Cara Buat Soto Daging Bening Simpel ala Rumahan Mudah

Saat siang hari kamu pasti pengen makan yang seger-seger. Nah, jadi disini saya akan share resep cara buat soto daging bening yang simpel buat kamu coba bikin dirumah. Cara bikinnya simpel kok, kalian hanya harus mengikuti langkahnya dengan benar. Langsung saja ya kita masuk resepnya.

Resep Soto Daging Bening yang Wajib Kamu Coba

Jadi tenang saja, disini saya akan share 2 resep cara buat soto daging bening. Yaitu resep cara bikin soto daging sapi dan soto daging ayam. Keduanya kuahnya bening kok, dan pastinya wuenak. Kita mulai dari daging ayam ya…

1. Soto Daging Ayam

cara buat soto daging ayam bening

Jadi yang pertama adalah ini guys, jadi daging ayam kalo dibuat soto emang seger. Saya sendiri kalo pagi hari hobi banget makan soto. Jadi, simak resep ini baik-baik ya…

Bahan yang dibutuhkan:

Bahan utama:

  • Daging dada ayam kira-kira 500 gram

Bahan bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 sdt lada
  • sohun rebus seperlunya
  • tauge rebus seperlunya
  • daun bawang iris halus secukupnya
  • daun seledri iris halus secukupnya
  • bawang goreng secukupnya
  • kecap manis menyesuaikan
  • sambal cabai rawit

Langkah membuat soto daging ayam kuah bening:

  1. Rebus ayam sampai dagingnya empuk lalu goreng sampai agak kering, kemudian suwir-suwir dagingnya.
  2. Haluskan bumbu meliputi kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Haluskan sampai benar-benar halus.
  3. Jika sudah halus, tumis bumbu halus dilanjut dengan memasukkan geprekan daun salam, daun jeruk, dan sereh.
  4. Setelah di tumis, masukkan ke dalamnya air kaldu ayam sisa rebusan dan masukkan juga laos kedalamnya.
  5. Koreksi rasa jika belum pas bisa ditambah garam ataupun penyedap rasa.
  6. Untuk membuat sambal cabai rawit, caranya rebus sebentar kemudian di blender/diulek.
  7. Siapkan mangkuk berisi nasi, sohun, tauge, suwiran ayam, irisan daun bawang dan seledri, bawang goreng serta kecap dan sambal.
  8. Siramkan kuah soto diatasnya dan sajikan.

2. Soto Daging Sapi Kuah Bening

cara buat soto daging sapi bening

Jadi soto daging sapi emang paling Joss kalo dimakan abis bersepeda. Saya sendiri makan soto sapi selalu setelah pulang bersepeda. Rasanya seger membuat tenaga kembali hehe… Jadi simak resepnya baik-baik ya.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan utama:

  • 500 gram daging sapi
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 3 batang serai memar
  • 3 lembar daun salam
  • 2 liter air bersih
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 3 ruas jahe
  • 2 ruas kunyit
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk

Bahan pelengkap soto:

  • bihun/sohun
  • kecambah/tauge
  • kubis iris tipis
  • tomat belah 6
  • seledri iris
  • bawang merah goreng
  • perasan jeruk nipis

Langkah membuat soto daging sapi kuah bening:

  1. Cuci daging sampai bersih dengan air mengalir, lalu potong dadu dan sisihkan.
  2. Rebus 2 liter air dan masukkan potongan daging kedalamnya. Masak sampai empuk dan simpan air rebusan sementara dagingnya sisihkan.
  3. Masak kembali sisa rebusan yang sudah dibersihkan dan masukkan kembali potongan daging sapi.
  4. Haluskan semua bumbu halus lalu tumis dengan api sedang dan aduk sampai wangi.
  5. Jika sudah wangi, masukkan serai geprek, daun salam, serta daun jeruk purut. Aduk kembali sampai wanginya berubah.
  6. Masukkan tumisan ke dalam rebusan daging dan kaldu sapi dan aduk merata.
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya sambil tes rasa, kemudian masak daging sampai lunak sekalian tes rasa.
  8. Jika sudah mendidih, angkat dan pada mangkuk siapkan nasi dan bahan pelengkap lainnya. Lalu guyur dengan kuah soto dan diatasnya daging sapi. Sajikan.

Penutup:

Sekian artikel dari saya tentang cara buat soto daging bening. Kalau pembaca gak mager bisa coba buat dirumah. Dan semisal kalo mau resep lebih bisa mampir ke cara membuat soto daging bening. Sudah ya, saya cukupkan sekian dan selamat mencoba. Sampai jumpa.