Berapa Biaya Perawat Home Care?

Layanan kesehatan berupa home care belakangan ini banyak diminati. Perawatan yang dilakukan oleh para tenaga medis di rumah pasien, seperti perawat. Perawatan seperti ini diberikan untuk memberikan kenyamanan dan kemandirian pada pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Karena tidak semua pasien mau melakukan perawatan di rumah sakit atau merasa lebih nyaman saat di rawat di rumah. Selain itu, layanan kesehatan ini memudahkan keluarga dalam memantau kondisi pasien tanpa harus repot-repot pulang pergi ke rumah sakit. Jika Anda ingin menggunakan layanan kesehatan home care ini, Anda perlu mengetahui tarif perawat home care, simak penjelasan di bawah ini:

Tarif jasa perawat home care

Tarif untuk jasa perawat home care berbeda-beda sesuai dengan jenis layanan yang akan digunakan pasien. Jenis layanan home care beragam jenisnya, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pasien, seperti harian, mingguan, ataupun bulanan. Tarif untuk pelayanan jasa home care tergantung dari lamanya perawat dalam melakukan perawatan di rumah pasien, ada yang 12 jam dan ada juga yang meminta 24 jam. Perawatan home care ini dibutuhkan untuk pengawasan yang lebih intensif terhadap penyakit yang diderita pasien. Untuk layanan jasa home care harian biasanya tarif yang dikeluarkan selama perawatan 12 jam kisaran kurang lebih Rp. 200.000. Layanan home care ini biasanya digunakan untuk membantu dalam mengawasi pasien, di saat keluarganya ada keperluan di luar rumah. Untuk layanan home care mingguan, tarif yang dikeluarkan biasanya kisaran Rp. 1.000.000 dan untuk bulanan kisaran Rp. 5.000.000.

BACA JUGA  Tips Memilih Jasa Service Pintu Kaca

Jenis layanan home care

Layanan kesehatan berupa perawat home care terbagi menjadi beberapa jenis layanan, seperti bidan, perawat medis, dan perawat non medis. Berikut ini penjelasan singkat terkait 3 jenis layanan tersebut:

1. Bidan atau perawat ibu dan anak

Profesi ini mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pengasuhan ataupun pendampingan kepada ibu dan anak, mulai dari ibu hamil hingga setelah melahirkan. Bidan juga memberikan layanan home care untuk pasien yang membutuhkan layanan terutama ibu dan anak. 

2. Perawat medis

Perawat medis yang bisa melayani layanan kesehatan home care harus memiliki pengalaman kerja di layanan kesehatan, seperti rumah sakit dan pernah mendapatkan tugas dia ICU, IGD, ataupun rawat inap. Sehingga, perawat terbiasa dalam menggunakan berbagai macam alat medis sesuai dengan kebutuhan pasien.

BACA JUGA  Aplikasi Desain Rumah PC Offline Gratis Terbaik

3. Perawat non medis

Perawat non medis ini tidak harus menempuh gelar S1, melainkan bisa menempuh pendidikan khusus dan juga pengalaman kerja di layanan kesehatan, baik klinik, puskesmas, ataupun rumah sakit. Pada umumnya layanan home care yang menggunakan perawat non medis untuk pasien yang sudah lansia atau orang tua, ataupun pasien dalam masa pemulihan setelah operasi tanpa menggunakan alat medis.