Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sabut Kelapa yang Mudah

Bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa? simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut!

Indonesia adalah negara tropis, tak heran banyak kita temui pepohonan kelapa di sekitar kita. Pohon kelapa dikenal dengan segudang manfaatnya, karena semua bagiannya bisa dimanfaatkan mulai dari akar hingga daun tak terkecuali dengan sabut kelapa.

Buah kelapa muda dewasa ini sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Terlebih saat pandemi ini kita memerlukan minuman yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman kelapa muda adalah salah satu pilihannya. Anda pasti sudah tahu jika air kelapa yang memiliki segudang manfaat, namun bagaimana dengan sabut kelapa?.

Artikel Lainnya : Kenapa Minum Air Kelapa Badan Jadi Lemas ?

Potensi Saput Kelapa Menjadi Produk Kerajinan

Siapa sangka sabut kelapa yang selama ini kita anggap menjadi limbah ini bisa dimanfaatkan menjadi beberapa produk yang berguna.

Jika biasanya hanya berakhir sebagai kayu bakar, kali ini sabut kelapa bisa diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual. Beberapa produk kerajinan dari sabut kelapa diantaranya yaitu keset, sapu ijuk, tali, matras, jok kendaraan, cocopot, cocomesh, dan lain sebagainya. Dapatkan produk cocomesh terbaik hanya di Rumah Sabut.

Kelebihan yang dimiliki oleh kerajinan yang cibuat dari bahan dasar sabut kelapa yaitu mudah diproses, bahan mudah didapatkan dan murah. Selain itu juga memiliki tingkat densitas yang rendah, ramah lingkungan.

BACA JUGA  3 Cara hasilkan uang secara mudah tanpa kerja keras

Pemanfaatan sabut kelapa yang belum optimal sebenarnya disebabkan karena tidak ada pelatihan yang intensif kepada para pengrajin sehingga bisa meningkatkan nilai produk sabut kelapa.

Selain itu juga disebabkan oleh kurangnya teknologi atau alat yang bisa memisahkan bagian-bagian buah kelapa. Ditambah dengan kurangnya informasi mengenai manfaat serabut kelapa.

Banyak masyarakat kita yang masih beranggapan bahwa buah kelapa hanya dapat dimanfaatkan air dan daging buahnya saja. Hal inilah yang membuat bisnis kerajinan dari sabut kelapa belum banyak digeluti masyarakat. Padahal jika dimanfaatkan secara serius, bisnis kerajinan dari sabut kelapa muda ini bisa sangat menguntungkan.

Produk dari sabut kelapa yang masih banyak digemari oleh masyarakat kita yaitu keset sabut kelapa. Seiring dengan banyaknya produk keset berbahan lain, tak membuat keset sabut kelapa sepi peminat. Hal ini karena keset sabut kelapa dikenal kuat, tahan lama, serta mampu membersihkan kotoran pada alas kaki secara maksimal. Penasaran bagaimana cara membuat kerajinan dari sabut kelapa ini? yuk kita simak informasinya berikut ini!

Cara Membuat Keset Dari Sabut Kelapa

Pada dasarnya pembuatan keset sabut kelapa dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan manusia. Meskipun begitu, proses pemisahan serat kelapa dengan serbuk gabusnya menggunakan mesin khusus. Berikut ini beberapa langkah membuat keset sabut kelapa:

BACA JUGA  Harga Cooker Hood Rinnai: Menilik Model yang Ditawarkan Cooker Hood Rinnai

Bahan dan alat yang Anda butuhkan diantaranya yaitu sabut kelapa, palu, dan pusai atau gunting besar. Serat-serat kelapa yang sudah terurai dan sudah melalui beberapa tahap pengolahan pun siap dijadikan keset sabut kelapa. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

Pertama , siapkan tempat untuk membuat anyaman sabut, Anda bisa menggunakan tiang yang agak panjang. Setelah itu, siapkan juga tali. Tali ini akan dijadikan sebagai alur pada saat penganyaman. Selanjutnya, Anyam sabut kelapa dengan cara seperti menenun. Masukkan sabut kelapa dari atas, lalu tata sejajar hingga semua bagiannya terisi penuh.

Setiap kali Anda mendapatkan satu baris, rapatkan tenunan sabut kelapa dengan cara dipukul-pukul dari atas. Hal ini bertujuan agar keset sabut kelapa yang dihasilkan nantinya bisa padat dan kuat. Setelah selesai ditenun, keset sabut kelapa selanjutnya dirapikan dengan menggunakan pisau atau gunting gunting besar. Keset sabut kelapa pun siap digunakan.

Anda juga dapat menambahkan tulisan atau motif-motif tertentu dengan menggunakan cat. Dengan begitu, keset sabut kelapa pun terlihat lebih menarik. Demikian tadi cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.