Cara Membuat Korean Cream Cheese Garlic Bread

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat korean cream cheese garlic bread. Jajanan asal Korea yang sedang populer di Indonesia ini cara pembuatannya sangat mudah, dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut ini untuk informasi lebih jelasnnya!

Korean Cream Cheese Garlic Bread

Cara Membuat Korean Cream Cheese Garlic Bread

Roti bawang putih yang dibuat kali ini bukan korean cream cheese garlic bread yang menjadi viral tahun lalu, bukan? Sebaliknya roti bawang putih, yang resepnya berasal dari Italia dan sudah muncul sejak abad ke-15 (1600). Bahkan, diyakini sudah ada sejak Roma kuno.

Roti bawang putih (juga disebut roti bawang putih) adalah roti yang atasnya atau dilapisi dengan bawang putih dan minyak zaitun atau mentega dan kadang-kadang ditaburi dengan rempah-rempah seperti oregano atau daun bawang. Cara memasaknya dengan menggoreng.

Sebagai aturan, baguette atau penghuni pertama (ciabatta) digunakan sebagai roti, yang dipotong melintang agar olesan bawang putih bisa meresap ke dalam roti. Dan bawang putih yang digunakan bisa diganti dengan bawang putih bubuk.

Roti bawang putih sangat populer di Eropa dan dapat ditemukan di banyak toko kelontong dan restoran. Beberapa negara Eropa memiliki variasi nama dan resep roti bawang putih sendiri. Seperti yang dikenal di Jerman sebagai roti bawang putih, di Yunani bahan tambahan berupa zaitun dan bawang biasanya digunakan.

Di Prancis, terutama di Provence, sekarang disebut chapon dan disajikan dengan salad. Penggunaan mentega dalam roti bawang putih (bukan minyak zaitun) adalah sering dilakukan di Inggris.

Fakta Korean Cream Cheese Garlic Bread

Cara Membuat Korean Cream Cheese Garlic Bread

1. Mulai dari jajanan pinggir jalan

Roti keju bawang putih Korea rupanya bukan jajanan baru di tanah airnya. Sandwich krim keju dengan saus bawang putih ini semakin populer di Korea Selatan sejak akhir tahun lalu. Namun, roti ini baru saja viral dan ramai dibicarakan di dunia maya pada awal tahun 2020 dan sekitar bulan Juni tren roti keju bawang putih Korea ini menggebrak di Indonesia.

Di Korea Selatan, korean garlic cream cheese biasanya dijual sebagai makanan jalanan. Camilan ini mudah ditemukan di dekat Stasiun Gangnam di Seoul, Korea Selatan. Menurut saluran YouTube Foody Trip yang dikutip oleh Voice. com, Korean Garlic Cheese Bread biasanya dijual dengan harga sekitar 3.900 won atau sekitar Rp 47.000.

2. Tidak seperti roti bawang putih dan keju ala Eropa

Roti keju bawang putih sebenarnya bukan hal baru di dunia kuliner, karena roti dengan campuran keju dan bawang putih ini sudah lama populer di Eropa. Namun, roti keju bawang putih Korea berbeda dalam tekstur dan bentuk dari roti keju bawang putih Eropa.

Roti keju bawang putih Eropa biasanya memiliki tekstur yang sedikit renyah dan pipih. Sedangkan Korean Garlic Cheese Bread berbentuk seperti bakpao atau bulat dan biasanya dibagi menjadi 4 sampai 6 bagian. Tekstur sandwich onion and cream cheese Korea ini juga cenderung lebih padat dan lebih mengenyangkan.

3. Tekstur unik dengan rasa keju olahan

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, tekstur roti keju bawang putih Korea unik karena cenderung padat. Berbeda dengan roti bawang putih dan keju dari Eropa yang dulu lebih dikenal. Selain itu, tekstur luar dari Korean garlic cheese bread ini juga terasa renyah, namun saat gigitan Anda sampai di bagian dalam roti akan terasa lebih lembut.

Saat menyantap Korean garlic cheese bread, Anda juga akan merasakan sensasi lelehan keju yang sangat menggugah selera. Itulah yang membuat rasa dan tekstur sandwich ini begitu kaya.

