Bagaimana cara mengenali gigi berlubang?

Bagaimana Anda memahami terkecuali gigi Anda berlubang? Seperti apa tanda-tanda dan tanda-tanda gigi berlubang? Lubang gigi dapat terbentuk diam-diam dan tidak mudah untuk memahami apakah gigi Anda berlubang. Simak tahap-tahap terbentuknya, dan juga ketahui penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya di klinik gigi surabaya.

Bagaimana cara mengetahui gigi berlubang?

Gigi berlubang adalah keliru satu persoalan gigi yang paling lazim dan dialami oleh banyak orang pada bagian spesifik didalam hidupnya, khususnya disaat di bagian usia anak-anak. Walaupun demikian, kadang kala sulit untuk mengidentifikasinya pada sementara yang tepat terkecuali lubang tersebut tidak memicu sakit.

Cara mengetahui lubang pada gigi bergantung pada tahapan pembentukannya: lubang gigi pada bagian awal tidak bakal begitu muncul jelas, tidak seperti gigi berlubang yang telah lama dan membesar (yang telah lama terbentuk dan tidak diobati dan memicu sakit gigi berlubang).

Masalah lainnya adalah, lubang pada gigi tidak senantiasa dapat terlihat. Beberapa lubang gigi dapat terbentuk dan tersembunyi di sela-sela dua gigi. Jenis inilah yang paling sulit dideteksi! Lalu bagaimana cara membuat sembuh gigi berlubang yang tidak terlihat?

BACA JUGA  Jenis Singkong yang Renyah Untuk Singkong Keju

Inilah yang merupakan lebih dari satu dari alasan mengapa Anda wajib datang ke dokter Anda dua kali setahun untuk pengecekan lengkap sebagai kunci dari cara menangani gigi berlubang. Untuk memahami apakah Anda punya gigi berlubang, penting untuk memahami 4 tahapan evolusinya :

Lubang pada enamel: pada bagian pertama, lubang gigi cuma berbentuk lubang superfisial dan tidak mengundang nyeri. Jika tertangani pada bagian ini, perawatannya sangatlah mudah. Pada bagian ini, lubang pada gigi dapat muncul sebab ada sedikit warna hitam pada gigi.


Lubang mencapai dentin: terkecuali dibiarkan tidak tertangani, lubang dapat berkembang dan merambat ke susunan lain gigi. Setelah enamel, lubang dapat menyerang dentin, yakni benang saraf gigi, dan dapat mengundang nyeri.


Lubang mencapai pulpa: Lubang kemudian merambat mendekati bagian pulpa gigi, jaringan vaskuler yang penuh bersama dengan saraf gigi. Nyeri yang ditimbulkan bakal makin lama kuat.
Abses gigi: terkecuali infeksi memburuk, abses gigi dapat terbentuk. Dalam jangka panjang, hal ini dapat berakibat pada tanggalnya gigi.

BACA JUGA  Panduan Gampang Mengatasi Wifi yang Tiba-Tiba Mati


4 tanda gigi berlubang

Untuk mengetahui ada gigi yang berlubang, tidak ada yang lebih baik daripada mempercayai gejala-gejala yang kasat mata. Di antaranya:

Sensitivitas pada sensasi dingin, panas, makanan manis dan asam. Hal ini bermakna bahwa lubang telah menembus pembatas enamel.


Tidur terganggu dan kelelahan. Infeksi dapat punya akibat negatif pada tidur Anda.
Bau mulut. Pembentukan bakteri di lebih kurang gigi yang terkena lubang umumnya bertanggungjawab atas bau tak sedap.


Nyeri. Sayangnya rasa nyeri baru bakal muncul pada bagian akhir pembentukan lubang gigi. Menunggu timbulnya rasa nyeri untuk mengetahui lubang gigi tidaklah disarankan. Selalu lebih baik untuk membuat sembuh lubang gigi sebelum nyeri muncul, sehingga pilihan terbaik untuk cara membuat sembuh gigi berlubang adalah bersama dengan datang ke dokter gigi Anda secara teratur.