Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Di Sekolah kalian pasti ada kan materi tentang teks eksplanasi, Kalian juga pasti pernah membaca uraian tentang tsunami, gempa bumi dan lain-lainnya. Uraian itu juga termasuk dalam teks eksplanasi. Nah kali ini akan memberikan materi tentang teks eksplanasi dengan sub materi mulai dari pengertian, stuktur dan dilanjutkan dengan contoh teks eksplanasi yang lebih lengkap, padat dan jelas.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang isinya yaitu tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan lainnya bisa terjadi. Semua peristiwa yang sudah dijelaskan tadi pasti memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Kejadian yang terjadi di sekitar itu harusnya tidak hanya diamati atau dirasakan saja tapi juga digunakan untuk pembelajaran agar kedepannya dapat menghadapi atau mencegah kejadian-kejadian tersebut. Dapat menyimpulkan juga bagaimana dan mengapa kejadian atau peristiwa tersebut terjadi.

BACA JUGA  Cara Membuat Gula Semut Yang Mudah Dilakukan

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Setelah kita belajar tentang pengertian teks eksplanasi, sekarang selanjutnya kita belajar tentang ciri-ciri teks eksplanasi, pasti disini ada yang masih kesulitan untuk membedakan ciri-ciri teks eksplanasi dengan ciri-ciri teks lain, padahal ini cukup mudah loh karena teks eksplanasi ciri-ciri yang sangat amat, Nah berikut ciri-cirinya.

  1. Struktur yang terdiri dari pernyataan umum, sebab akibat dan interpretasi.
  2. Bersifat informatif, tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca agar percaya pada hal yang sedang dibahas.
  3. Informasi yang didapat dengan berdasarkan fakta.
  4. Memuat informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan.
  5. Menggunakan sequence markers. Contohnya pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi termasuk dalam ciri-ciri eksplanasi yang sudah dijelaskan di atas yang membentuk satu kesatuan yang utuh, diantaranya yaitu:

BACA JUGA  Mudah! Cara Membuat Briket Dari Batok Kelapa Yang Berkualitas

Pernyataan umum

Yang berisikan pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan pada saat proses keberadaan atau proses terjadinya suatu kejadian/peristiwa.

Urutan sebab akibat

Detail penjelasan proses terjadinya kejadian atau peristiwa yang disajikan dengan cara berurutan atau bertahap dari yang paling awal hingga akhir.

Interpretasi

Berisi kesimpulan dari topik yang sudah dijelaskan.

Sekian dan terima kasih telah membaca materi tentang pengertian teks eksplanasi, hanya ini yang dapat Mastekno sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Referensi: https://www.pintarnesia.com/