Cara Bikin Roti Maryam Empuk dan Renyah

Roti Maryam

Roti maryam atau roti canai merupakan roti pipih khas India. Roti ini memiliki rasa gurih margarin dan manis dari taburan susu kental manis atau meses.Cara membuat roti maryam sangat mudah karena tidak perlu oven, hanya perlu teflon. Bentuk dan bahannya mirip dengan karala porotta. Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa juga dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan. Untuk itu hari ini saya akan berbagi  resep cara bikin roti maryam empuk, simak resep yang ada di bawah ini yaa!

Baca juga: resep ayam fillet goreng tepung saus mentega

Cara Bikin Roti Maryam Empuk

Bahan-bahan:

  • 1 kg tepung terigu
  • 4 sdm susu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 butir kuning telur
  • 450 ml air hangat
  • 2 butir telur atau tanpa telur juga bisa, sesuai selera masing-masing
  • 175 ml minyak goreng untuk adonan dasar
  • 100 ml minyak goreng untuk celupan
  • 50 gr margarin / butter/ minyak samin

Cara memasak roti maryam empuk:

  1. Campurkan minyak goreng, telur (2 butir telur dan 2kuning telur) dan air
  2. Aduk-aduk bahan tersebut di atas dengan menggunakan whisk, aduk rata
  3. Masukkan tepung terigu, garam dan susu bubuk. Uleni hingga kalis.
  4. Bagi adonan sama rata kira-kira 50 gram, bulatkan adonan. Olesi bagian atas dari adonan yang telah dibulatkan dengan minyak.
  5. Tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Giling adonan sampai tipis, bentuk oval panjang.
  7. Gulung menjadi gulungan panjang. Bentuk kerucut ke atas.
  8. Diamkan sebentar kemudian giling lagi dengan ketebalan 1/2 cm.
  9. Panaskan minyak dalam wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak, goreng hingga kecokelatan.
  10. Angkat dan beri topping sesuai selera. Selamat mencoba.
BACA JUGA  Resep Lepet Jagung Manis Legit dan Istimewa

Macam-macam tepung

  1. Tepung terigu

Tepung terigu berasal dari biji gandum murni alias daging gandum yang sudah bebas dari kulit arinya. Teksturnya halus, elastisitasnya juga tinggi.

2. Tepung ketan

Ketika diencerkan, tepung ketan akan lebih kental daripada tepung beras. Biasanya digunakan untuk membuat onde-onde, klepon, biji salak, opak, kue bugis, dan kue lain yang teksturnya liat dan agak-agak lengket. Karena mengandung vitamin E dan B yang tinggi, tepung ketan pas dikonsumsi oleh penderita diabetes dan ibu hamil.

3. Tepung beras

Biasanya, tepung beras ini sering digunakan untuk pembuatan kue tradisional seperti kue serabi, nagasari dan rempeyek. Tepung beras ini juga digunakan menjadi bahan baku untuk pembuatan bihun.

BACA JUGA  Cara Memilih Sebuah Mesin Gulung

4. Tepung jagung

Tepung ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan tepung terigu namun warnanya lebih pucat dan keruh. Jika digunakan pada sponge cake dan puding, tepung ini akan memberikan efek lembut. Sedangkan pada cookies, tepung ini memberi efek lebih renyah.

5. Tepung tapioka

Tepung tapioka dibuat dari pati singkong yang nyaris nggak mengandung protein sama sekali. Sifatnya kental dan lengket jika dipanaskan, makanya sering digunakan sebagai perekat makanan atau lem. Tepung tapioka sering digunakan untuk pembuatan pempek, cimol, cilok, dan batagor. Bisa juga digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bakso, atau sering juga dijadikan pengental pada berbagai tumisan.

6. Tepung sagu

Untuk membuat tepung ini, bagian tengah pohon aren dikeruk, dihaluskan, dicampur air, dan didiamkan hingga mengendap. Endapan inilah yang kemudian dikeringkan sampai berbentuk tepung. Tepung sagu ini paling sering digunakan untuk pembuatan bubur, pempek, kue bika ambon, kue bagea (kue kering khas Ambon), dan kue sagu tentunya.

Itulah resep cara bikin roti maryam empuk, selamat mencoba.