Cara Menanak Nasi di Kompor

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara menanak nasi di kompor. Ternyata caranya tidaklah sulit dan bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut ini!

Manfaat Nasi Putih Untuk Tubuh

Cara Menanak Nasi di Kompor

http://bisnisusahaonline.com/cara-memasak-nasi-di-rice-cooker/Nasi putih yang dimasak tinggi kalori. Selain tinggi karbohidrat, nasi juga lebih rendah serat dibanding teman-temannya seperti nasi merah atau brown rice.
Namun bukan berarti makanan ini tidak memiliki manfaat. Berikut manfaat nasi putih yang dapat diterima tubuh:

1. Baik untuk penderita penyakit celiac

Tidak mengandung gluten, nasi putih cocok untuk penyakit celiac. Nasi putih merupakan salah satu makanan yang tidak mengandung gluten. Bagi penderita penyakit celiac yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, nasi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak hanya dimakan sebagai nasi, nasi putih juga bisa dibuat menjadi berbagai jenis olahan seperti pasta, bihun, tepung, minuman. Oleh karena itu, penderita penyakit ini tidak bosan makan nasi yang hanya berupa nasi.

2. Sumber energi yang baik untuk tubuh

Sebagai sumber karbohidrat, nasi putih bisa menjadi salah satu sumber energi paling efektif yang bisa Anda konsumsi. Untuk alasan ini, semakin banyak atlet yang memilih nasi putih daripada nasi merah dan nasi merah, karena makanan ini dapat memberikan energi dalam waktu singkat.

3. Membantu menjaga kesehatan tulang, saraf, dan otot

Beras mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kepadatan tulang
Magnesium adalah mineral yang ditemukan dalam beras yang penting untuk menjaga fungsi tulang.
Tidak hanya itu, magnesium juga dibutuhkan oleh tubuh agar fungsi saraf dan otot dapat berfungsi dengan baik.

4. Baik untuk kesehatan usus

Beras mengandung serat khusus yang diubah tubuh menjadi asam lemak saat dikonsumsi.
Oleh karena itu, asam lemak ini dapat menjaga kesehatan usus dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

Alasan Nasi Putih Banyak Dihindari

1. Dianggap tinggi kalori

Kandungan nasi putih bisa dibilang tinggi kalori dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.
Semakin banyak kalori makanan, semakin besar risiko kalori ini akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan penambahan berat badan.

Tapi itu semua tergantung pada jenis persiapan dan hidangan yang menyertainya.
Jika Anda tidak makan nasi tetapi tetap mengonsumsi makanan berkalori tinggi lainnya, upaya penurunan berat badan Anda mungkin akan sia-sia.

2. Memiliki indeks glikemik yang tinggi

Kandungan kalori yang tinggi dari nasi harus dihindari oleh penderita diabetes
Selain kalori, nasi putih juga dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan nasi putih merupakan makanan dengan indeks glikemik yang cukup tinggi.

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat tubuh dapat mengubah karbohidrat menjadi gula, yang diserap ke dalam aliran darah.Semakin tinggi nilai indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat gula darah akan naik.

Makanan dengan nilai indeks glikemik di bawah 55 akan termasuk dalam makanan dengan nilai rendah.
Sedangkan skor 56-69 termasuk dalam kategori sedang dan skor 70-100 termasuk dalam kategori tinggi.
Nasi putih memiliki indeks glikemik 64.

Masih dalam kategori sedang, namun mendekati kategori atas. Oleh karena itu, penderita diabetes atau berisiko tinggi terkena penyakit tersebut tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Cara Memasak

Cara Menanak Nasi di Kompor

Kukus

Cuci beras, lalu tambahkan air secukupnya. Masak nasi dengan api sedang hingga air benar-benar terserap. Mengangkat. Kemudian pindahkan nasi ke dalam steamer atau pengukus. Masak hingga matang. Masukkan ke dalam wajan panas, kukus nasi hingga matang.

Aron

Jika Anda hanya menggunakan panci biasa atau panci liwet, Anda juga bisa memasak nasi tanpa mengukusnya. Masak nasi dengan api sedang hingga airnya meresap, sambil sesekali diaduk agar matang merata. Kemudian kecilkan api dan masak nasi hingga matang, aduk sesekali agar tidak garing. Sebaiknya gunakan wajan dengan bagian bawah yang tebal agar tidak gosong dan renyah.

Fungsi Penting Nasi Putih Bagi Tubuh

Karbohidrat dalam nasi putih berperan penting dalam memberikan energi bagi tubuh. Saat Anda makan nasi putih, karbohidrat di dalamnya dipecah menjadi glukosa, yang kemudian diserap dan dilepaskan ke aliran darah. Glukosa ini diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama untuk otak.

Selain sebagai sumber energi, manfaat nasi putih juga bisa didapat dari manfaat nutrisi lainnya, yaitu:

  • Vitamin B1 (tiamin) untuk mendukung metabolisme karbohidrat.
  • Magnesium sebagai komponen penting dalam membangun struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.
  • Mangan untuk mendukung otak, sistem saraf dan enzim dalam tubuh.

Meski nasi putih kaya akan nutrisi, konsumsi nasi putih secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Salah satu risiko terlalu banyak mengonsumsi nasi putih adalah terjadinya sindrom metabolik, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Beberapa ahli gizi lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah (brown rice) karena mengandung lebih banyak serat, vitamin dan mineral daripada beras putih. Namun, karena nasi merah kurang mengembang dan rasanya hambar, kebanyakan orang masih memilih nasi putih.

Makan nasi putih sebenarnya masih aman asalkan tidak berlebihan. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui porsi nasi putih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. Dokter juga dapat menawarkan alternatif nasi putih yang lebih sehat.

Sekian artikel cara menanak nasi di kompor semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!