Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan cemilan yang satu ini. Keripik singkong, makanan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu. Sehingga tidak heran jika cemilan keripik singkong ini menjadi jajanan paling melegenda di Indonesia. Tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, keripik singkong ini bahkan sudah dikenal hingga mancanegara. Karena semakin berkembangnya zaman, kini keripik singkong tidak hanya memiliki varian rasa original atau asin gurih saja. Tetapi kini juga ada rasa manis, pedas, pedas manis, barbeque, jagung bakar, namun yang lebih terkenal saat ini adalah keripik singkong balado. Negara-negara tersebut adalah Hongkong, Korea Selatan, Belgia, Jerman, Belanda dan beberapa negara lainnya. Proses pembuatan cemilan satu ini juga cukup mudah dan bahan utamanya juga mudah dicari, jadi kamu bisa membuatnya sendiri. Mungkin resep cara membuat keripk singkong balado dibawah ini bisa membantu kamu untuk membuat cemilan legenda satu ini.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Bahan Utama:

  • Singkong 1 kg
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu Balado:

  • 250 gram cabai merah keriting atau cabai merah besar
  • 200 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 5 siung bawang putih
  • Daun jeruk 5 lembar
  • 3 mata asam jawa
  • Minyak goreng 3 sdm
  • Garam 1 sdt

Cara Membuat Keripik Singkong Balado:

  1. Kupas singkongnya terlebih dahulu, setelah itu cuci hingga bersih singkong yang telah dikupas tadi.
  2. Singkong yang sudah dicuci bersih, kemudian dipotong-potong tipis, tetapi jangan terlalu tipis juga agar nanti saat diolah tidak mudah remuk. Nah jika kamu tidak ingin repot saat memotog singkong tersebut, kamu bisa menggunakan mesin keripik singkong.
  3. Siapkan sebuah panci yang lumayan besar, tuangkan air ke dalamnya. Rebus air hingga mendidih, jika sudah mendidih masukkan singkong yang sudah dipotong-potong ke dalam air yang mendidih. Tunggu hingga singkong menjadi setengah matang.
  4. Jika singkong telah matang, angkat dan tiriskan airnya. Atau kamu juga bisa menjemur singkong dibawah sinar matahari. Tunggu hingga potongan singkongnya kering.
  5. Setelah itu panaskan minyak goreng dalam jumlah yang lumayan banyak, lalu masukkan potongan singkong ke dalam minyak yang telah dipanaskan.
  6. Goreng singkong dengan api sedang hingga berwarna keemasan atau hingga matang. Apabila sudah singkong sudah matang, angkat dan minyaknya ditiriskan.
  7. Selanjutnya untuk membuat bumbu baladonya, haluskan cabai, asam jawa dan bawang putih.
  8. Panaskan kembali min yak goreng, tetapi dengan kondisis yang lebih sedikit, kemudian tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan bersama dengan daun jeruk.
  9. Apabila sudah agak harum, masukkan gula pasir, gula merah atau gula jawa, garam dan 50 ml air. Semua bumbu tersebut diaduk terus hingga airnya menyusut dan bumbunya mengental . Lalu jika sudah bumbu halusnya mengental, matikan apinya.
  10. Selagi bumbu balado masih dalam kondisi panas, segera masukkan keripik singkong yang tadi digoreng. Aduk perlahan hingga keripik dan bumbu halusnya tercampur merata.
  11. Jika keripik singkong sudah terbalut bumbu balado dengan rata, kamu bisa memasukkannya ke dalam toples. Namun jangan langsung ditutup, tunggu dingin terlebih dahulu ya.
BACA JUGA  Tumpeng nasi kuning spesial

Baca Juga : Mesin Keripik Singkong Multifungsi

Keripik Singkong Balado Bisa Dijadikan Ide Jualan

Dengan kondisi zaman yang semakin berkembang dan maju, hal tersebut cukup berdampak positif bagi bidang kuliner. Karena sekarang ini banyak yang yang bereksperimen membuat makanan dengan tampilan baru yang dapat membuat banyak orang ingin mencoba memakannya. Khususnya pada bidang kuliner jenis makanan ringan atau cemilan. Sekarang ini banyak yang membuat jajanan tradisional atau jajanan yang sudah ada sejak nenek moyangmenjadi makanan kekinian. Sebagai contohnya yaitu cemilan keripik singkong, makanan ringan satu ini sudah ada sejak dahulu. Pada zaman dulu makanan ini sangat legendaris, karena banyak orang yang memakannya. Selain itu juga cemilan ini cukup mudah untuk dibuat sendiri dirumah, dan biasanya mempunyai rasa gurih asin yang renyah.

BACA JUGA  TENTANG MYZA BSD CITY

Nah sekarang ini tidak hanya ada keripik singkong yang memiliki rasa gurih asin sjaa, tetapi juga ada rasa manis, pedas, pedas manis, balado dan rasa barbeque atau rasa daging sapi panggang. Namun yang paling terkenal yaitu rasa original yaitu gurih asin dan rasa balado. Dengan kelebihan makanan ini menjadi makanan legendaris, kamu bisa membuka bisnis kekinian dengan produk cemilan ini. Dijamin akan banyak orang yang membelinya, apalagi jika kamu menjual keripik singkong dengan berbagai varian rasa.

Pada pembahasan mengenai cara membuat keripik singkong balado yang akan dijamin renyah apakah kamu ingin membuatnya sendiri dirumah? Kamu bisa melihat resep diatas tadi, jadi tidak perlu khawatir gagal. Untuk bahan utamanya, yaitu singkong, kamu bisa membelinya dipasar tradisional atau warung sayuran. Kamu juga bisa menanam sendiri singkongnya. Jika kamu ingin menjualnya, kamu bisa menjualnya mulai dari harga 2000an yang dibungkus menggunakan plastik seperempatan. Tidak perlu ragu untuk mencoba memulai bisnis keripik singkong ini, dijamin akan banyak orang yang akan tertarik untuk mencoba membeli dan menikmatinya. Selamat mencobanya.