Bisnis Sedot WC, Peluang Bisnis Yang Menarik

Mungkin untuk sebagian orang kesempatan bisnis Sedot WC paling menjijikkan. Ketika WC buntu atau mampet maka memakai perusahaan jasa sedot WC menjadi opsi tepat.

Berikut ini 12 tips bisnis sedot wc buat pemula yang mudah sampai berhasil, antara lain:

1. Lokasi strategis

Untuk membuka usaha jasa sedot wc memerlukan tempat usaha yang strategis. Seperti di pinggir jalan raya atau di dekat permukiman yang padat penduduk.

2. Mempersiapkan modal usaha sedot wc

Untuk membuka usaha jasa sedot wc dan tinja pasti memerlukan ongkos modal usaha. Berikut ini modal usaha membuka bisnis sedot wc dari awal hingga berdiri, antara lain:

▪ Modal Investasi

▪ Modal Operasional

▪ Modal Nekat

3. Promosi usaha yang gencar

Promosi usaha yang masif paling penting untuk perkembangan bisnis sedot wc. Sehingga bisnis sedot wc yang kamu jalani dapat dikenal banyak orang dan mendapatkan banyak konsumen. Ada begitu banyak  cara yang bisa ditempuh untuk mengerjakan promosi bisnis sedot wc yakni pemasangan iklan sedot wc di tiang listrik. Atau kamu memasang pamflet di tempat strategis seperti pinggir jalan yang ramai.

Cara lain yang bisa ditempuh untuk mempromosikan bisnis sedot wc adalah dengan membagikan brosur, memasang spanduk, memasang reklame, neon box dan memasang iklan di internet. Untuk mempromosikan bisnis sedot wc di internet sangat mudah dan gratis. Kamu dapat menggunakan software media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dll dengan target market distrik tertentu.

4. Pelayanan memuaskan

Begitupula dalam bisnis sedot wc, kamu harus benar-benar menyimak kualitas pelayanan. Jangan sampai membuat kecewa konsumen.

5. Harga lebih murah

Pada awal bisnis sedot wc tidak ada salahnya kamu membanderol Jasa Sedot WC dan tinja dengan harga yang lebih murah dari kompetitor. Hal ini sebagai strategi untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin. Karena manusia adalah makhluk hemat yang ingin selalu menemukan keuntungan. Jika ada dua bisnis sedot wc maka ia akan memilih yang sangat murah. Harga jasa sedot wc dan tinja dikisaran Rp 90 ribu hingga Rp 125 ribu.

6. Bekerjasama

Ada banyak kalangan yang bisa kamu ajak kerjasama untuk bisnis sedot tinja dan wc antara lain kalangan lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, RT dan RW, kecamatan, kantor desa dan lain sebagainya. Tawarkanlah sistem komisi yang lumayan besar jika ada seseorang yang bisa mengajak orang lain untuk memakai jasa sedot wc.

7. Merekrut karyawan terbaik

Untuk menjalankan bisnis sedot wc hingga sukses tidak bisa dilakukan sendirian. Tawarkanlah sistem gaji bulanan. Sedangkan untuk bagian pemasaran maka kamu bisa memakai sistem komisi yang unik dan menggiurkan.

8. Membuat SOP

Sehingga setiap karyawan mengetahui pekerjaannya masing-masing.

9. Membuka cabang

Setelah kamu sukses membuka bisnis sedot wc di satu wilayah atau kota maka kamu bisa membuka usaha sedot wc di wilayah lain yang lebih potensial. Sehingga pangsa pasar yang diperoleh semakin luas dan keuntungan yang semakin besar.

10. Layanan pelengkap

Supaya terkesan bisnis sedot wc kamu menyeluruh dan lebih unggul ketimbang kompetitor yang ada.

11. Semangat dan kerja keras

12. Berdoa dan Tawakkal

Keuntungan Bisnis Usaha Sedot WC dan Tinja

Adapun yang menjadi keunggulan dan keuntungan bisnis sedot wc dan tinja sangatlah banyak, antara lain:

1. Pangsa pasar yang paling luas

Apabila kamu membuka bisnis sedot wc di distrik kota besar yang padat warga maka paling tepat. Mengingat bisnis sedot wc lebih menjanjikan dijalankan di perkotaan ketimbang di desa. Dengan kepadatan gedung dan lokasi tinggal yang paling tinggi di kota menciptakan pangsa pasar bisnis sedot wc paling luas.

2. Laris manis

Bisnis sedot wc laku keras saat ini. Mengingat semua penduduk kota biasanya tidak melihat septitank dengan baik. Sehingga tak terasa, septitank penuh yang mengakibatkannya macet dan mampet. Untuk mengatasinya saja saja dengan menciptakan septitank baru. Namun ongkos pembuatanya sangat mahal. Apalagi di kota yang setiap jengkal lahan dihargai paling tinggi. Maka pilihan yang banyak dilakukan orang adalah menggunakan jasa sedot wc. Hal berikut yang menciptakan bisnis sedot wc laris manis kini ini sampai di masa depan.

3. Persaingan lemah

Persaingan bisnis sedot wc di perkotaan terbilang paling rendah. Hanya ada beberapa perusahaan saja yang membuka jasa sedot wc dan tinja. Apalagi bila kamu membuat bisnis sedot WC di pedesaan terasing maka tingkat kompetisi sangat lemah.

4. Bisnis sampingan

Ada banyak pengusaha bisnis sedot wc yang berhasil dan menjalankan secara sampingan dan rumahan. Penghasilan yang mereka dapatkan dari bisnis sedot wc rata-rata per bulan sekitar Rp 7 juta.

5. Membuka lapangan kerja baru

6. Prospek cerah

Usaha sedot wc adalah bisnis dalam bidang jasa yang tak mengenal musim. Bisnis ini akan sering kali laris dan tak pernah sepi konsumen. Apalagi tingkat pertumbuhan warga di Indonesia semakin bertambah pesat setiap tahunnya.

BACA JUGA  Masalah masalah yang sering ada pada air conditioner