Mengenal Alat – Alat Meids Dalam Ruang NICU

Ruang NICU merupakan salah satu diantara sekian banyak ruang yang ada di rumah sakit ataupun klinik. Khususnya untuk rumah sakit setingkat rumah sakit daerah yang tentu saja sudah memiliki unit Ruang NICU. NICU adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit atau mengandung pengertian Unit pelayanan medis khusus bayi baru lahir dengan kondisi rawat yang intensive. Oleh karena pentingnya peran dan fungsi ruangan tersebut, maka harus dibekali dengan peralatan baik secara khusus dan umum di dalamnya. Berikut beberapa peralatan medis yang ada di ruang NICU.

Macam Alat Medis Yang Wajib Ada Di Dalam Ruang NICU

1# – Inkubator Bayi

Inkubator Bayi adalah BOX bayi tertutup dengan sistem pengaturan suhu udara, kelembaban dan sirkulasi udara yang terpadu serta dapat disesuaikan. Alat ini berfungsi untuk tempat rawat bayi – bayi prematur dengan gangguan kesehatan yang cukup serius. Dengan kata lain, alat ini berfungsi untuk merawat dan menjaga bayi prematur hingga tumbuh kembangnya sempurna.

2# – Infant Warmer

Selain Inkubator Bayi, tedapat juga alat penunjang lain yang juga berfungsi untuk penanganan gangguan kesehatan pada bayi, yaitu Infant Warmer. Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk menghangatkan bayi yang mengalami gangguan adaptasi suhu tubuh dengan lingkungan. Gangguan ini sering disebut dengan hipotermia.

3# – Lampu Fototerapi

Kemudian ada juga Lampu Fototerapi atau lampu untuk terapi Bayi Kuning. Bayi Kuning adalah satu penyakit pada bayi yang disebabkan karena sistem organ yang belum sempurna yaitu hati (liver). Karena hal itu dalam darah terjadi penumpukan kadar bilirubin. Penyakit ini juga disebut dengan hyperbilirubinemia. Salah satu cara yang digunakan untuk membantu memecah bilirubin adalah dengan fototerapi cahaya biru dengan durasi waktu tertentu.

4# – CPAP

CPAP merupakan kepanjangan dari Continuous Positive Airway Pressure yaitu sebuah alat yang dapat memberikan tekanan udara positif untuk membuka jalan nafas. Biasanya alat ini digunakan pada penderita sindrom Sleep Apnea. Namun demikian, alat ini juga dapat digunakan untuk membantu perbafasan bayi yang terganggu.

5# – Ventilator

Apa itu Ventilator ? Pada dasarnya, alat ini memiliki fungsi yang sama dengan CPAP yaitu sebagai alat bantu pernafasan. Namun sedikit berbeda, apabila CPAP digunakan untuk membantu gangguan pernafasan ringan, sedangkan Ventilator digunakan untuk membantu gangguan pernafasan yang berat.

BACA JUGA  Mitos Seputar Kesuburan Wanita