Tips Untuk Optimasi Lokal SEO

Tips Untuk Optimasi Lokal SEO – Profil Google Bisnisku Anda muncul saat pengguna menelusuri perusahaan Anda secara khusus, tetapi ada juga saat Google menunjukkan profil GMB Anda kepada pengguna meskipun mereka menggunakan kata kunci. Bagaimanapun, Anda memerlukan profil GMB yang baik dan dioptimalkan, karena disinilah Anda membuat kesan pertama Anda pada pengguna. Profil GMB Anda juga mempengaruhi peringkat Anda di Paket Peta. Kesempatan penting ini tidak boleh dilewatkan. 

Optimalkan Google Bisnisku

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan profil Google Bisnisku.

Perbarui Alamat Anda 

Cara optimasi Google Maps ini sudah jelas, tetapi beberapa perusahaan lupa memperbarui alamat bisnis mereka saat mereka pindah. Google akan selalu menggunakan alamat yang Anda gunakan untuk memvalidasi bisnis Anda kecuali Anda mengubahnya. Pengguna kemungkinan besar juga akan menggunakan Google Maps untuk menavigasi ke bisnis Anda dan jika mereka tidak melihat toko atau kantor Anda di sana saat mereka tiba, Anda bisa kehilangan banyak uang.

Sertakan jam kerja dan nomor kontak yang akurat – karena pengguna kemungkinan besar akan mengunjungi toko / kantor Anda setelah memeriksa profil Anda, pastikan Anda memiliki jam kerja yang diperbarui. Nomor kontak juga penting untuk membuat janji temu dan pertanyaan lainnya.

Unggah Gambar 

Gambar perusahaan Anda sangat membantu dalam menarik pelanggan. Ini membantu membuktikan keaslian perusahaan Anda dan membangun kepercayaan.

Jawab pertanyaan – beberapa pengguna memerlukan informasi lebih lanjut tentang perusahaan Anda dan untuk inilah fitur Ajukan Pertanyaan. Ingat bahwa pertanyaan dan jawaban bersifat publik dan dapat dilihat oleh pengguna lain.

Gunakan Pembaruan Google Bisnisku 

orang cenderung melupakan fitur ini, tetapi Anda sebenarnya dapat memposting pembaruan di profil GMB Anda untuk dilihat pengguna. Memposting penawaran dan promosi dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan dan mendorong lebih banyak penjualan.

Dapatkan Ulasan Bagus

Ulasan adalah faktor besar dalam peringkat di Google dan juga bagi pelanggan. Google dapat menggunakan ulasan bisnis Anda di Google Bisnisku dan cantuman bisnis Anda di situs web lain untuk menilai kelayakan bisnis Anda, yang merupakan faktor utama dalam E-A-T.

Di sisi konsumen, 82% pengguna tidak membeli dari perusahaan dengan peringkat rata-rata 3 bintang atau lebih rendah. Ini saja membuktikan pentingnya ulasan dalam keputusan pembeli.

Beberapa mungkin berpikir bahwa mereka tidak memiliki kendali atas apa yang dikatakan pelanggan, tetapi kenyataannya adalah bahwa produk / layanan Anda menentukan bagaimana Anda mendapatkan ulasan. Ini mungkin faktor yang tidak mengharuskan Anda melakukan apapun secara online. Pastikan Anda memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dan pikirkan cara kreatif untuk mendapatkan ulasan. Anda tidak hanya akan terlihat lebih baik di web, tetapi pelanggan tersebut akan memiliki peluang lebih baik untuk menjadi pelanggan setia.

Beri Tag Geo pada Kata Kunci Target Anda

Geotagging kata kunci Anda adalah salah satu strategi terpenting dalam Teknik SEO lokal. Prosesnya sederhana, Anda menambahkan lokasi ke kata kunci Anda. Sebagai contoh:

  • UnGeotagged Keyword – Dijual Mobil Bekas
  • Tagged Geotagged – Dijual Mobil Bekas di Paranaque City

Perbedaan antara hasil pencarian keduanya sangat besar. Untuk kata kunci yang tidak diberi tag, Google mungkin masih mempertimbangkan lokasi pengguna, tetapi hasil pencariannya masih didominasi oleh situs web yang lebih besar. Inilah sebabnya mengapa pengguna cenderung menambahkan lokasi ke kata kunci mereka saat mencari karena mereka menginginkan hasil yang lebih akurat.

