Peluang Usaha Olahan Sabut Kelapa Yang Menjanjikan!

Pohon kelapa sudah lama terkenal karena manfaatnya yang sangat banyak. Mulai dari akar, batang, daun, buah hingga pelepahnya bisa dimanfaatkan. Termasuk sabut kelapa juga sangat bermanfaat dan bisa dijadikan peluang usaha. Lalu apa saja peluang usaha olahan sabut kelapa? Simak terus artikel berikut untuk mendapatkan jawabannya!

Peluang Usaha Olahan Sabut Kelapa

Produk olahan yang berasal dari berbagai bagian pohon kelapa saat ini semakin berkembang. Salah satunya yaitu produk olahan dari limbah sabut kelapa, yang dijadikan jaring sabut kelapa. Yang biasa disebut cocomesh.

Bentuk cocomesh mirip seperti jaring yang memiliki banyak kegunaan. Selain berfungsi untuk memperbaiki area tanah yang kelembabannya telah hilang akibat aktivitas tertentu, cocomesh jaring sabut kelapa juga berfungsi mencegah erosi dan penguatan tanah di lereng bukit.

Jaring sabut kelapa ini tentunya aman karena tidak menimbulkan residu berbahaya. Cocomesh dibuat tali dan membentuk jaring, sehingga memiliki kekuatan lebih untuk menyerap air dan menahan erosi tanah. Sifat-sifat tersebut yang dimanfaatkan untuk mencegah tanah longsor di berbagai area.

Sejatinya, cocomesh juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan penyubur tanah. Sifatnya bekas pakai, mampu terurai di tanah dan menjadi unsur hara yang bisa menyuburkan tanah. Jadi, cocomesh sendiri bisa digunakan sebagai media penghijauan diberbagai area untuk tujuan reklamasi atau perbaikan kegunaan lahan yang terganggu akibat kegiatan usaha. Dengan banyaknya manfaat dari cocomesh, maka tak heran jika jual cocomesh sudah laris dipasaran.

Umumnya, selesai dieksplorasi lahan bekas tambang akan sulit untuk dihijaukan kembali. Hal tersebut terjadi karena, tanahnya sudah memiliki kandungan keasaman yang sangat tinggi. Ini yang akan menyebabkan tumbuhan sulit hidup di atasnya.

Nah, dengan menggunakan cocomesh, kelembaban tanah bekas lokasi tambang bisa kembali seperti sedia kala. Sebab, pemerintah sudah mewajibkan para pemilik Kuasa Pertambangan (KP) mengembalikan kualitas tanah seperti sedia kala ketika belum terjadi kegiatan eksplorasi.

Anda dapat menemukan orang yang jual cocomesh murah dan berkualitas dimana mana termasuk di toko – toko peralatan rumah tangga.

Aneka Olahan dari Bahan Sabut Kelapa

1. Cocopeat sebagai Media Tanam Alternatif

Selama ini bercocok tanam identik dengan tanah. Tetapi sekarang sudah ada penggantinya dan tentunya bisa diandalkan. Ya, alternatifnya yaitu cocofiber (serat sabut kelapa) dan cocopeat (serbuk sabut kelapa). Media tanam organik ini juga memiliki kualitas tidak kalah dengan tanah. Cocopeat adalah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa. Oleh karena itu, cocopeat paling mudah ditemukan di negara-negara tropis dan kepulauan, seperti Indonesia.

Cocopeat memiliki sifat yang mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga mempunyai pori-pori, yang tentunya akan memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari. Kandungan Trichoderma molds-nya, sejenis enzim dari jamur, akan mengurangi penyakit dalam tanah. Dengan demikian, cocopeat bisa menjaga tanah supaya tetap gembur dan subur. Di dalam cocopeat juga terkandung unsur-unsur hara dari alam yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, berupa kalsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na) dan Fospor (P).

BACA JUGA  Cara Membuat Nugget Ikan Nila Yang Sederhana Dan Enak

2. Cocosheet (Lembaran Serat Sabut)

Aplikasi serat sabut kelapa yang dibuat dalam bentuk lembaran atau biasa disebut dengan Cocosheet, menurut penelitian Romi Hidayat, mahasiswa S2 Arsitektur ITB, terbukti mampu mereduksi suara dan menyerap bising terutama pada frekuensi tinggi (2000 hz). Penggunaan cocosheet ini sudah terbukti mampu menyaingi penggunaan glasswool, keunggulan lain dari cocosheet yaitu harganya yang jauh lebih murah. Cocosheet yang direkomendasikan biasanya memiliki ketebalan 70 mm.

Cocosheet adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan cocopot. Cocopot merupakan media tumbuh tanaman yang khusus dipakai oleh pertambangan untuk reklamasi bekas galian tambang. Cocopot (Pot Sabut Kelapa, Media Tumbuh Terbaik di Areal Minus Unsur Hara) merupakan pot dari sabut kelapa sebagai media tumbuh tanaman, sangat cocok untuk tanaman dalam pot, minus unsur hara, bahkan juga rekomendasi untuk reklamasi bekas tambang.

