Bingung Belajar Digital Marketing? Mulai dari Sini!

Ada nggak sih cara cepat untuk belajar digital marketing secara efektif? Atau adakah metode terbaik untuk mempelajarinya dengan cepat sesuai dengan jadwal pribadi?

Di atas adalah dua pertanyaan yang sering muncul ketika orang ingin mulai mencari tahu tentang digital marketing. Kesibukan dengan aktivitas lain terkadang bikin kita kesusahan untuk menyisihkan waktu belajar.  

Padahal kalau digeluti dengan sungguh-sungguh, bidang ini bisa memberikan peluang pekerjaan yang terbuka lebar. Nah, artikel ini akan memberikan gambaran awal jika kamu berencana terjun di sini. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum kita masuk, perlu dijelaskan dulu apa itu digital marketing.

Digital marketing bisa diartikan sebagai proses mempromosikan dan menjual produk atau layanan di internet dengan menggunakan satu atau lebih saluran pemasaran daring. Apa saja? Sebut saja mesin pencari, platform media sosial, iklan PPC, dan sebagainya.

Dengan digital marketing, kamu bisa menemukan audiens yang potensial tertarik dengan produk/jasamu. Selain itu, kamu pun dapat berinteraksi dengan mereka bahkan menjaga engagement supaya mereka menjadi pelanggan.

Belajar Jenis-Jenis Digital Marketing

Agar lebih jelas, artikel ini akan berfokus pada tiga jenis digital marketing yang paling ngetren dalam lima tahun terakhir: search engine marketing, content marketing, dan social media marketing.

Search Engine Marketing

Search engine marketing atau SEM termasuk elemen terpenting dalam dunia digital marketing.

SEM berkaitan dengan pemasaran di berbagai mesin pencari menggunakan Search Engine Optimization (SEO) atau Iklan Pencarian Berbayar (Google Ads, Bing Ads, dan sebagainya).

SEO sendiri merupakan proses mengoptimalkan situs web yang kamu punya sehingga peringkatnya lebih tinggi dalam hasil yang keluar di mesin pencari.

SEO penting dalam pemasaran online karena dapat mengarahkan lalu lintas yang sangat tertarget ke situs web-mu. Hasil dari SEO memang bisa dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan Iklan berbayar, tetapi ia dapat memberikan hasil yang lebih baik di jangka panjang.

Content Marketing

Setiap kampanye digital marketing selalu tidak lepas dari yang namanya konten.

Baik itu di SEO, pemasaran media sosial, atau email, kamu memerlukan konten untuk menjangkau audiens yang ditarget di saluran-saluran yang berbeda. Tentu saja wujud kontennya juga berbeda-beda.

Content marketing menjadi proses untuk mengidentifikasi, membuat, dan mempromosikan jenis konten yang tepat kepada audiens yang tepat.

Untuk menjadi pemasar konten yang baik, kamu harus memiliki kamampuan menulis yang oke, keterampilan copywriting SEO, hingga keahlian analitis.

Social Media Marketing

Media sosial sudah jadi hal tak terpisahkan dari keseharian mayoritas penduduk bumi. Kehadiran media sosial telah mendominasi kehidupan kita dan ia pun turut berdampak pada praktik digital marketing.

Karena tujuan digital marketing adalah untuk terhubung dengan pelanggan potensial di berbagai saluran daring, pemasaran media sosial tentu saja tidak boleh diabaikan.

Social media marketing—sesuai dengan namanya—yaitu pemasaran di berbagai jejaring sosial untuk tujuan menemukan dan terhubung dengan pelangganmu.

Dalam statistik global, Facebook sejauh ini merupakan medsos yang paling banyak digunakan. Ia memiliki lebih dari tiga miliar pengguna aktif bulanan.

Kalau kamu ingin memulai belajar pemasaran media sosial, salah satu langkah terbaik adalah dengan mengikuti kursus online Facebook. Materi kursusnya akan memberimu gambaran utuh tentang Kampanye Berbayar Facebook.

Nantinya, setelah paham dengan kampanye media sosial di Facebook, kamu bisa meningkatkan keterampilan dengan mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran Pinterest, LinkedIn, hingga Twitter.

Belajar Digital Marketing Jangan Lupakan Analytics Tools-nya!

Salah satu hal yang harus dipunyai oleh setiap profesional yang belajar digital marketing adalah keterampilan analitis.

Untuk dapat melakukannya, kamu perlu mempelajari cara menggunakan berbagai tools analytics data seperti Google Analytics dan Google Search Console. Selain itu tools pelaporan data seperti Google Data Studio dan SEMRUSH juga tak boleh kamu lewatkan.

Kalau masih bingung, tak ada salahnya untuk mengikuti Kelas Digital Marketing seperti yang ditawarkan oleh Bitlabs. Tidak perlu khawatir, sebab semua materi akan diajarkan dari dasar dan jadwalnya fleksibel!

Selamat belajar!