Cara Membuat Selai Kacang Tanah Coklat

Cara Membuat Selai Kacang Tanah Coklat – Selai kacang tanah biasanya sering digunakan untuk olesan roti tawar ketika sarapan pagi ataupun saat mengemil. Memang banyak pilihan selai manis baik dari bahan biji-bijian kacang maupun buah-buahan. Selai kacang atau mentega kacang (peanut butter) adalah makanan dibuat dari kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan setelah diberi gula dan garam.

Selai kacang dijual dalam kemasan toples plastik atau gelas dengan berbagai macam variasi rasa. Jenis selai kacang yang halus disebut creamy atau smooth, sedangkan selai kacang yang ditambah kacang tanah yang digiling kasar disebut crunchy. Variasi lain berupa selai kacang dicampur coklat dan honey roasted yang mengandung madu. Di Indonesia, selai kacang juga dikenal sebagai pindakas yang berasal dari bahasa Belanda pindakaas (keju kacang).

Apa Sih Selai Kacang Itu?

Selai kacang merupakan makanan populer di seluruh dunia, sedangkan di Eropa selai kacang bersaingan dengan selai hazelnut merek nutella. Karena selai kacang digunakan sebagai olesan roti, permen rasa kacang, dan perasa pada kue kering rasa kacang.

Selai kacang sangat enak dimakan dengan selai buah yang disebut jelly. Sandwich dengan paduan selai kacang dan jelly disebut di Amerika Serikat sebagai peanut butter and jelly sandwich.Selai kacang bisa juga dibuat dari kacang almond, kacang mede dan hazelnut.

Sejarah Selai Kacang

Selai kacang pertama kali dibuat oleh peradaban Maya dan Aztek di Meksiko dari zaman pra-Columbus sebagai bahan utama saus Mole. Pada tahun 1890, dokter gigi George A. Bayle Jr. mulai menjual kacang yang dihaluskan sebagai suplemen protein bagi orang ompong atau pasien yang sedang sakit gigi.

Pada tahun 1893, Dr. John Harvey Kellogg menciptakan resep selai kacang yang pertama di Sejarah selai kacang. Sanitarium Battle Creek di negara bagian Michigan Amerika Serikat. Dr. Kellog dan adik laki-laki yang bernama W.K. Kellogg mempatenkan resep pembuatan selai kacang pada tahun 1895. Resep selai kacang Dr. Kellog menggunakan kacang tanah yang dikukus dan bukan disangrai.

Selai kacang sudah dikenal di Australia sejak tahun 1899. Dan selai kacang Edward Halsey yang dibuat untuk perusahaan Sanitarium Health Food pada tanggal 29 Mei 1899 mulai dijual pada tanggal 16 Juni 1899. Selai kacang mulai dikenal secara luas berkat promosi yang dilakukan C.H. Sumner dalam pekan raya Saint Louis (Louisiana Purchase Exposition) tahun 1904 bersamaan dengan cone es krim, hot dog dan hamburger.
Produsen selai kacang tertua bernama Krema yang mulai menjual selai kacang sejak tahun 1908 hingga sekarang.

Pada tahun 1922, Joseph L. Rosefield menciptakan selai kacang jenis baru dengan hasil gilingan yang lebih halus, proses hidrogenasi dan penambahan bahan pengemulsi agar minyak tidak keluar dari selai kacang. Selai kacang dengan resep baru ternyata lebih lembut dan bisa disimpan hingga satu tahun. Resep penemuan Joseph L. Rosefield kemudian berhasil dipatenkan.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Coklat Kacang Tanah Yang Lezat

Resep Selai Kacang Tanah Coklat

cara membuat selai kacang tanah coklat

Bahan-Bahan :

  • 500 gram kacang tanah kupas mentah atau kacang tanah kupas sangrai
  • Garam secukupnya
  • 30 ml (2 sdm) minyak kacang tanah (peanut oil) atau jenis minyak sayur lain
  • Gula atau madu sesuai selera

Peralatan:

  • Oven atau wajan dan kompor
  • Food processor
  • Botol selai

Cara Membuat Selai Kacang Tanah Coklat :

  1. Panggang kacang tanah. Jika Anda menggunakan kacang tanah kupas mentah, Anda bisa menyangrai kacang sampai warnanya cokelat keemasan. Atau, panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu selama sekitar 10 menit dengan suhu 170 C. Pastikan kacangnya hanya ditata selapis di loyang agar matangnya merata. Bisa juga memakai kacang sangrai kemasan. Namun, memanggang kacang sendiri membuat minyak alaminya lebih mudah keluar, sehingga selai kacang lebih mudah halus. Rasanya juga jadi lebih enak dibanding menggunakan kacang mentah.
  2. Haluskan kacang tanah. Selagi hangat (namun tidak panas sekali), masukkan kacang ke food processor. Nyalakan mesin selama 1 menit, keruk pinggirannya, lumatkan lagi selama 1 menit. Ulangi langkah ini sampai kehalusan yang Anda inginkan. Tambahkan minyak, garam, dan pemanis lalu lumatkan lagi.
  3. Jika Anda menggunakan minyak selain peanut oil, pastikan baunya netral alias tidak tajam atau khas karena akan memengaruhi aroma selai kacang. Selain itu, kalau ingin tekstur selai kacangnya halus tapi sedikit berbutir, pada pelumatan 1 atau 2 Anda bisa menyisihkan sedikit kacang, melumatkan sisanya sampai halus, lalu memasukkan kacang yang disisihkan tadi pada pelumatan terakhir bersama minyak, garam, dan pemanis.
  4. Sajikan. Pindahkan selai kacang ke botol kedap udara dan simpan di kulkas. Selai kacang tahan hingga 2 bulan. Oleskan ke roti tawar, olah menjadi cookies kacang, atau coba berbagai aneka kreasi dan variasi unik lainnya.

Begitulah kira-kira sejarah dan cara membuat selai kacang tanah coklat buatan sendiri. Jika ingin mencoba membuat selai kacang sendiri, bisa menggunakan cara di atas. Selamat mencoba dan berkreasi!