5 Trik Ampuh Cara Mencuci Sofa Sendiri Di Rumah

Memiliki sofa yang bersih dan terawat tentu saja menjadi idaman setiap orang. Meski demikian, kadangkala orang tidak mengetahui cara mencuci sofa sendiri. Sementara itu, jasa cuci sofa saat ini masih cukup sulit ditemukan terutama di desa atau kota-kota kecil. Oleh karena penting untuk mengetahui bagaimana caranya mencuci sofa tanpa mengandalkan orang lain.

baca juga: jasa cuci karpet jakarta

Cara Mencuci Sofa Sendiri Di Rumah

Cara membersihkan sofa sendiri apabila dilakukan secara tepat hasilnya tidak akan kalah dengan jasa cuci sofa. Ikuti saja trik-trik ini untuk membuat sofa menjadi kinclong dan nyaman digunakan.

1. Manfaatkan Vacuum Cleaner dan Air Sabun

Cara mencuci sofa sendiri paling mudah adalah dengan menggunakan air sabun yang di usapkan secara lembut pada bagian bernoda. Usahakan agar tidak menggosok sofa kain sofa terlalu keras agar tidak merusaknya.

BACA JUGA  Harga Hydroclean Murah di Tangerang, Bagaimana dengan Kotamu?

Sebelum mengusapkan air sabun pada bagian yang terkena noda, bersihkan dahulu seluruh bagian sofa dengan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sofa dari debu dan kotoran lain yang menempel.

baca juga: jasa cuci jok mobil jakarta

2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Sofa

Untuk hasil terbaik, ada baiknya untuk menggunakan cairan khusus pembersih sofa. Cara mencuci sofa sendiri di rumah dengan memanfaatkan cairan khusus tentu saja membutuhkan biaya lebih untuk membelinya. Meski demikian, tentu hasilnya akan lebih memuaskan. Cairan pembersih khusus sofa biasanya bisa diperoleh di toko peralatan kebersihan rumah tangga.

3. Gunakan Selotip Untuk Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan

Bingung cara membersihkan bulu-bulu binatang yang menempel di sofa sementara di rumah tidak ada vacuum cleaner? Manfaatkan saja selotip yang pastinya lebih mudah didapatkan. Gunakan bagian yang lengket pada selotip untuk mengangkat bulu-bulu binatang dengan cara menekankan selotip pada bulu.

BACA JUGA  3 Tips Mencari Jasa Pembersih Sofa dengan Layanan Terbaik

4. Tisu Basah untuk Membersihkan Noda Ringan

Apabila sofa terkena tumpahan air atau makanan yang tergolong mudah dibersihkan, gunakan saja tisu basah. Usap atau tekan perlahan pada bagian yang terkena noda, lakukan beberapa kali hingga sofa terbebas dari noda. Cara membersihkan sofa sendiri dengan tisu basah akan efektif apabila kotorannya tergolong ringan dan mudah dibersihkan.

5. Keringkan dengan Hair Dryer

Cara mencuci sofa sendiri tidak boleh melewatkan satu hal ini. Segera keringkan sofa yang telah dicuci agar tidak menyebabkan bau dan jamur. Selain itu, mengeringkan sofa segera setelah dicuci akan membuat sofa tidak lembab. Manfaatkan hair dryer untuk membuat sofa segera kering dan bisa digunakan kembali.