Resep Puding Jagung Susu Keju Jasuke Mudah

Pada artikel kali ini saya akan berbagi resep puding jagung susu keju atau biasa disingkat jasuke yang mudah dan bisa kamu coba dirumah. Puding ini bisa kamu sajikan sebagai hidangan penutup atau dessert yang nikmat. Apalagi puding jasuke ini selain enak juga bergizi loh. Jadi simak baik baik ya nanti cara buat puding jasuke ini.

Apa sih Makanan Puding itu?

Menurut wikipedia, puding merupakan salah satu makanan penutup yang umumnya dibuat dengan bahan-bahan yang dimasak, dikukus, atau dipanggang. Kata puding juga dapat diterapkan pada aneka jenis pai yang mempunyai campuran lemak hewani, daging atau buah yang dipanggang, direbus maupun dikukus.

Umumnya puding dengan susu mentah (yogurt), tepung maizena, tapioka atau telur hanya disajikan setelah dingin. Puding seperti ini bisa terasa manis karena menggunakan cokelat, karamel, vanila, atau dengan rasa buah. Salah satunya adalah puding jelly, dibuat dengan mencampurkan gelatin bersama susu, tepung maizena, dan juga telur orak-arik. Puding jelly sering disajikan dengan saus yang disebut vla. Kini sudah ada tepung puding instan, membuat puding lebih mudah disiapkan karena cukup dicampur susu atau air lalu dipanaskan di atas kompor.

Ada beberapa jenis puding rasa tradisional di Indonesia yang menggunakan kelapa muda, gula merah, santan, ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang digunakan untuk puding seperti: jeruk, nanas, sirsak, mangga atau markisa.

Resep Puding Jagung Susu Keju

resep puding jagung susu keju

Setelah saya jelaskan apa sih puding itu, sekarang kita masuk ke cara membuatnya. Dalam membuat puding ini sangat mudah dalam proses asalkan mengikuti langkahnya dengan betul. Berikut ini resep puding jagung susu keju alias puding jasuke yang bisa kamu coba.

BACA JUGA  Sentra Kusen UPVC di Sawangan Depok Tangan Pertama

Bahan yang dibutuhkan:

  • 10 sendok teh gula pasir
  • 3 buah jagung manis ukuran sedang
  • 2 sachet susu bubuk vanilla
  • 2 sachet agar agar warna putih
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • 2 lembar daun pandan
  • air secukupnya
  • keju parut cheddar secukupnya

Cara membuat puding jagung susu keju:

  1. Pertama, masukkan jagung ke dalam blender dengan air dan sisakan beberapa pupil jagung untuk campuran puding.
  2. Selanjutnya, larutkan 2 kantong susu Dankou dalam air hangat dan sisihkan.
  3. Siapkan wadah dan sisihkan campuran gelatin dan gula.
  4. Masukkan jagung ke dalam blender dalam panci dan masak.
  5. Tambahkan gula dan aduk rata.
  6. Kemudian secara bertahap tambahkan susu Dankaw yang telah dicairkan.
  7. Tambahkan daun pandan dan aduk hingga merata.
  8. Tuang sisa jagung yang belum di blender, lalu tambahkan atau cicipi 2 sendok makan susu kental manis.
  9. Saat mendidih, angkat dari api dan tuangkan puding jagung ke dalam panci.
  10. Tunggu puding dingin dan mengeras.
  11. Nikmati sebagai menu buka puasa bersama keluarga pecinta puding jagung. Jika mau lebih enak, bisa memberikan parutan keju diatasnya.

Kunjungi juga Rumah Mesin untuk keperluan mesin usaha.

Tips Agar Puding yang Dibuat Tidak Mudah Berair

Karena rasanya yang manis dan enak, puding sering menjadi makanan favorit. Cocok untuk menu dessert dan snack. Anda tidak perlu membeli puding di restoran karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Perhatikan tips berikut untuk membuat puding dengan tekstur lembut dan tidak berair.

1. Hindari meletakkan langsung di kulkas

Jangan langsung memasukkan puding panas ke dalam kulkas. Tunggu puding dingin hingga suhu ruang. Setelah uapnya dirasa sudah menghilang, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es.

2. Kurangi takaran air

Saat membuat puding instan, jumlah air yang disarankan biasanya digunakan. Namun, agar puding tidak menjadi terlalu encer, Anda harus mengurangi jumlah air sekitar 50 ml hingga 100 ml dari dosis yang dianjurkan.

BACA JUGA  Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Sepeserpun. Tutor Gacor Dek!

3. Hidangkan puding yang masih segar

Puding merupakan makanan penutup yang memiliki daya simpan yang lama di dalam lemari es. Namun jika ingin menyajikan puding kepada tamu, maka usahakan menyajikan puding yang masih segar agar tidak menjadi encer. Anda bisa menyiapkan puding segar ini sekitar 3 jam sebelum disajikan.

4. Jangan simpan puding terlalu lama

Meskipun puding akan bertahan beberapa saat di lemari es, Anda tidak boleh menyimpannya lebih dari sehari. Karena jika makanan penutup ini disimpan terlalu lama, bisa menjadi encer dan membuat rasanya kurang enak.

5. Tutup puding sampai rapat

Jika tidak ingin pudingnya encer, Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah yang bisa ditutup kembali. Cobalah untuk menutupi puding setelah dingin hingga suhu kamar atau uapnya hilang. Tutup puding dengan rapat sebelum menyimpannya di lemari es untuk menghindari kelembapan di lemari es.

Penutup

Jadi sekian artikel dari saya tentang resep puding jagung susu keju dan cara membuatnya serta ulasan tentang puding dan tips membuatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat terutama yang ingin buat puding jasuke ini.

Dan juga saat membuat puding jasuke ini pasti ada proses memipil jagung, nah kalau ingin proses memipil lebih cepat bisa memakai mesin pemipil jagung. Mesin ini sangat direkomendasikan terutama buat yang mau menjalankan usaha yang berkaitan sama jagung. Jadi begitu, saya sudahi sampai sini dan sampai jumpa.