Cara Memasak Udang Bakar Madu Yang Enak dan Gurih

Halo semuanya, apa kabar? Saya harap Anda baik-baik saja. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara memasak udang bakar madu yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah. Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Udang

Udang dengan nama latin Penaeus sp merupakan hewan yang hidup di perairan yang berbeda, khususnya hewan ini hidup di sungai, danau dan laut, bahkan udang dapat ditemukan di semua jenis air, baik air tawar maupun air payau dan air asin dengan kadar yang berbeda. terendah.

Secara morfologi udang terdiri dari dua bagian yaitu kepala yang menempel pada dada ( cephalothorax ) dan tubuh ( perut ) yang memiliki ekor di belakangnya. menurut para ahli sebagai berikut

Jenis Udang

Udang Dogol

Di Amerika disebut ” udang merah muda “, sedangkan di Indonesia udang jenis ini disebut udang Dogol. Udang ini berwarna merah muda kekuning-kuningan, disebut juga dengan pink & nbsp; namun ada juga yang berwarna kuning kehijauan, biasa disebut dengan ” udang putih kuning ” akan.

Di Amerika, udang ini banyak ditemukan di pantai barat Florida. Udang, yang populer sebagai hidangan seafood, tidak terlalu tinggi dan oleh karena itu sering disebut sebagai “udang salad” karena sering digunakan dalam salad udang. Salah satu cara menikmati udang Dogol yang terbaik adalah dengan memasaknya dengan ditaburi tepung lalu digoreng hingga renyah & nbsp; atau garing. Rasanya harus benar-benar enak.

Udang jerbung

Nama lain udang jerbung adalah udang putih, karena memiliki kulit yang halus dan tipis berwarna putih kekuningan dengan bintik-bintik hijau. Panjang tubuh udang jerbung bisa mencapai 8 inci. Tekstur udang ini padat, sehingga menawarkan berbagai pilihan pengolahan kepada koki.

Udang ini bisa dimakan setelah dikukus, dimasak, dibakar, atau digoreng, misalnya. Namun, udang ini tidak cocok untuk dibakar karena kulitnya tipis dan ukurannya tidak terlalu besar (mudah gosong). Ada tiga jenis utama udang, yaitu & nbsp; Gulf White, Chinese White dan & nbsp; Pacific White .

Udang ini adalah pilihan tepat bagi banyak koki karena rasanya yang klasik, teksturnya yang padat, rasanya yang manis, dan mudah dibersihkan.

Udang Windu (Penaeus monodon)

Macan udang, juga dikenal sebagai ” udang windu ” (untuk nama dagang) atau scallop prawn, adalah salah satu produk makanan laut yang paling penting secara komersial di Asia, dengan Amerika sebagai salah satu ekspor utama tujuan,udang yang relatif besar ini dapat ditemukan di pesisir Asia Tenggara, Australia, Asia Selatan dan Afrika Timur.

Udang macan memiliki kulit yang keras dan tebal dengan warna yang berbeda-beda, seperti hijau kebiruan dengan garis-garis gelap dan kemerahan dengan garis-garis coklat,udang macan cocok untuk diolah menjadi tempura udang, udang besar umumnya dimasak dan dinikmati sebagai udang bakar madu, gulai udang, dan sate udang.

Ronggeng udang

Udang dengan nama latin Lysiosquilla Maculate ini memiliki keunikan tersendiri, seperti matanya yang bisa berputar 360 derajat. Hewan ini juga memiliki duri yang cukup keras terutama pada bagian antena dan kepala. Tubuh udang ronggeng dilindungi oleh cangkang keras yang konon mengandung kapur. Bentuk tubuhnya sendiri menyerupai belalang sembah atau belalang sembah.

Jenis udang ini hidup di perairan karang yang merupakan tempat yang banyak terdapat karang, granit, terumbu karang atau batuan vulkanik. Daging udangnya gurih dan manis. Sebelum diolah, udang harus direbus dalam air panas untuk membunuhnya. Cangkangnya bisa dilepas dengan cara dipotong dari sisi kiri atau kanan.

Udang ronggeng bisa diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Di tengah-tengah

Cara Memasak Udang Bakar Madu

 Cara Memasak Udang Bakar Madu

Baca juga : Cara Membuat Udang Bakar Madu Yang Enak dan Mudah

Bahan Cara Memasak Udang Bakar Madu :

  • 1 kg udang galah, bersihkan sungut, biarkan kulit dan kepala, belah punggung
  • 1 sdm margarin

Bahan marinasi :

  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 80 ml Jawara Saus Sambal Hot
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm Bango Kecap Manis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 2 sdt parutan kulit jeruk lemon
  • 2 sdm minyak

Bahan pelengkap :

  • 10 g daun ketumbar
  • 1 buah jeruk nipis, belah 2
  • 1 buah mentimun, iris memanjang

Cara Memasak Udang Bakar Madu :

  1. Masukkan semua bahan perendam termasuk Saus Sambal Jawara Hot dan Bango Kecap Manis ke dalam mangkuk, aduk rata.
  2. Masukkan udang ke dalam saus perendam, aduk rata. Diamkan minimal 25 menit.
  3. Panaskan wajan pemanggang di atas api besar. Olesi permukaannya dengan margarin. Panggang udang sambil dilumuri saus perendam hingga matang.
  4. Angkat dan sajikan dengan bahan pelengkap.

Nah itulah Cara Memasak Udang Bakar Madu yang enak dan simpel bisa dibuat sendiri dirumah serta bahan-bahannya juga mudah didapatkan maupun dipasar atau di supermaret.