Simak Resep Membuat Kue Nastar Nanas Yang Renyah Di Mulut

Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan materi tentang resep membuat kue nastar nanas. Caranya mudah kok tapi, sebelum itu simak penjelasan berikut ini!

Nastar

Kue nastar ini telah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Kata nastar merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu ananas dan taartjes. Kata ‘ananas’ memiliki arti nanas, sedangkan kata ‘taartjes’ artinya tart atau kue tart.

Kedua kata ini lalu dipadukan dan akhirnya membentuk kata ‘nastar’ supaya lebih mudah diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Dalam artian bahasa Inggris, kue nastar bisa disebut sebagai pineapple roll atau pineapple tarts.

Pada awal mulanya, kue nastar ini terinsipirasi dari kue pie khas asal Eropa, yang umumnya dibuat dalam sebuah loyang dengan isian selai blueberry ataupun apel. Akan tetapi pada masa itu, jenis buah-buahan tersebut susah dijumpai di Indonesia, sehingga membuat masyarakat Indonesia menggantinya dengan isian selai buah nanas.

Resep Membuat Kue Nanas Nastar

Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu – 600 gr (secukupnya) yang sudah ditepung dengan mesin penepung
  • Tepung maizena – 100 gr
  • Margarin – 250 gr
  • Butter – 150 gr
  • Susu bubuk – 100 gr (sesuai selera)
  • Kuning telur – 4 butir
  • Gula halus – 3 sendok makan (ss)
  • Selai nanas – resep kue nastar nanas
  • Nanas parut / blender – 400 gr
  • Kayu manis – 3 cm
  • Cengkeh – 2 buah
  • Gula pasir – 100 gr

Cara Membuat Selai Nanas Untuk Nastar :

  1. Pertama masak nanas parut atau blender di atas api kecil hingga sedang bersama kayu manis dan cengkeh sampai air nanasnya surut dan mengental.
  2. Bila sudah, masukkan gula dan lanjutkan proses memasak selai nanas tersebut hingga selainya kering dan mengental sempurna. Angkat dan sisihkan.
BACA JUGA  Penyubur Tanaman Aglonema

Cara Membuat Kue Nastar Nanas :

  1. Langkah pertama, campur rata margarin, butter dan kuning telur selama max. 2 menit dengan menggunakan mixer
  2. Masukkan susu bubuk, tepung maizena, gula pasir dan juga vanili ke dalam wadah adonan kue kering. Aduk hingga rata secara manual dengan spatula ataupun tangan mu.
  3. Jika sudah masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan kue. Aduk sampai rata dengan tangan hingga adonan dapat dibentuk.
  4. Lalu ambil (sedikit) adonan kue nastar tersebut. Pipihkan, isi dengan selai nanas kemudian bungkus dan bentuk menjadi bulat.
  5. Sisihkan dan taruh – tata sedemikian rupa di atas loyang. Apabila adonan nastar nanas yang berada di atas loyang tersebut telah kamu isi dengan selai nanas seluruhnya. Lalu olesi permukaanya dengan kuning telur (sesuai selera) dan panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 20 – 30 menit. Kemudian keluarkan, dinginkan dan siap disajikan

Baca Juga: Nasi liwet lezat alas daun pisang

Macam Macam Bentuk Nastar

1. Nastar Jambu

Membuat nastar jambu tidak jauh beda dengan nastar pada umumnya. Caranya bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu pipihkan sedikit bagian atasnya sampai menyerupai jambu. Hiasi dengan menggunakan batang cengkeh sebagai tangkai jambu.

BACA JUGA  Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk

2. Nastar Kembang

Kalau biasanya permukaan nastar polos, nastar kembang diberi motif garis-garis pada permukaanya. Cara membuatnya, bentuk adonan menjadi bulatan lalu pipihkan sedikit dengan menggunakan tangan. Sesudah itu buatlah bentuk guratan yang saling menyambung dengan menggunakan garpu. Tampilan nastar kembang akan terlihat jelas bila sudah selesai dipanggang.

3. Nastar daun

Kue nastar yang satu ini bentuknya tak bulat melainkan lonjong. Jika ingin membuat nastar daun, ambil adonan secukupnya setelah itu bentuk lonjong di bagian kanan dan kirinya. Lalu cubit dengan menggunakan jepitan nastar. Cara lain yang lebih mudah yakni menggunakan cetakan bentuk daun untuk membentuk adonan.

4. Nastar Gulung

Jika mau tampilan berbeda, nastar gulung dapat dicoba. Cara membuatnya, tipiskan adonan nastar dengan rolling pin kemudian beri isian selai nanas. Lalu itu gulung adonan dan potong-potong sesuai selera sebelum hendak dipanggang.

5. Nastar Bunga

Berbeda dengan kue nastar kembang, nastar bunga menunjukkan isian selai nanas. Bentuk ini bisa didapat dari penggunaan cetakan kue kering untuk adonannya. Isian selai nanas yang telah dibentuk bulat-bulat kemudian diletakkan di atasnya. Lalu tangkupkan kelopaknya sampai berbentuk seperti bunga.

Demikian penjelasan saya tentang resep membuat kue nastar nanas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Jika anda tertarik simak juga bahan bahan membuat nastar nanas