Manfaat Santan Kelapa Untuk Tubuh

Santan adalah zat putih yang diekstraksi dari daging buah kelapa coklat matang. Santan telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai bahan dalam makanan penutup, sup, dan hidangan lainnya. Ini adalah salah satu bahan populer yang sering digunakan dalam masakan India, Thailand, Hawaii, dan Amerika Selatan, termasuk juga masakan Indonesia.

Proses ekstraksi dalam pembuatan santan dilakukan dengan memarut bagian daging buah dan merendamnya dalam air panas. Krim yang terbentuk di permukaan cairan dikumpulkan untuk dijadikan krim kelapa, sedangkan sisa cairannya kemudian diayak dan dipisahkan dari ampasnya untuk mendapatkan santan.

taboola mid article

Untuk kandungan nutrisinya, santan merupakan bahan makanan yang memiliki kalori tinggi. Selain itu, santan juga mengandung vitamin, mineral, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium dan sebagainya. Beberapa ahli juga meyakini bahwa santan memiliki kandungan protein unik yang baik untuk kesehatan.

Meski terkadang dianggap sebagai bahan yang dapat menyebabkan penyakit tertentu, namun santan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat santan kelapa untuk mendukung kesehatan tubuh Anda,

Manfaat Santan Kelapa

manfaat santan kelapa

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat santan kelapa yang pertama dapat membantu menurunkan berat badan. Santan kaya akan trigliserida rantai pendek dan menengah yang dianggap sebagai lemak sehat.

Santan akan meningkatkan rasa kenyang yang menyebabkan Anda makan lebih sedikit dan menghindari rasa lapar. Selain itu, santan juga cenderung diubah menjadi energi dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang. Ini secara istimewa disimpan di dalam tubuh yang berkontribusi terhadap obesitas.

BACA JUGA  Real-World Solutions Of Lovely Bride - The Inside Track

Mengandung Antioksidan

Manfaat santan kelapa yang kedua sebagai sumber antioksidan. Santan kaya akan vitamin C dan E yang terkenal dengan sifat antioksidannya. Radikal oksigen bebas dibentuk oleh jaringan tubuh kita selama proses metabolisme.

Ini merupakan ancaman berbahaya bagi komponen seluler dan berkontribusi terhadap penuaan dan pertumbuhan tumor. Antioksidan yang terkandung dalam santan membantu menetralkan zat berbahaya tersebut.

Menyeimbangkan Elektrolit

Manfaat santan kelapa yang ketiga untuk menyeimbangkan elektrolit. Santan kaya akan elektrolit seperti kalium, magnesium, dan fosfor. Kalium penting untuk menjaga ritme jantung normal. Kandungan ini juga penting untuk fungsi otot yang sehat.

Sedangkan magnesium diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat serta pemeliharaan fungsi saraf dan otot yang normal. Fosfor adalah komponen struktural penting dari tulang dan gigi. Dengan menambahkan santan ke dalam masakan, Anda sudah memastikan bahwa tubuh memiliki pasokan fosfor yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat santan kelapa yang keempat untuk membantu mencegah penyakit jantung. Santan diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa santan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah rendah.

Kolesterol HDL memiliki sifat anti inflamasi yang melindungi endotel atau lapisan pembuluh darah. Di sisi lain, kolesterol LDL mendorong pembentukan plak di pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan patologis. Ketika pembuluh darah yang memasok otot jantung menyempit, dapat menyebabkan serangan jantung.

BACA JUGA  Apa Fungsi Container PORTACAMP ?

Memperkuat Sistem Kekebalan

Manfaat santan kelapa yang kelima adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Santan mengandung asam laurat yang dikenal dengan sifat antiseptiknya. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Filipina menunjukkan bahwa anak-anak dengan pneumonia merespons lebih cepat terhadap pengobatan dengan antibiotik dan santan dibandingkan dengan mereka yang hanya diobati dengan antibiotik.

Mencegah Anemia

Santan memiliki jumlah zat besi yang signifikan. Zat besi merupakan mineral penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat dengan kadar hemoglobin normal. Memasukkan santan ke dalam makanan akan membantu Anda menghindari anemia yang sering kali diakibatkan oleh asupan zat besi yang tidak memadai.

Baik untuk Rambut dan Kulit

Kandungan lemak yang tinggi pada santan berfungsi sebagai penyegel untuk retensi kelembapan. Saat dioleskan ke kulit kepala, santan membantu mengurangi ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala. Ini karena santan mengandung asam laurat yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Sedangkan jika dioleskan pada kulit, akan membantu memelihara elastisitas kulit. Ini secara efektif mengurangi pembentukan kerutan sehingga Anda terlihat lebih muda. Sifat antibakterinya dikatakan berkontribusi terhadap pencegahan jerawat.

Baca juga: Mesin Peras Santan