10 Bentuk Atap Rumah Untuk Inspirasi Anda

Atap rumah bukanlah sekadar sarana untuk bernaung. Wujud atap rumah sungguh-sungguh memberi pengaruh peredaran udara dan kenyamanan siapa saja yang berada di bawahnya. Padahal format atap rumah bisa menambah poin estetika rumah kita, melainkan format atap yang kita pilih sebaiknya menyesuaikan situasi di sekitar rumah itu didirikan.


Ada beragam format atap yang lazim diaplikasikan masyarakat di beragam negara. Seandainya Anda sedang berencana membangun atau merenovasi rumah, paparan di bawah ini akan menolong mempertimbangkan opsi format atap yang cocok dengan situasi dan bujet Anda.

  1. Atap datar
    Inilah format atap yang paling simpel, berbentuk horizontal tanpa pertemuan sisi. Figur atap ini umum diaplikasikan pada rumah gaya minimalis atau minimalis modern, menjadikan tampilan rumah yang serba lurus dan ringkas.
  2. Atap pelana
    Rumah atap pelana dapat ditemukan dengan gampang di beragam kawasan di Indonesia. Atap teladan ini juga lazim diaplikasikan untuk bangunan sekolah atau perkantoran. Bercirikan dua bidang trapesium dengan kemiringan 30-40 derajat yang berjumpa di puncak (bubungan), atap pelana sesuai untuk Indonesia yang beriklim tropis. Air hujan akan gampang mengalir ke bawah, dan format langit-langit yang tinggi menolong mengurangi hawa panas di dalam ruangan.
    4 Baru Rumah Dengan Langit-langit Tinggi
  3. Atap gergaji
    Atap gergaji lazimnya diaplikasikan di pabrik atau lokasi industri, sebab format atapnya yang terjal bisa melindungi pekerja dan mesin-mesin pabrik dari cahaya sang surya lantas. Dewasa ini atap gergaji diaplikasikan untuk hunian, khususnya pada rumah gaya industrial.
  4. Atap penangkis
    Atap penangkis juga disebut atap limas. Atap ini terwujud dari empat bidang, adalah dua bidang trapesium dan dua bidang segitiga, yang semuanya berjumpa di puncak atau bubungan. Figur atap ini juga lumrah diaplikasikan di Indonesia
  5. Kombinasi atap pelana dan atap penangkis
    Atap rumah yang yakni kombinasi atap pelana dan atap penangkis ialah penyempurnaan dari kedua format atap di atas. Awam diaplikasikan di rumah berukuran sedang sampai besar. Atap penangkis diaplikasikan pada komponen rumah yang memanjang ke samping, meskipun atap pelana diaplikasikan untuk komponen depan rumah. Dapat juga sebaliknya.
  6. Atap kemah
    Atap kemah lazimnya terdapat pada bangunan yang berbentuk persegi, di mana ukuran panjang sama dengan lebarnya. Empat bidang atap yang berbentuk segitiga juga mempunyai ukuran dan kemiringan yang sama.
  7. Atap sandar
    Figur atap ini yakni pengembangan dari atap pelana yang cuma mengaplikasikan satu bidang atap tanpa bubungan. Mulanya diaplikasikan pada bangunan tambahan di sebuah rumah. Lambat laun atap sandar juga diaplikasikan pada bangunan utama dan mewujudkan kesan futuristik, khususnya pada rumah gaya modern.
  8. Atap pelana ganda
    Desain atap pelana ganda memadukan dua atap pelana pada satu bangunan. Seandainya dipandang dari depan atap ini akan menyusun huruf M.
  9. Atap kubah
    Atap variasi ini berbentuk seperti separo komponen bola dan dapat kita lihat pada daerah ibadah seperti mesjid dan gereja. Pada perkembangannya, atap kubah juga diaplikasikan pada gedung konser orkestra, museum, gedung pertemuan, atau gedung yang lazim diaplikasikan untuk kegiatan kesenian lainnya.
  10. Atap gambrel
    Atap gambrel juga lazim disebut Dutch roof (atap Belanda) di Inggris dan Amerika Utara. Atap ini terdiri dari dua bidang dan masing-masing terdiri dari dua kemiringan pada setiap sisinya, adalah landai di komponen atas dan terjal di komponen bawah. Desain atap ini jarang diaplikasikan di Indonesia, melainkan masih dapat kita lihat pada sebagian rumah peninggalan jaman kolonial.

Model atap itu ada beragam jenis misalnya saja seperti atap dari genteng tanah liat. Kamu dapat memesan genteng tanah liat lewat online. Banyak sekali yang jual genteng nglayur yang berada di halaman google.

BACA JUGA  Toko Grosir Bunga Plastik Surabaya