Cara Bikin Abon Sapi Rumahan

Cara Bikin Abon Sapi Rumahan, mendengar namanya saja sudah membuat kita lapar. Siapa lagi kalau bukan olahan yang bisa membuat abon sapi. Setiap masakan yang ditambahkan dan ditaburkan abon sapi akan terasa nikmat ketika dimakan. Abon sendiri merupakan topping yang berasal dari negeri tetangga, siapa lagi kalau bukan Tiongkok. Sudah dari dulu memang abon sendiri biasanya dihidangkan bersama bubur, roti, bakpao, nasi.

Abon Sapi

Abon sejak dahulu pada pembuatannya menggunakan potongan daging yang direndam dalam kecap sampai daging menjadi helaian dan bisa dipisahkan dengan mudah menggunakan garpu. Sehingga relasi pada jaringan yang mengikat pada daging sapi dan otot mencair. Selanjutnya daging yang sudah dipisahkan tadi kemudian dikeringkan dan dipanaskan menggunakan oven. Sebelumnya dijemur dahulu, sehingga daging dilumat sambil dimasak dalam keadaan yang benar-benar kering.

Dalam pembutan abon sapi ini bahan-bahan tambahan biasanya membutuhkan 5 kg daging sapi yang sudah bersih. Bahkan sekarang beberapa masakan di Indonesia mempunyai masakan yang menu taburannya adalah abon. Banyak sekali contohnya dengan menggunakan daging sapi, ayam, ikan, udang, dan masih banyak lagi. Artikel ini kita menjangkau untuk mempelajari bagaimana cara membuat abon sapi spesial yang ada di Indonesia.

Cara Bikin Abon Sapi Rumahan

Cara Membuat Abon Sapi Rumahan Enak dan Sehat

Bahan-Bahan:

  • Siapkan daging sapi 500 gr
  • Daun jeruk sekitar 2 lembar
  • Daun salam 2 lembar
  • 1 serai (batang)
  • Minyak cukup 2 sdm

Bumbu-Bumbu Halus:

  • Siapkan bawang merah secukupnya (8 butir)
  • Siapkanbawang putih 3 siung saja
  • Lengkuas dan sereh ukuran 2 cm
  • Setelah itu ambilah bagian putihnya
  • Lalu dimemarkan dalam 1 sdm ketumbar
  • Tmbahkan 1 sdm teh garam
  • 2 sdm gula merah
  • Siapkan ½ butir kelapa
  • minyak untuk menggoreng

Cara Buat Abon Sapi Rumahan:

Beberapa Resep Cara Membuat Abon Ayam Paling Baru
  1.  Langkah pertama rebuslah sapi hingga matang, daun salam dan sereh, angkat sereh lalu tiriskan.
  2.  Daging sapi yang sudah direbus dengan ukuran kecil saat sudah dingin.
  3. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah disiapkan hingga halus sampai harum.
  4. Lalu masukkan suwiran daging yang sudah ditambahkan tadi.
  5. Proses selanjutnya tambahkan biji ketumbar bubuk, garam, serta gula dan aduklah hingga merata
  6. Dalam proses ini masukan santan ke dalam tumisan sapi
  7. Masak sampai santan meresap ke daging lalu angkat dan tiriskan hingga merata
  8. Siapkan minyak goreng yang akan dipanaskan
  9. Ini bagian yang harus hati-hati karena harus jeli melihat daging yang waranya sudah kecoklatan
  10. Angkat dan iriskan ketika sudah sesuai warnanya
  11. Abon sapi sudah siap, lalu tambahkanlah bawang sebagai pelengkap.

Sangat mudah sekali bukan cara bikin abon daging sapi?. Baik dari bahan yang diperlukan sampai proses tahapan yang dibutuhkan untuk membuat abon sapi sangat terbilang mudah. Bukan hanya yang mudah pembuatannya, abon sapi juga mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita. Baik untuk balita, anak-anak, bahkan orang dewasa mempunyai kapasitas mendapatkan manfaatnya.

Manfaat Abon Sapi Rumahan

Dari hewannya saja sudah sangat terkenal dengan hewan seribu manfaat. Sapi adalah hewan yang paling banyak digemari baik dari kekuatan tenaga, susu, apalagi dagingnya. Tapi, tahukah kalian tentang apa saja manfaat dari kandungan yang ada pada abon sapi?. Kesempatan kali ini kita akan mengatahui dan belajar apa saja yang sebenarnya ada dalam kandungan daging sapi ini:

1. Daging Sapi Mempunyai Asupan Energi Yang Baik

Energi hewani yang berasal dari sapi mempunyai kandungan dalam abon setidaknya mempunyai 212 Kal, 18 gram protein, dan karbohidrat 59,3 gram.  Sehingga sudah sangat bisa disimpulkan bahwa kandungan yang ada dalam abon sapi ini sangat berguna untuk energi tubuh kita. Karena bagaimanapun 3 kandungan yang sudah dijelaskan tadi manfaatnya sangat baik untuk tubuh kita.

2. Meningkatkan Konsentrasi Pada Otak

Redaksi yang hampir sama bahwa sapi adalah hewan yang mempunyai kandungan manfaat yang luar biasa. Ternyata hanya sekedar penambah untuk sumber energi pada tubuh, akan dapat meningkatkan daya tahan konsentrasi fokus pada otak. 

3. Menjaga Kestabilan Tubuh

Senyawa selenium yang yang terkandung dalam abon sapi sangat baik dalam membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Perlu diketahui bahwasannya senyawa selenium merupakan salah satu unsur kimia yang termaktub dalam dalam tabel periodik.

4. Baik Untuk Perkembangan Otot

Baik untuk perkembangan otot disini artinya abon sapi mempunyai banyak sekali kandungan protein. Sebagaimana protein hewani yang terkandung dalam daging sapi ini sangat banyak. Kita tahu bahwa protein adalah alat untuk membangun ataupun menyusun organ yang ada dalam tubuh kita.

5. Bisa Mencegah Anemia

Banyak orang yang mempunyai penyakit kekurangan darah. Penyebabnya adalah kurang banyak gerak ataupun bisa juga salah makan. Hal ini sangat dikhawatirkan bagi kita semua. Tetapi abon sapi mempunyai banyak kandungan yang bisa mencegah terjadinya penyakit kekurangan darah atau biasa disebut dengan penyakit Anemia.

6. Kesehatan Tulang Terjaga

Dalam kandungannya kalsium, posfor, dan vitamin D sudah terkandung dalam abon sapi. Selain vitamin D sudah ada dalam pancaran sinar matahari, vitamin D juga terkandung dalam abon sapi. Hal ini menunjukan bahwa abon sapi bisa menjaga kesehatan tulang karena mengandung zat besi.

Demikian penjelasan mengenai Cara Bikin Abon Sapi Rumahan semoga apa yang sudah dijelaskan ada manfaat yang diterima dengan baik.