Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang

Saat ini tidak sedikit pelaku usaha yang mulai merambah ke jualan secara online dibandingkan berjualan di toko fisik atau secara langsung. Kamu udah tahu atau belum nih tips dan triknya agar produk jualan kamu bisa laris dan semakin banyak diminati pembeli? Kalau belum tahu,  tenang aja kamu bisa ikutin Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang berikut ini.

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang

cara jualan di marketplace fb biar laris

1. Buat Akun Bisnis Sesuai dengan Ketentuan

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang tentu saja dimulai dengan membuat akun bisnis khusus terlebih dahulu. Membuat akun bisnis khusus di Facebook tidak terlalu sulit dan bisa kamu lakukan secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Untuk membuat akun bisnis khusus, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka browser kemudian masuk ke situs business.facebook.com.
  2. Setelah kamu sudah berhasil masuk ke halaman utama, klik opsi Buat Akun.
  3. Isi setiap data yang dibutuhkan, termasuk halaman fanspage. Jika kamu belum memiliki fanspage, kamu bisa membuat fanspage terlebih dahulu.
  4. Setelah semua data yang dibutuhkan sudah sesuai dan terlengkapi, kamu bisa menambahkan foto, alamat, dan admin yang lain.
  5. Apabila akun facebook bisnis kamu sudah berhasil dibuat, kamu bisa langsung menggunakan akun itu untuk berjualan. Manfaatkan juga berbagai fitur yang sudah disediakan Facebook seperti pengelola iklan dan fitur facebook marketplace yang lain.

2. Manfaatkan Grup Jual Beli Juga Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang

cara jualan di marketplace fb biar laris

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang yang selanjutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan grup jual beli yang sudah ada di facebook. Fitur facebook group merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi facebook. Di aplikasi Facebook terdapat banyak sekali grup yang secara spesifik digunakan oleh pengguna Facebook untuk kegiatan jual beli.

Nah, kamu bisa memanfaatkan keberadaan grup jual beli yang berada di facebook untuk memperluas jangkauan pemasaran produk jualan kamu.

Kamu hanya perlu bergabung di grup jual beli Facebook. Namun, kamu harus memastikan untuk bergabung dengan grup jual beli yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Contohnya, jika kamu menjual mebel rumah pastikan untuk bergabung dengan grup jual beli mebel atau jual beli perabotan rumah.

Karena biasanya anggota dari grup jual beli memang berisikan mereka yang sedang mencari atau membutuhkan barang yang sering menjadi topik pembahasan di grup jual beli itu. Itu artinya, peluang yang kamu miliki untuk memperoleh konsumen produk yang kamu jual semakin terbuka lebar.

3. Manfaatkan Fitur Marketplace

Cara berikutnya yaitu memanfaatkan semua fitur yang sudah ada. Salah satunya yaitu fitur marketplace. Ternyata fitur marketplace bisa mempermudah kamu ketika proses penawaran penjualan produk supaya bisa lebih efektif loh. Calon pembeli bisa mengetahui secara detail mengenai produk yang dijual, mulai dari foto, deskripsi, harga barang, dan yang lain sebagainya.

Sebenarnya hampir sama saat kamu berjualan di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak, dan lain sebagainya. Dimana mengharuskan kamu untuk mengisi spesifikasi barang sebagai informasi untuk pembeli tentang produk yang dijual. Tanpa adanya fitur ini, pastinya calon pelanggan akan merasa kesulitan untuk mengetahui kualitas produk yang ditawarkan.

4. Pelajari Target Pasar Juga Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang

cara jualan di marketplace fb biar laris

Sebelum kamu memulai untuk berjualan atau mengembangkan bisnis di Marketplace Facebook, kamu wajib mengenali target pasar kamu terlebih dahulu. Jika kamu sudah dapat memahami target pasar, pastinya akan lebih memudahkan kamu dalam merencanakan dan juga melakukan strategi pemasaran.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan solusi dari berbagai macam permasalahan yang dialami oleh calon pembeli dari penggunaan produk yang ditawarkan maupun produk yang dibeli di tokomu.

Apabila target pasar kamu bisa tertuju kepada orang yang tepat, besar kemungkinan untuk kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pasalnya, kamu telah berhasil mengiklankannya ke orang-orang yang tepat juga.

5. Melakukan Riset

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang yang berikutnya yaitu melakukan riset. Sebelum kamu memulai bisnis di Facebook Marketplace, alangkah baiknya bila kamu melakukan riset terlebih dahulu dengan cara memeriksa barang-barang apa yang banyak dicari pada kategori produk yang serupa dengan produk jualan kamu. Periksa juga halaman toko yang menjual barang atau produk yang sama dengan yang kamu jual tersebut.

Cari tahu juga apakah sudah ada produk lainnya yang semacam dengan produk yang sudah dijual di Facebook Marketplace. Setelah itu, lihatlah perbedaannya dengan produk yang akan kamu jual, usahakan produkmu memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan produk dari toko lain sehingga produkmu lebih menarik minat pembeli.

Selain itu, tinjau juga harga dan deskripsi produk yang semacam dengan produk jualan kamu. Apabila memungkinkan, berikan harga produk yang lebih rendah untuk produkmu dibandingkan produk milik pesaing atau jelaskan mengapa produk yang kamu jual lebih berharga daripada produk pesaing.

Dengan mengeksplor Facebook Marketplace sebelum kamu mulai menggunakannya untuk jualan atau berbisnis, kamu terlebih dahulu bisa mendapat gambaran tentang bagaimana ekosistem jual-belinya, standar harga, dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menarik minat dan perhatian para pembeli. Kamu juga bisa menambah nilai produkmu dari menemukan keunggulan produk dari pesaing yang menjual produk semacam dari tokomu

6. Kualitas Produk yang Baik

Selain dari hal operasional usaha, seperti menentukan strategi marketing dengan mengunggah foto produk secara massal, melakukan riset, dan yang lainnya. Kamu juga harus mememberikan produk yang kamu jual kepada konsumen memiliki kualitas yang baik. Seimbangkan antara promosi yang dilakukan dengan kualitas produk, karena jika produk yang kamu jual berkualitas tentunya akan menjadi kekuatan bisnis kamu juga nih.

Misalnya bisnis kamu ternyata peminatnya cukup banyak ditambah harga yang kamu berikan relatif tinggi, tetapi kenyataannya produk yang diberikan kualitasnya rendah. Sudah bisa dibayangkan, pelanggan kamu nggak bakalan kembali lagi untuk membeli produk di toko kamu.

Jadi, jangan sampai nih calon pelanggan kamu kabur hanya karena kualitas produk yang buruk.

Wah, cukup panjang juga ya pembahasan kali ini tentang Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Bisnis Cepat Berkembang. Gimana nih, jadi paham kan caranya? Pastinya paham yaa. Selamat mencoba agar bisnis kamu berkembang dengan cepat!