Dengan hanya memberi geotag pada kata kunci Anda, Anda dapat membantu Google memahami dimana bisnis Anda berjalan. Kata kunci yang diberi geotag juga lebih mudah daripada kata kunci yang tidak diberi geotag, jadi Anda tidak akan terlalu pusing untuk menentukan peringkatnya. Namun, jangan meremehkan kesulitan mereka, kemungkinan pesaing Anda juga mencoba memberi peringkat untuk mereka.

Untuk panduan lengkap tentang geotagging kata kunci, saya sangat merekomendasikan membaca panduan saya tentang pentingnya geotagging kata kunci untuk SEO.

Buat tautan dari situs web dan direktori lokal

Pembuatan tautan masih merupakan strategi penting untuk SEO lokal. Anda dapat mencoba mendapatkan tautan balik dari situs web resmi, tetapi yang lebih penting, Anda ingin mendapatkan tautan dari situs web lokal.

Prioritas pertama Anda adalah terdaftar di semua direktori bisnis lokal. Mendapatkan tautan dari situs web otoritas tinggi itu bagus, tetapi yang lebih penting, Anda ingin mendapatkan tautan dari situs web lokal. Anda dapat menghubungi blogger lokal, surat kabar online, berinteraksi dengan orang-orang di area yang sama di forum online, dll. Mendapatkan tautan dari situs-situs ini tidak hanya memperkuat profil backlink Anda, tetapi juga membantu Google memahami di mana area aktivitas Anda. Relevansi adalah kuncinya. Jika bisnis Anda beroperasi di New York, Anda tidak ingin terdaftar di direktori bisnis di negara bagian lain, jadi ingatlah itu.

Terapkan Skema Local Business

Data terstruktur mungkin bukan merupakan faktor peringkat langsung, tetapi ini membantu Google lebih memahami situs web Anda dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk Grafik Pengetahuan. Ada banyak tipe data terstruktur untuk dipilih dan ini bervariasi tergantung pada tipe halaman tempat Anda menempatkannya, tetapi ada satu tipe data terstruktur yang secara khusus direkomendasikan untuk SEO lokal: skema Local Business.

Dengan menandai situs web Anda dengan skema Local Business, Anda dapat memberitahu Google detail tentang bisnis Anda seperti lokasi, jam buka, kisaran harga, nomor kontak, dan banyak lagi. Faktor penting lainnya yang dapat meningkatkan CTR Anda adalah menambahkan skema AggregateRating ke skema Local Business Anda.

Optimalkan untuk perangkat seluler

Situs web yang dioptimalkan untuk seluler sangat penting untuk SEO lokal. Jumlah pencarian seluler meningkat setiap tahun dan bahkan Google menganggap keramahan seluler sebagai salah satu Cara agar peringkat satu Google dalam SEO dan Anda dapat yakin bahwa hal yang sama juga berlaku untuk SEO lokal. Lihatlah statistik ini:

  • 30% pencarian seluler Google terkait dengan lokasi
  • 60 % pengguna ponsel cerdas telah menggunakan fitur klik untuk menelepon untuk langsung menghubungi bisnis dari hasil pencarian.
  • 78% penelusuran seluler lokal berasal dari pembelian di dalam toko

Ini hanya beberapa angka yang menunjukkan pentingnya memiliki situs web yang ramah seluler. Jadi saat membuat situs web, jangan hanya fokus pada desain, pikirkan apa yang akan memberi pengguna pengalaman terbaik dan tercepat. Anda juga dapat menggunakan AMP atau Accelerated Mobile Pages untuk dengan mudah mengonversi konten situs web Anda yang ada menjadi halaman yang dioptimalkan untuk seluler. / Dy

Baca Juga: Panduan Lokal SEO Untuk 2021