Cara Membuat Manisan Mangga Kering Thailand Lezat dan Mudah

Tahukah kamu ternyata mangga thailand bisa dijadikan manisan kering yang sangat lezat dan segar. Cara membuat manisan mangga kering thailand cukup mudah dan sederhana. Kalian dapat menyimak resep spesial dibawah ini ya!

Negara Thalilan Menjadi negara yang memiliki kemajuan dalam hal pertanian, melimpah dengan buah-buahan yang segar dan dengan rasa manis. Meski mirip buah-buahan di Indonesia, namun tetap ada perbedaan keduanya.

Buah yang melimpah di Thailand juga menjadikan Thailand sebagai negara dengan ragam olahan buahnya. Manisan kering dan manisan basah adalah salah satu contoh buah olahan paling terkenal di Thailand.
Manisan di Thailand tidak hanya berbentuk kering tapi juga berbentuk seperti dodol atau di Indonesia sering disebut manisan basah.

Rasa buahnya yang lebih terasa adalah keunggulan manisan Thailand ini. Misalnya manisan basah durian yang dijual di pusat oleh-oleh memiliki rasa yang manis dan lengket. Manisan buah sering dijadikan oleh-oleh khas Thailand.

Sangat mudah untuk mendapatkan oleh-oleh ini. Kunjungi Chatucak Weekend Market atau Platinum Fashion Mall untuk mendapatkan manisan buah. Untuk harganya hanya 45 sampai 100 Bath atau sekitar Rp. 17.000 sampai Rp. 40.000, Anda sudah bisa mendapatkan olahan buah Thailand

Nah kali ini akan membagikan resep rahasia cara membuat manisan mangga kering thailand yang segar dan lezat, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini yaa.. selamat mencoba.

Yuk Ikuti, Cara Membuat Manisan Mangga Kering Thailand

cara membuat manisan mangga kering thailand

Baca Juga : 7 Resep Cara Membuat Manisan Buah Kering (TERLENGKAP)

BACA JUGA  Berita Bola Bahasa Inggris Dari Club Sepak Bola Inggris

Tidak bisa pergi ke Thailand tapi ingin menikmati manisan mangga kering Thailand? Tak perlu khawatir karena cara membuat manisan mangga kering thailand seperti orang Thailand ini sangat mudah.

Ada dua pilihan untuk mengolah buahnya, yaitu disajikan sebagai manisan basah atau manisan kering. Manisan kering biasanya lebih tahan lama dibandingkan manisan basah. Ini karena kadar air pada manisan kering lebih rendah dibandingkan dengan kaldu manis.

Mangga yang enak untuk manisan adalah mangga mentah atau setengah matang. Rasanya yang segar sangat nikmat jika diolah menjadi manisan basah atau kering. Simak resep di bawah ini untuk membuat sendiri manisan mangga kering thailand

Bahan yang digunakan untuk membuat manisan mangga kering thailand :
  • 1 kg mangga muda yang dipotong tipis atau sesuai selera
  • 350 gr gula pasir
  • 150 ml air masak
  • Kapur sirih secukupnya
  • Cabai rawit
  • Asam sitrat dan sodium benzoate secukupnya
  • 1 sdm garam

Tips pertama adalah mengenali ciri-ciri buah yang akan diolah. Karakter yang berbeda dari setiap buah juga menuntut pengolahan yang berbeda pula. Misalnya, buah yang agak asam perlu direndam dengan kapur sirih untuk menetralkan keasamannya.

Cara pembuatannya :
  1. Kupas seluruh kulit mangga dengan pisau. Potong buah mangga tipis-tipis memanjang seragam dengan ketebalan 3 mm. Sisihkan biji dan kulit buah mangga.
  2. Cuci potongan mangga sampai bersih di bawah air mengalir.
  3. Setelah bersih, rendam potongan mangga menggunakan larutan garam dengan 1 liter udara dan 5gr garam.
  4. Tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu angkat dan satu anak kembali kemudian dikosongkan.
  5. Rendam irisan mangga dalam larutan gula sedikit demi sedikit.
  6. Tahap pertama direndam dalam larutan gula pasir (400 gram gula pasir dalam 1 liter udara) selama 1 malam. Lalu tiriskan.
  7. larutan gula yang tersisa ditambahkan 200 gram gula pasir dan dipanaskan pada suhu 70-80oC, selama 10 menit.
  8. Setelah itu larutan gula tersebut didinginkan dan irisan daging direndam di dalamnya. Dan menunggu 1 malam.
  9. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan mangga yang sudah direndam lalu tersusun rapi dalam loyang aluminium.
  10. Setelah itu, tahap pengeringan, masukkan manisan mangga ke dalam oven pengering dengan suhu 60 -70oC selama 12 jam.
  11. Tambahkan / taburkan 250 gram gula pasir pada irisan mangga sambil diaduk rata.
  12. Selesai. Anda bisa menaruhnya di wadan dan manisan mangga kering siap disantap.
BACA JUGA  Bunga Papan Harga Murah di Surabaya

Itulah resep cara membuat manisan mangga kering thailand. Mudah dan sederhana bukan?, untuk rasanya dijamin sangat segar dan lezat. Informasi dan tips tips lainnya dapat anda kunjungi di web climchalp ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.