3. Cocopeat (Serbuk Sabut Kelapa)

Selimut kelapa atau kulit kelapa mempunyai berbagai material penting yang berdaya guna tinggi, yaitu serabut kelapa (cocofiber) dan serbuk serabut (cocopeat). Setelah bagian serabutnya sudah dipisahkan, bagian serbuk sabut akan digunakan selama bertahun-tahun sebagai bahan substrat. Cocopeat sendiri dikenal juga dengan nama Cocopith atau Coir pith.

4. Cocomesh (Jaring Sabut Kelapa)

Cocomesh adalah jaring sabut kelapa sebagai media tumbuh tanaman, sangat cocok untuk reklamasi bekas tambang, atau pantai. Penggunaannya dengan cara diletakkan di areal bekas tambang atau pantai dengan cara dipatok sisi-sisinya.

5. Cocofiber Matras Alami untuk Spring Bed

Gabungan serat kelapa atau cocofiber dan latex alami dapat diproduksi menjadi matras yang fleksibel dan lentur. Keduanya tentu ramah lingkungan dan merupakan alternatif yang bagus sebagai pengganti matras sintetis.

Matras serat kelapa memiliki berbagai macam jenis, seperti matras untuk tempat tidur dewasa dan anak-anak, untuk sofa dan berbagai furniture, untuk mobil, pesawat udara, kursi tram, filter bahan isolasi dan kemasan. Penggunaan serat yang ramah lingkungan ini akan terus meningkat seiring kesadaran pemakaiannya. Kelapa dan serat panel lining juga digunakan untuk pembuatan kursi karena kursi ini nyaman ketika digunakan.

6. Tikar Cocomulsa, Coir Mulch Mat, Penghalang Gulma untuk Pohon

Tikar sabut ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 90×90 cm, dengan belahan menuju titik pusat sebagai tempat pohon. Kita bisa memperbesar lubang tengah yang disesuaikan dengan tanaman. Penggunaan tikar sabut ini juga sangat efektif untuk menghalangi gulma yang berlomba tumbuh di sekitar pohon. Gulma yang tumbuh, biasanya akan menghambat pertumbuhan tanaman, karena memakan unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon pada saat pertumbuhan.

BACA JUGA  Kenapa Memilih Souvenir Payung Promosi Sebagai Barang Promosi

Penggunaan cocomulsa ini memberikan keuntungan, seperti dapat menjaga kelembaban tanah, hal ini karena cocomulsa dapat mengurangi penguapan air tanah dan mencegah siput mendekat pohon. Selain itu, cocomulsa bisa bertahan lebih lama, sekitar 3 tahun, maka ini akan menambah nilai ekonomis jika dibandinkan menggunakan mulsa dari plastik yang bertahan hanya 2 kali pakai. Sabut tikar atau cocomulsa ini bisa diperkecil ukurannya dan disesuaikan dengan kebutuhan atau untuk tanaman yang kecil bisa menggunakan coir mulch disk yang berukuran lebih kecil

7. Coir Roll Gulungan Sabut Pencegah Erosi

Produk baru yang diberi nama Coir Roll / CocoRoll / Sabut Gulung berfungsi untuk menumbuhkan vegetasi di lahan marginal di sekitar tepi danau alam, tepi danau dan sungai buatan, saluran sungai dan kanal. Atau bahkan bisa digunakan untuk mencegah erosi pengikisan tepi pantai.

Coir Roll ini sangat ideal untuk menumbukan vegetasi dan pengendalian erosi yang ramah lingkungan, dan hal ini merupakan solusi total yang benar-benar berkelanjutan. Coir Roll sangat hemat, bahannya yang terbuat dari 100% cocofiber / sabut kelapa dimana kekuatan penurunannya bisa mencapai 5 tahun atau lebih.

8. Bantal Sabut / Coir Pillow untuk Revegatasi

Bantal Sabut / Coir Pillow adalah sarana untuk revegatasi tumbuhan khususnya diperairan. Serat kasar serabut pada coir pillow akan menjadi tempat perkecambahan akar dan cocok untuk perkecambahan biji. Bantal sabut ini terdiri dari 2 lapis Cocomesh / Coir net, yang juga efektif menahan sedimen di perairan.

Keuntungan dari penggunaan Coir Pillow yaitu mampu menahan air dalam serat kasar dalam jumlah tinggi, dan bisa menjaga kelembaban akar pada cuaca kering, kuat dan tahan lama, mampu menahan sedimen, dan bagian ini dapat dipindahkan ke tempat lain untuk menumbuhkan vegetasi baru, desain fleksibel, mampu mengambang di air dan 100 % bahan alami. Keuntungan yang lainnya yaitu coir pillow ini bisa digulung dan dipindahkan ke tempat lain untuk menumbuhkan vegetasi di tempat baru.

Itu tadi merupakan peluang usaha olahan sabut kelapa yang menjanjikan dan tentunya bisa anda coba. Jadi makanakah yang ingin anda coba terlebih dahulu? Selamat mencoba, jangan takut gagal dan semiga artikel ini bermanfaat!