Cara Membuat Briket Dari Cangkang Sawit

Transformasi yang bersifat kekinian, dimana varinitas kelapa Sawit tidak hanya sekadar dijadikan sebagai sumber penghasil minyak. Melainkan juga memanfaatkan tumpukan limbah produksi cangkang yang selama ini menjadi keluhan. Sesuatu hal yang diterlantarkan begitu saja nyatanya mampu diolah menjadi bahan baku yang bernilai rupiah tinggi, ramah lingkungan sekaligus tanpa pencemaran polusi. Sebut saja salah satu diantaranya ialah dengan menjadikan cangkang atau tempurung Sawit sebagai Briket Arang. Karakteristik keras tempurung yang mengandung kombinasi unsur di dalamnya. Diantaranya seperti kadar air yang lembab, intensitas abu yang rendah, penguapan yang tinggi dan kandungan Karbon aktif yang sedang menjadikannya sebagai bahan baku yang efesiensi. Untuk lebih jelas, alangkah baiknya anda mengetahui keunggulan cangkang Sawit sebagai Briket arang secara kompleks. Sebagai penawar rasa penasaran tersebut, sebaiknya anda membaca ulasan di bawah ini sampai tuntas.

Manfaat Cangkang Sawit Sebagai Briket Arang

Pada dasarnya Briket arang merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang menjadikan kayu dan tempurung sebagai media utamanya. Briket ini diproyeksikan mampu menggantikan sumber daya alam purba yang sangat digemari oleh kebutuhan masyarakat. Bahan Briket sendiri, diproses dengan cara dihaluskan terlebih dahulu yang kemudian dicampur dengan tempung kanji dan dibentuk dalam cetakan khusus sesuai kebutuhan. Proses yang berlangsung tersebut, sudah pasti akan berimbas pada kegunaan kualitas Briket arang yang berbahan dasar dari cangkang Sawit. Adapun beberapa keunggulan cangkang Sawit sebagai Briket arang ialah akan dipaparkan secara lugas sebagai berikut:

BACA JUGA  Cara Pembuatan Briket dari Tempurung Kelapa

Hemat dan Ekonomis

Keunggulan pertama dari Briket arang yang berbahan dasar dari cangkag Sawit ialah hemat dalam penggunaan. Bahan baku alternatif ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghemat anggaran kebutuhan dapur sehari-hari. Hemat dalam pemakaian bahan baku sangat mempengaruhi budget belaja dan tahan lama. harganya ekonomis namun kualitasnya terpercaya, tidak diragukan lagi.

Lebih Aman

Dengan memilih Briket arang cangkang Sawit sebagai bahan bakar utama dalam memenuhi kebutuhan, berarti anda telah menghindari resiko yang tidak diinginkan. Utamanya kecelakaan pembakaran ataupun resiko meledaknya tabung. Sebab dengan menggunakan Briket arang ini keselamatan anda akan lebih terjamin.  

Ramah Lingkungan

Pemanfaat limbah produksi cangkang Sawit ini juga memiliki keunggulan ramah terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan karena cangkang Sawit memiliki kandungn unsur yang kaya manfaat. Diantaranya mulai dari memiliki ash content (kadar abu) yang minim, yakni kurang lebih sekitar 2-3%. Sehingga bekas pembakarannya lebih menyisakan abu yang minim. Mengandung intensitas kadar air yang lembab (moisture in Analysis), yakni sebesar 7-8%. Selain itu, memiliki pula Karbon Aktif sekitar murni (fixed carbon) dengan banyak intensitas sebesar 20-22%. Serta kuantitas volatile matter (kadar penguapan) yang dapat dikategorikan lumayan tinggi, yakni berkisar 69-70%. Semua kandungan unsur tersebut menjadikan cangkang Sawit sebagai media utama bahan bakar yang statusnya ramah terhadapa lingkungan.

Tahan Lama (Awet)

Briket arang cangkang Sawit juga memiliki keunggulan dalam proses pembakaran. Dalam artian memiliki durasi panjang tatkala digunakan. Singkatnya tahan lama alias awet dalam pemakaian. Tidak heran apabila Briket berbahan baku cangkang Sawit menjadi salah satu alternatif yang sangat baik dan rekomendasi untuk dijadikan bahan bakar sehari-hari. Terlebih-lebih kualitas awet ini diimabngai dengan entitas harga yang ekonomis.

BACA JUGA  Jasa Wc Mampet Bali Solusi Jitu Tanpa Banyak Babibu

Tidak Berasap

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Briket arang cangkang Sawit ialah mengandung intensitas kadar penguapan yang dapat dikategorikan lumayan tinggi, (volatile matter) yakni berkisar 69-70%. Dengan demikian, hal ini berarti akan jauh lebih bersahabat terhadap lingkungan sekitar. Karena cangkang Sawit mengandung ini zat sulphur karbon yang relatif lebih rendah dibandingankan yang lain, sehingga dapat mengurangi pencemaran polusi udara.

Tidak Berbau

Menggunakan Briket ini, tidak akan mengeluarkan aroma tidak sedap dan aneh-aneh. Sebab Briket arang cangkang Sawit tidak berbau sama sekali. Sehingga sangat cocok untuk bahan bakar utama dapur anda.

Pembakaran Maksimal

Selain itu, penggunaan Briket arang ini juga memiliki keunggalan dalam hal pembakaran yang maksimal. Sebab daya panas dihasilkan bersifat kontinu dan stabil. Sangat pas untuk memasak dan lain sebagainya.

Pemanfaat Sumber Daya yang Mudah Diperbaharui

Cangkang Sawit yang merupakan limbah produksi industri yang melimpah (terbuang sia-sia) dapat dijadikan sebagai sumber daya yang mudah diperbaharui. Dalam artian menjadi media utama hadirnya Briket arang cangkang Sawit sebagai salah satu bahan bakar alternatif.

Baca juga: Alat Pembuat Briket