Cara Membuat Keripik Pisang Gurih yang Gurihnya Bikin Waooo

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat keripik pisang gurih dengan enak dan mudah. Namun, tahukah kamu apa itu keripik pisang?? Mari kita simakā€¦

Selain itu resep keripik pisang renyah ini dapat dibuat dari semua jenis pisang khususnya pisang yang memiliki nilai ekonomi yang rendah dan tidak dimanfaatkan sebagai buah pencuci mulut seperti buah pisang raja nangka dan pisang kepok.

Resep keripik pisang gurih ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat dan merupakan produk yang banyak dipasarkan setiap waktu serta dapat diproduksi setiap saat mengingat produksi dan ketersediaan buah pisang. Di masyarakat dan di pasar sangat banyak, ada bermacam variasi dalam pembuatan kripik pisang.

Keripik pisang sudah dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia sejak dulu. Kreasi olahan dari buah pisang sampai sekarang masih diminati banyak orang karena makanan ringan pisang ini dikenal cukup enak dan manfaat gizinya juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Jenis tanaman pisang memang bermacam macam jenisnya, namun tidak semua jenis bisa diolah menjadi keripik pisang hanya jenis tertentu saja yang bagus digunakan sebagai bahan baku keripik pisang. Keripik pisang bisa diolah secara tradisional atau melalui penggorengan biasa dan bisa juga diolah melalui mesin keripik buah.

Kali ini kami akan memperkenalkan jenis keripik pisang yang diolah secara tradisional. Cara pengolahannya tidaklah rumit resep khususnya juga sudah diketahui umum. Karena cara pengolahan tradisional keripik pisang adalah salah satu warisan yang turun temurun dikenal oleh generasi pendahulu kita.

Pisang yang kita pilih harus jenis yang bisa diolah menjadi keripik pisang. Tidak boleh terlalu matang atau masih mendekati matang agar pada waktu proses menggoreng pisang bisa lebih cepat kering dan tidak mudah gosong.

Cara Membuat Keripik Pisang Gurih yang Gurihnya Bikin Waooo

Bahan yang Digunakan untuk membuat Keripik Pisang Gurih:

  • Pisang ambon 10 buah
  • Gula pasir 200 gram
  • Garam halus 1 sdt
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 2 L
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Pisang Gurih:

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris tipis tipis
  2. Siapkan wadah yang bersih
  3. Lalu tuangkan air 1 liter kedalam deep fryer penggorengan
  4. Masukkan kapur sirih
  5. Aduk hingga tercampur dengan rata
  6. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis kedalamnya
  7. Rendam selama kurang lebih 1 jam
  8. Siapkan wadah yang bersih lainnya
  9. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam
  10. Aduk sampai rata
  11. Siapkan penggorengan dengan api sedang
  12. Biarkan hingga minyak mulai panas
  13. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Lalu angkat dan tiriskan.
  14. Rebus 1 liter dengan gula. Aduk hingga gula larut.
  15. Setelah itu rebus hingga larutan gula itu mengental
  16. Masukkan pisang yang sudah digoreng kedalam rebusan gula.
  17. Aduk hingga semua pisang sudah terselimuti dengan gula
  18. Angkat dan tiriskan. Keripik pisang renyah siap disajikan.

Berikut Manfaat Serat yang Terkandung Keripik Pisang Super Renyah:

  • Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolonel.
  • Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah. Ini sebabnya orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung lebih langsing.
  • Asupan serat tinggi terbukti mempengaruhi timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.
  • Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dan menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik.
  • Serat membuat makan menjadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh, sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.
  • Dan serat yang larut dapat menolong mereka yang mengalami iritasi pada usus.

Manfaat Keripik Pisang Super Renyah Bagi Kesehatan Kita

1. Mencegah Penyakit Asma

Asma termasuk penyakit kronis pada saluran pernapasan. Nah, kandungan keripik pisang bisa untuk menangani penyakit asma. Yuk mulai makanan sehat untuk mencegah terjadinya penyakit asma.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Otak juga dapat dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi keripik pisang. Kandungan yang ada di dalam keripik ini bisa melindungi otak dari penyakit. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh serat yang mencegah kolesterol meningkat.

3. Mencegah Kanker

Pisang mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, rasa pisang tersebut melindungi kamu dari berbagai serangan penyakit. Selain itu penyakit kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi keripik pisang.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi olahan pisang secara rutin. Kandungan serat yang tinggi membuat sistem pencernaan tetap terjaga. Tak hanya mencegah sembelit, pisang pun juga efektif untuk mengobati penyakit diare.

5. Mencegah Anemia

Penderita anemia disarankan untuk memakan pisang karena efektif menambah darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi. Pisang juga membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan lebih sehat.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Keripik pisang yang juga membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya sanagat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi mata sehingga bisa mencegah kita dari resiko rabun atau katarak.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lainnya dari keripik pisang yaitu sangat baik untuk melancarkan peredaran darah tubuh kita. Kandungan kalium yang terdapat pada makanan ini membantu mengatur tekanan darah sehingga peredaran darah akan tetap lancar.

8. Membantu Pencernaan Usus

Kandungan serat yang ada dalam makanan ini sangat baik membantu pencernaan usus. Dengan rajin mengkonsumsinya maka kita bisa mencegah dari resiko penyakit usus.

9. Menormalkan Pencernaan Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga fungsi jantung kita bisa mengkonsumsi keripik pisang. Kandungan kalium yang terdapat dalam makanan ini mampu menambah nutrisi tubuh yang mendukung fungsi jantung sehingga jantung bisa berfungsi dengan normal.

Sekian cara membuat keripik pisang gurih ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.