Cara Membuat Ice Coffee Latte Penghilang Stress!

Saat WFH seperti saat ini, pastinya anda merasa bosan ya. Nah, untuk menemani kebosanan anda, bisa siapkan es kopi kekinian lho! Contohnya ice coffee latte yang sanagat segar. Dijamin akan membuat anda kerja lebih semangat lagi. Berikut akan dijelaskan cara membuat ice coffee latte, simak terus ya!

Cara Membuat Ice Coffee Latte

Langkah 1: Menyeduh Kopi

Beli kopi dalam bentuk biji lalu giling menggunakan mesin pembuat kopi untuk menghasilkan bubuk kopi yang konsisten. Setelah itu segera menyeduhnya untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Seduhlah kopi dengan metode yang anda sukai seperti french press, aeropress atau pour over.

Langkah 2: Dinginkan Kopi

Setelah selesai diseduh, biarkan kopi dingin dengan sendirinya lewat suhu ruang. Apabila sudah dingin sempurna, masukkanlah ke dalam ice cube tray dan biarkan semalaman sampai membeku di lemari es.
 

Langkah 3: Buat Cold Brew

Cold brew merupakan minuman kopi yang memakai metode perendaman menggunakan air biasa dengan suhu ruangan atau air dingin. Ingat ya, cold brew tidak pernah terkena paparan atau suhu panas, sehingga rasanya akan lebih ringan dan istimewa. 

Kenapa harus bikin cold brew  terlebih dahulu? Karena bagi anda yang suka rasa agak strong, cold brew akan memberikan rasa iced coffee latte yang lebih intens.

BACA JUGA  Cara Fermentasi Pakan Kambing

Langkah 4: Buat Susu

Siapkan wadah, lalu tuangkan 1 cangkir susu full cream hangat dan 2-3 sendok makan cream. Aduk secara merata hingga teksturnya berbuih atau foamy. Tapi, jika anda tidak mempunyai cream bisa menggunakan susu full cream saja yang sudah direbus dan diaduk hingga menghasilkan buih.

Langkah 5: Meracik Iced Coffee Latte

Siapkan gelas, lalu masukkan es batu kopi yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, segera masukkan cold brew dan susu full cream hangat. Lalu es batu akan segera mencair saat terkena susu hangat. 

Langkah 6: Tambahkan Ekstra Kenikmatan

Bagi anda yang suka whipped cream, bisa menambahkannya dibagian paling atas gelas saji. Anda juga bisa menambahkan pemanis seperti gula cair, sirup, ekstrak vanila hingga sedikit kayu manis. 
 

Langkah 7: Aduk dan Nikmati Kesegarannya!

Langkah yang terakhir yaitu aduk dan nikmati kesegaran ice coffee latte. Hanya membutuhkan 7 langkah mudah untuk membuat ice coffee latte di rumah. Yuk cobain ya!

Kopi Latte

Pada dasarnya latte ini dibuat dengan mencampurkan kopi dengan susu. Meski begitu saat ini sudah banyak jenis latte yang dipadukan dengan berbagai macam rasa seperti mocca, cokelat, dan lainnya. Latte sendiri sudah diketahui memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan kopi hitam. Tetapi kopi hitam dianggap lebih sehat karena tidak mengandung susu atau tambahan komposisi lainnya. Berikut manfaat dari latte:

  • Sumber antioksidan yang baik.
BACA JUGA  kontraktor pembuatan ruang kedap suara professional

Kopi termasuk salah satu sumber antioksidan yang baik lho. Bukan diminum, tetapi dengan menghirup aromanya saja sudah cukup. Menghirup aroma kopi sama dengan antioksidan tiga buah jeruk. Anda tahu kan jika antioksidan membantu tubuh melawan penyakit.

  • Efektif menghilangkan stres.

Apabila anda stress karena tugas sekolah atau kuliah yang menumpuk atau stress karena dimarahi atasan, kopi bisa membantu menghilangkan stress itu lho! Kopi yang memiliki aroma nikmat bisa membuat hari menjadi tenang meski hanya menghirupnya. Dan untuk para wanita, meminum kopi setiap hari akan meningkatkan serotonin yang bisa membuat anda tidak depresi atau stres.

Nah, itu tadi penjelasan tentang cara membuat ice coffee latte dan manfaat dari kopi. Jadi kapan anda ingin mencoba membuat ice coffee latte? Selamat mencoba ya!