Macam-Macam Kerusakan AC Rumah yang Perlu Diketahui

AC merupakan salah satu barang elektronik yang ada di rumah dan keberadaannya sangat penting jadi perhatian seluruh penghuni rumah. Bagaimana tidak, jika AC rumah rusak tentu ruangan akan menjadi panas dan membuat anda tidak betah tinggal di dalamnya. Kerusakan AC rumah ini terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat yang mengharuskan AC diganti.

baca juga service ac pekanbaru

Macam-macam Kerusakan AC Rumah

AC atau air conditioner merupakan salah satu perangkat yang sangat vital keberadaannya dalam setiap rumah. Tak hanya untuk menjaga kenyamanan berupa udara yang jauh lebih sejuk, akan tetapi fungsi AC juga berupa menjaga udara dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Maka dari itu, kondisi AC juga harus selalu diperhatikan agar tidak mengalami kerusakan.

BACA JUGA  Cleaning Service Bekasi Terbaik Untuk Membersihkan Kantor Dan Rumah

Kerusakan pada AC rumah ini tentu akan mengganggu kenyamanan anda karena udara dalam rumah akan berubah menjadi pengap dan juga panas. Beberapa kerusakan pada AC tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Filter Kotor

AC yang tidak terasa dingin biasanya diakibatkan karena filter atau saringan dari AC yang kotor. Filter yang kotor ini tentu akan membatasi aliran udara yang masuk ke dalam unit AC sehingga akan menurunkan kemampuan mendinginkan udara. Jika telah lama tidak membersihkan filter AC, akan jauh lebih baik jika anda melakukannya dengan segera. Lakukan pembersihan pada filter AC selama paling tidak satu bulan sekali.

baca juga : jasa bersih rumah di pekanbaru

AC Bocor

Perawatan yang tidak baik dapat menyebabkan AC anda mengalami kebocoran. Tanda AC bocor ini biasanya terdapat pada air yang menetes dari AC. AC yang bocor ini akan menghambat aliran air menjadi tidak lancar. Ketika AC sampai ke bak penampungan karena tidak lancarnya saluran pembuangan ini, menjadikan air menumpuk kemudian menetes ke luar.

BACA JUGA  Tips Membersihkan Kipas Angin dengan Langkah Mudahnya

AC Berisik

Macam kerusakan AC rumah selanjutnya adalah munculnya suara berisik dari AC. Seharusnya dalam keadaan yang baik, AC tidak akan mengeluarkan suara yang berisik. Suara berisik pada AC ini umumnya ditimbulkan akibat beberapa hal, mulai dari terdapat sekrup atau baut yang kendur hingga masalah dari kompresor.