Yuk Simak, Cara Membuat Patung dari Bubur Kertas !

Cara membuat patung dari bubur kertas sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun untuk mengubahnya menjadi sebuah patung, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Membuat patung dari bubur kertas akan memberi Anda berbagai manfaat.

Salah satu manfaat yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan dan kreativitas Anda dalam menciptakan karya seni. Ketika kreativitas terus diasah, secara otomatis akan membuat Anda memiliki kemampuan untuk melakukan problem solving atau pemecahan masalah.

Kreativitas yang meningkat juga akan membuat seseorang mampu berpikir out of the box sehingga akan sangat berguna saat berada di panggung dengan tanggung jawab besar nantinya.

Oleh karena itu, ada himbauan kepada orang tua agar tidak melarang anaknya, tetapi sebaliknya. Dukung, berikan arahan yang baik kepada anak-anaknya. Untuk mengasah keterampilan dan kreativitas, berikut penjelasan mengenai cara membuat patung dari bubur kertas !

Bahan yang harus Disiapkan

Sebelum mengubah bubur kertas menjadi patung, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Bahan-bahannya juga sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam dan siapkan beberapa bahan seperti berikut :

  • Kertas koran atau kertas biasa
  • Pati
  • Kawat kasa
  • Tang
  • Gunting
  • Air
  • Baskom
  • Cat semprot
  • Karton atau dasar kayu lapis

Cara Membuat Patung Dari Bubur Kertas (Tahap Awal)

patung dari bubur kertas

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan secara lengkap sesuai dengan informasi sebelumnya, kini Anda dapat melanjutkan ke tahap awal pembuatan bubur kertas menjadi patung.

Berikut langkah awal yang bisa Anda praktikkan yaitu membuat bubur kertas. Berikut cara membuat bubur kertas:

  1. Siapkan semua alat dan bahan.
  2. Rendam kertas ke dalam air.
  3. Selanjutnya, tunggu hingga kertas menjadi lunak.
  4. Sambil menunggu kertas melunak, Anda bisa membuat bingkai dari wire mesh yang dibentuk sesuai keinginan, seperti bentuk binatang, bangunan, atau bentuk lainnya. Penggunaan kawat kasa memudahkan proses, karena cukup memotong kawat kasa menggunakan gunting dan karakter wire mesh lebih mudah dibentuk.
  5. Kembali ke kertas basah. Jika benar-benar lembut, maka uleni kertas yang sudah direndam sampai menjadi seperti bubur, dan umumnya semakin lama kertas direndam maka teksturnya akan semakin lembut.
BACA JUGA  Seru-seruan dengan Nonton Film Indonesia

Tahap Membuat Lem Perekat

Jika Anda sudah berhasil mempraktekkan cara membuat bubur kertas menjadi patung pada tahap awal, kini Anda juga perlu mengetahui cara membuat lem perekat.

Berikut tahapan pembuatan lem :

  1. Proses selanjutnya, Anda bisa mulai membuat lem dengan menggunakan kanji sebagai bahan dasarnya.
  2. Caranya cukup mudah yaitu Anda bisa merebus tepung kanji dalam air secukupnya. Saat merebus, jangan lupa untuk mengaduk campuran pati secara terus menerus sampai seluruh campuran merata dan mulai memiliki tekstur seperti lem. Proses pengadukan dimaksudkan agar hasil akhir lem dari pati tidak menggumpal.
  3. Setelah lem kanji jadi, lalu campurkan lem kanji dan bubur kertas yang sudah kamu buat tadi. Pastikan kedua bahan tersebut tercampur rata. Karena jika terlalu banyak lem kanji akan membuat patung sulit kering. Dan jika lem yang menggunakan lem kanji terlalu sedikit akan membuat patung mudah retak.

Baca Juga :

Cara Membuat Kertas Vintage Menggunakan Teh Celup

Tahap Pelumuran Kerangka

Kemudian Anda bisa mulai mempraktekkan cara membuat bubur kertas menjadi patung hingga ke tahap pelapisan rangka. Perlu dicatat bahwa metode ini membutuhkan akurasi. Jadi Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Berikut caranya:

  1. Pada tahap ini, Anda bisa mulai mengolesi rangka yang sudah dibuat tadi dengan semua campuran lem kanji dan bubur kertas. Dan pastikan semua frame yang Anda buat tertutup rata.
  2. Jika proses pengolesan semua frame sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses pengeringan adonan ampas dan kanji. Tapi jangan mengeringkannya dengan mengeringkannya. Karena pengeringan akan menyebabkan patung retak.
  3. Jika semua patung sudah kering, maka Anda bisa melanjutkan proses ke bagian pewarnaan. Tapi, jangan lupa untuk memberi alas sebelum mengecat dengan cat semprot.
BACA JUGA  Tips Berpakaian Ketika Memulai Hari Pertama Kerja

Cara Membuat Patung Dari Bubur Kertas Tahap Akhir

Setelah semua tahapan sebelumnya sudah Anda praktekkan, kini Anda telah berhasil memasuki tahap akhir. Tahap terakhir ini meliputi beberapa cara dalam melakukan finishing, salah satunya adalah penyemprotan cat. Inilah cara Anda dapat berlatih:

  1. Untuk memulai proses pewarnaan, Anda bisa mewarnai patung dengan lapisan dasar, yaitu hitam untuk warna yang lebih gelap, atau putih jika warna lapisan berikutnya lebih terang.
  2. Selanjutnya, setelah cat semprot mengering, Anda bisa mulai mengecatnya dengan warna lain sesuai selera Anda.
  3. Sekarang, setelah semua langkah cara membuat patung dari bubur kertas di atas selesai, tunggu sampai cat mengering, dan patung dari bubur kertas Anda siap dipajang di tempat yang telah Anda siapkan.

Nah demikianlah cara membuat patung dari bubur kertas. Sangat mudah dan sederhana bukan? Jangan lupa praktekaan dirumah masing-masing ya. Semoga berhasil, See you ^^