Cara Membuat Kunyit Bubuk Sendiri di Rumah

Cara Membuat Kunyit Bubuk – Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Diantaranya yaitu sebagai bahan dasar pembuatan minuman tradisional, maker wajah, maupun bumbu masak.

Dalam penggunaannya, kunyit dapat berupa rimpang maupun sudah dalam bentuk bubuk. Selain agar bisa lebih awet, penggunaan kunyit bubuk juga cukup praktis. Sebagai bumbu masakan, kunyit bubuk memberikan warna yang lebih cerah dan menarik dibandingkan dengan penggunaan rimpang kunyit.

Cara Membuat Kunyit Bubuk

Meskipun telah banyak di jual dalam bentuk kemasan, namun Anda juga dapat membuat kunyit bubuk sendiri di rumah. Mari kita simak cara membuat kunyit bubuk berikut ini :

1. Persiapan Bahan dan Alat

Langkah pertama pembuatan kunyit bubuk yaitu dengan mempersiapkan bahan. Anda membutuhkan sekitar 1/2 kg kunyit atau sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kunyit bubuk ini. Diantaranya yaitu wadah baskom untuk mencuci kunyit, nampan untuk menjemur irisan kunyit, blender atau alat menumbuk, serata wadah kedap udara.

2. Bersihkan Rimpang Kunyit

Jika bahan dan alat sudah disiapkan, kemudian cuci rimpang kunyit dengan menggunakan air dan sambil digosok. Pastikan rimpang kunyit benar-benar bersih dan terhindar dari kotoran-kotoran berupa tanah maupun akar yang ada pada permukaan kulitnya.

3. Iris Setipis Mungkin | Cara Membuat Kunyit Bubuk

Setelah dibersihkan, kunyit tidak perlu dikupas, karena bisa memakan waktu yang sangat lama. Kemudian rimpang kunyit diiris-iris setipis mungkin. Semakin tipis irisan kunyit, maka akan mempercepat proses pengeringannya.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah itu, irisan kunyit diletakkan di atas nampan. Kemudian dijemur di bawah sinar matahari dan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jemur irisan kunyit hingga benar-benar kering.

Lamanya pengeringan tergantung pada teriknya sinar matahari. Jika sinar matahari cukup terik, kunyit bisa kering dalam waktu kurang lebih 2-3 hari. Namun, jika cuaca mendung, maka kunyit membutuhkan beberapa hari tambahan untuk penjemuran hingga benar-benar kering.

5. Sangrai Kunyit | Cara Membuat Kunyit Bubuk

Jika irisan kunyit sudah kering, kemudian sangrai di atas api yang sangat kecil. Tunggu kunyit hingga mengering dan matang kurang lebih membutuhkan waktu sekitar satu jam atau bahkan lebih.

6. Tumbuk Halus

Setelah disangrai, kunyit selanjunya ditumbuk atau diblender hingga halus. Kemudian bubuk kunyit diayak dengan menggunakan ayakan tepung. Sementara itu, bagian yang masih belum lolos ayakan, diblender kembali hingga benar-benar halus. Kunyit bubuk pun siap digunakan

7. Simpan di Dalam Wadah Tertutup dan Kedap Udara

Jangan lupa, kunyit bubuk perlu disimpan dalam toples atau wadah tertutup dan kedap udara agar tidak mudah rusan dan bisa tahan lama. Anda bisa menggunakan kunyit bubuk kapan saja saat dibutuhkan.

Demikian tadi cara membuat kunyit bubuk yang sangat mudah dan bisa Anda praktekkan di rumah. Selamat Mencoba!

Baca Juga : 9 Manfaat Jamu Tradisional Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Kunyit

Manfaat Jamu Kunyit Asam |  Cara Membuat Kunyit Bubuk

Tahukah Anda? ternyata kunyit memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak informasi berikut ini!

1. Meringankan Peradangan Pada Tenggorokan

Rimpang kunyit mengandung zat kurkumin yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi. Dalam 1 sendok teh kunyit bubuk, mengandung kurang lebih 200 miligram kandungan kurkumin. Berkat kandungan tersebut, kunyit mampu mengatasi masalah-masalah peradangan di dalam tubuh.

2. Meringankan Sakit Maag

Sejak zaman dulu, kunyit dipercaya sebagai minuman herbal alami yang mampu mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Salah satunya yaitu dapat mengatasi sakit maag. Pasalnya, kandungan kurkumin di dalam kunyit mampu mengatasi nyeri yang muncul akibat maag. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk mengendalikan produksi asam lambung.

3. Mengatasi Perut Kembung | Cara Membuat Kunyit Bubuk

Perut kembung biasanya disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Kandungan kurkumin pada kunyit ini juga berperan dalam mengontrol produksi asam lambung sehingga sangat cocok untuk mengatasi masalah perut yang kembung.

4. Mengurangi Gejala IBS

IBS (Irritable Bawel Syndrome) merupakan peradangan pada usus besar yang bisa menyebabkan masalah pada buang air besar dalam jangka waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan dalam kunyit terdapat zat antioksidan dan anti inflamasi akibat tingginya kadar kurkumin dalam kunyit. Oleh karena itu kurkumin dapat membantu menghaluskan dan mengendurkan otot-otot yang bekerja di sekitar pencernaan.

5. Meredakan Rasa Mual | Cara Membuat Kunyit Bubuk

Minuman kunyit sangat ampuh untuk mengatasi masalah seperti pilek ataupun rasa mual. Kunyit mampu mengurangi rasa mual, terlebih lagi jika ditambahkan bubuk lada hitam. Tentu ini akan menjadi ramuan yang sangat efektif untuk meredakan mual.

Baca Juga : Cara Buat Jamu Beras Kencur dan Khasiatnya