Untuk memberi kesan kusut, kertas diremas terlebih dahulu, kemudian dibuka kembali, dan diletakkan di atas nampan, lalu diberi teh.
  • Untuk pengeringan manual (udara/matahari), Anda dapat menumpuk 3-4 kertas. Selain itu, kertas akan mengering lebih lama. Ini akan mempengaruhi bau kertas juga (agak apek karena terlalu lama lembab).

Demikianlah cara membuat kertas vintage menggunakan teh celup. Sangat mudah dan sederhana bukan? Jangan lupa mempraktekkan dirumah masing-masing ya. Semoga berhasil, See you ^^