4. Rasanya gurih dan aromanya menggugah selera

Kalau soal tekstur, kalau tidak bicara soal rasa, belum lengkap. Roti keju bawang putih Korea sangat populer karena rasanya yang gurih. Perpaduan keju, bawang putih dan beberapa bumbu lainnya yang membuat roti ini begitu nikmat. Apalagi jika Anda pecinta rasa gurih dan asin.

Tidak hanya rasanya, aroma Korean Garlic Cheese Bread juga sangat menggugah selera. Aroma bawang putih dan beberapa bumbu lainnya yang membentuk campuran roti ini sangat terasa bahkan sebelum Anda memakannya.

Cara Membuat Korean Cream Cheese Garlic Bread

Cara Membuat Korean Cream Cheese Garlic Bread

Bahan roti

  • 110 ml susu cair
  • 30 gram gula pasir
  • 1 sendok teh ragi
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 telur
  • 20 gram mentega tawar

Bahan II

  • 200 gram cream cheese (saya pakai mozarella)
  • 30 gram gula pasir
  • 50 ml whipped cream cair (bisa diganti dengan 20 ml susu cair)

Bahan III

  • 120 gram mentega tawar
  • 50 gram bawang putih cincang
  • 1 telur
  • 15 gram susu kental manis
  • 10 gram madu
  • 2 sdm peterseli kering

Langkah-langkah

  1. Campur susu, gula, ragi, aduk rata, lalu tambahkan tepung terigu, telur dan terakhir mentega, uleni hingga elastis.
  2. Bulatkan adonan, diamkan selama 1 jam hingga volumenya dua kali lipat.
  3. Kemudian bagi adonan menjadi 4 bagian bulat dan diamkan selama 30 menit.
  4. Panggang roti selama 15-20 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing) pada suhu 180 derajat sampai berwarna cokelat keemasan, biarkan dingin.
  5. Campur bahan 2 dengan baik dan masukkan ke dalam piping bag.
  6. Lelehkan mentega, tunggu suhu ruang, masukkan bawang putih, susu kental manis, telur, madu dan terakhir campur peterseli dengan baik.
  7. Kemudian potong roti menjadi 6 bagian, taburkan krim keju di atas roti.
  8. Kemudian tuangkan campuran mentega cair di atasnya, panggang selama 10 menit dengan suhu 160 derajat.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Korean Cream Cheese Garlic Bread

Nah, karena Cara Membuat Korea Garlic Bread termasuk roti yang “berat”, disarankan kamu untuk memakan korean garlic bread pada pagi atau siang hari.

Intinya, kamu disarankan makan roti bawang putih ini saat kamu masih punya aktivitas. Tujuannya, agar kalorinya bisa terbakar.

Kalau dimakan pada malam hari, kamu akan menimbunnya, karena tidak banyak aktivitas yang dilakukan di waktu tersebut.

Jika makan terlalu banyak, perut akan terasa kembung dan jika dilakukan terus-menerus, ini akan mengakibatkan berat badan kamu bertambah. Jadi, lebih pintar dalam memilih waktu makan, ya!

Tips agar Korean Garlic Bread Lebih Sehat

Kabar baiknya, kamu dapat membuat versi roti bawang putih yang lebih sehat. Bukan menambah bawang putihnya (rasa yang terlalu tajam malah bikin tak enak), tetapi mengganti tepung, mentega, dan krim keju yang dipakai.

Cara membuat korean garlic bread, kamu bisa melihat tutorialnya di YouTube. Sedangkan, untuk pengganti bahannya, kamu dapat mengganti tepung terigu dengan tepung gandum.

Setelah itu, mentega serta krim kejunya bisa kamu pilih yang rendah lemak atau minimal yang bebas lemak trans.

Jika susah ditemukan di pasar swalayan atau di toko online, tidak apa-apa pakai yang mentega dan krim keju biasa. Hanya saja, takarannya yang dikurangi. Tidak mengganti bahan sebenarnya juga tidak apa-apa, asalkan kamu makan rotinya tidak terlalu banyak atau terlalu sering. Dikontrol atau diimbangi saja semuanya.

Sekian artikel cara membuat korean cream cheese garlic bread, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya!